Honda Mobilio Baru Minim Biaya Perawatan dan Irit Bahan Bakar

Samuel Tito · 16 Okt 2020 02:00

Honda Mobilio baru tampil stylish dengan karakter kenyamanan maksimal. Sejak awal, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek Honda di Indonesia mengusung desain sporty dengan performa tertinggi di kelas low multi purpose vehicle (LMPV).

Honda Mobilio baru difasilitasi dengan fitur tambahan dengan biaya pengoperasian minimal dan penghematan bahan bakar. Tahun lalu, Honda Mobilio baru diluncurkan dengan fitur yang ditingkatkan dan desain modern tanpa ada kenaikan harga dari model sebelumnya.

Dengan performa dan desain yang menarik, mobil “Fun to Drive” ini sangat cocok untuk pasangan Anda yang memiliki banyak aktivitas dan mobilitas tinggi. Nah, simak panduan menarik seputar New Honda Mobilio ini.

Perangkat Keamanan Honda Mobilio Baru

Bahkan untuk tipe terendah, Mobilio S bertransmisi manual dilindungi oleh dual SRS airbag depan dan rem berteknologi ABS + EBD. Ini mengusung struktur rangka G-CON + ACE, fitur side impact beam dan sabuk pengaman pretensioner dan jok ISOFIX & Tether. Untuk tipe tertinggi (RS), Honda membekali Mobilio dengan kamera parkir dan Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA).

Honda Mobilio sekarang menyediakan tujuh sandaran kepala yang dapat disesuaikan. Pada model sebelumnya terintegrasi dengan bagian jok. Kursi yang digunakan kini lebih tebal. Penumpang belakang juga tidak terasa kepanasan, karena terdapat AC Double blower.

Profil Honda Mobilio Baru

Bedanya, tipe RS tersedia dalam pilihan warna two-tone orange dengan atap berwarna hitam. Tipe ini juga dibekali dengan audio 6,8 inci yang lebih canggih plus 6 speaker yang lebih premium dari varian lainnya. Honda Mobilio RS dilengkapi dengan AC digital otomatis penuh. Interior Honda Mobilio RS gelap sedangkan tipe lainnya terang.

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Mobilio 2020 
Suspensi Depan & Belakang MacPherson Strut & H-Shape Torsion Beam
Sistem Kemudi Rack And Pinion with Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc & Drum
Teknologi Sistem Pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-Force Distribution (EBD)
Teknologi Safety Sasis G-CON + ACE with Side Impact Beam
Struktur Sasis Monokok, A-Segment
Pelek  Alloy Wheel 15 inchi

Mesin Honda Mobilio Baru

Jantung mekanis yang tertanam, menghasilkan tenaga tertinggi di kelasnya. Mereka masih mengandalkan mesin i-VTEC 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 145 Nm pada 4.600 rpm.

Tenaga Honda Mobilio itu disalurkan ke roda depan. Dengan transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain diklaim lebih lancar penyalurannya, efisiensi bahan bakar juga bisa dibilang lebih baik. Pilihan lainnya, transmisi manual lima percepatan.

Istimewanya Honda Mobilio Baru Varian RS

Membahas tipe tertinggi dari Honda Mobilio baru ini yaitu RS. Seperti diketahui, logo 'RS' bukanlah kependekan dari Raja Sirkuit, Raja Sentul, Racing Sport atau semacamnya. RS sebenarnya adalah singkatan dari Road Sailing.

Honda berharap mobil berlabel RS ini nyaman dikendarai dalam perjalanan jauh, dan juga bersenang-senang dengan fast cruising. Apakah itu layak dimiliki? Atau apakah CVT tipe E cukup?

Secara umum tampilan depannya masih mirip dengan pendahulunya sebelum facelift. Namun jika dicermati, ada beberapa detail ubahan yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor untuk menambah nilai rumah sakit jenis ini.

Diantaranya adalah mobil ini mengadopsi model grille baru dan juga proyektor headlamp. Tapi sangat disayangkan lampu depan Honda Mobilio baru belum mengadopsi bohlam Light-Emitting Diode seperti rivalnya yang lain.

Untuk mobil di kelas LMPV, mungkin ada fitur dual airbag, rem dengan bantuan ABS dan EBD, serta sandaran kepala dengan pretensioner sabuk pengaman yang umum. Semua fitur yang kami sebutkan sebelumnya jelas tersedia pada Honda Mobilio tipe RS CVT ini.

Namun, salah satu yang paling istimewa di kelasnya adalah fitur kontrol stabilitas atau di Honda disebut Vehicle Stability Assist (VSA). Fitur ini akan menyelamatkan hidup Anda dalam kondisi yang tidak diinginkan seperti ketika salah satu roda bermanuver ekstrim atau bahkan semua roda kehilangan cengkeramannya dan mobil lepas kendali.

Fitur VSA ini akan mengintervensi tenaga mesin, mengambil alih rem agar mobil tetap terkendali. Jadi, jangan matikan VSA, itu akan menyelamatkan hidup Anda.

Honda Mobilio RS CVT baru merupakan mobil berperforma terbaik di kelasnya. Ia mampu berakselerasi dengan cepat karena menggunakan mesin L15 i-VTEC. i-VTEC adalah teknologi kontrol katup variabel yang dikontrol secara elektronik sesuai dengan beban mesin dan beberapa parameter lainnya.

Honda Mobilio Baru juga Irit

Tak heran, mobil ini mampu berakselerasi di bawah 12 detik (data dari model sebelum facelift) dan mampu mengolah bahan bakar 17,7 kilometer per liter seefisien hasil pengujian yang digelar bersama. Pada saat melakukan uji berkendara secara normal sesuai dengan kebiasaan berkendara sehari-hari.

Bahkan dengan adanya penumpang di baris kedua yang menambah beban pada mobil tersebut. Jika Anda suka menyetir sendiri, Honda Mobilio baru tidak akan mengecewakan Anda.

Kesimpulan Tentang Honda Mobilio Baru

Ini merupakan pilihan MPV kompak di kisaran harga Rp203-259 jutaan. Bicara soal desain, jelas Honda Mobilio baru paling eye-catching. Selain yang terbaru, lekuk tubuhnya juga agak menggoda. Meski track record Brio di depan memang tidak disukai semua orang.

Satu lagi yang bakal bikin heboh pemiliknya adalah performa mesin. Mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc yang dikenal bertenaga, disertai perfroma konsumsi bahan bakar yang cukup irit, Honda Mobilio baru siap menantang para rivalnya. Meski di dalam kabin tidak banyak kejutan yang ditawarkan.

Memanfaatkan dua hal itu saja membuat Anda terpana. Mau tidak mau, dengan kisaran harga di bawah Rp260 jutaan, sulit bagi Anda untuk menemukan mobil yang sangat bagus. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun setidaknya, dengan parameter panduan membeli dari Autofun, Anda bisa mendapatkan model yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Komentar

Mobil Terbaru