window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Geber Mesin Sentuh Batas ‘Red Line’ Selama 100 Jam Demi pengujian Ketahanannya

Dhoni · 31 Des, 2020 14:00

Demi membuktikan ketahanan mesin dari Honda, pengujian selama 100 jam dilakukan. Pengujian bukan hanya sekedar berjalan selama 100 jam, tetapi mesin Honda dengan menyentuh batas kecepatan maksimal putaran mesin sesuai kemampuan mesin atau lebih dikenal dengan ‘Red Line’.

Honda Geber Mesin Sentuh Batas ‘Red Line’ Selama 100 Jam Demi pengujian Ketahanannya 01

Demi membuktikan ketahanan mesin dari Honda, pengujian selama 100 jam dilakukan.

Pengujian ini dilakukan di China untuk memperingati 22 tahun berdirinya Guangqi Honda di Guangzhou. Pengujian tersebut terlihat pada sebuah kanal youtube  yang membahas tentang pengujian mesin Honda untuk memastikan ketahanannya selama 100 jam.

Memang, pada prinsipnya akan kemampuan mesin selalu ada batasnya, jika memaksakan tentu akan membuat mesin mengalami kendala. Namun terkadang ada saatnya kita menguji batas kemampuan dari mesin demi mengetahui tenaga maksimal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi dapat dikatakan, pengujian yang dilakukan pada mesin Honda sangat wajar untuk dilakukan. Jika mesin dapat bertahan dalam kondisi ekstrim, paling tidak akan membuat mobil mampu bertahan ketika digunakan untuk berkendara sehari-hari.

Honda Geber Mesin Sentuh Batas ‘Red Line’ Selama 100 Jam Demi pengujian Ketahanannya 01

Honda uji ketahan mesin selama 100 jam

Lalu alasan apa sebenarnya yang digunakan untuk memaksa hingga menguji kemampuan mesin mobil.

Dapat dipastikan, seluruh jenis mesin yang ada di dunia memiliki batas maksimal pada putaran mesin atau Red Line. Batasan ini tergantung dengan kondisi mesin yang tentunya juga menyesuaikan kondisi pada bagian dalam mesin (piston, camshaft hingga per dan lainnya).

Jika dalam kondisi mesin yang tidak dalam keadaan baik, maka menguji kemampuan mesin hingga menyentuh batas kemampuan mesin dapat membuat mesin langsung bermasalah atau rusak.

Honda Geber Mesin Sentuh Batas ‘Red Line’ Selama 100 Jam Demi pengujian Ketahanannya 02

Mesin Honda

Apakah boleh menguji hingga menyentuh Red Line?

Tentu saja anda dapat menguji batas kemampuannya hingga menyentuh Red Line, namun pastikan kondisi mesin dalam keadaan prima. Dan memaksimalkan putaran mesin merupakan salah satu cara untuk membersihkan kerak pada dalam mesin mobil. Maksudnya, dalam keadaan mesin yang bekerja tetapi tidak pernah menyentuh Red Line, maka kemungkinan akan terjadi penumpukan di dalam mesin.

Namun jika kondisi mesin tidak dalam performa, maka setelah menguji harus memastikan kembali komponen mesin, apakah mengalami keausan hingga kinerja mesin yang disebabkan panasnya oli mesin serta kemampuan pendingin (radiator0 pada mesin mobil.

Honda Geber Mesin Sentuh Batas ‘Red Line’ Selama 100 Jam Demi pengujian Ketahanannya 03

Setiap mesin mobil memiliki batas kemampuan yang berbeda

Dengan berkendara yang menyentuh batas Red Line selama 100 jam seperti yang dilakukan Honda. Berarti sama dengan 360 ribu detik atau setara 18.000 hari yang berarti mobil Honda telah dikendarai selama 50 tahun secara non stop!

Tetapi penggunan mobil sangat jarang dilakukn selama 50 tahun. Honda melakukan hanya untuk menguji batas kemampuan mesin. Namun hal ini menjadi bukti kemampuan mesin Honda dan tidak heran mobil seperti Honda Jazz sangat nyaman dikemudikan tanpa takut mesin bermasalah (selama rutin menjalani service).

Jadi Apakah anda akan menguji batas kemampuan mesin mobil?

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil