window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Mobilio Jadi Tumbal untuk Sukseskan Brio, Padahal Peminatnya Masih Ada

Herdi · 10 Mei, 2023 16:01

Honda Mobilio Jadi Tumbal untuk Sukseskan Brio, Padahal Peminatnya Masih Ada 01

Mobil disegmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) kerap mendapat porsi lebih istimewa oleh sejumlah agen pemegang merek di Indonesia. Namun hal tersebut ternyata tidak dengan PT Honda Prospect Motor (HPM), yang ternyata cuek terhadap mobil Low MPV seperti Honda Mobilio.

Ya, pamor Honda Mobilio memang terlihat redup. Bahkan disaat beberapa pabrikan melakukan perubahan dan penyegaran, Mobilio adem ayem tanpa pergerakan. Terakhir, Mobilio melakukan penyegaran pada tahun 2017 dan selang dua tahun kemudian, mobil tersebut mengalami revisi pada bagian lampu-lampu. Setelah itu, Mobilio nyaris tak memperlihatkan tajinya. 

Baca juga: Honda Brio Facelift 2023 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Sporty Harganya Naik Mulai Rp1,5 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Honda Mobilio S

Tampilan Honda Mobilio S

Tentu saja ini menjadi tanda tanya, kapan Honda Mobilio mendapatkan perubahan dan bagaimana nasib mobil tersebut saat ini?

Menanggapi hal tersebut, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy menyatakan, bahwa Mobilio masih dijual dan jumlah produksinya antara 200-250 unit per bulan. 

"Permintaannya banyak dari luar pulau Jawa, Sulawesi. Jalanan bagus naik manual bagus," ungkap Billy saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta. Billy juga mengatakan, Mobilio saat ini banyak dibeli dari fleet sales atau borongan yang lebih memilih transmisi manual. 

Baca juga: Begini Perbedaan Honda Brio 2023 Dibanding Model Sebelumnya, Bukan Cuma Ganti Grill!

Honda Mobilio Jadi Tumbal Buat Brio

Honda Mobilio kini tak lagi mendapatkan penyegaran atau perubahan sejak tahun 2019

Honda Mobilio tak lagi mendapatkan penyegaran sejak tahun 2019

Sosok Mobilio terbaru memang sudah jarang terlihat di jalanan. Selain tak lagi mendapatkan perubahan alias hadirnya model baru, Mobilio ini juga menjadi tumbal untuk meningkatkan penjualan model mobil Honda lainnya.

"Pertama kita ngalahin Mobilio untuk Brio, karena komponen sama. Sekarang sudah cenderung stabil, tapi fleet sales banyak memerlukan tipe S Manual," ucap Billy.

Baca juga: Review Honda Mobilio 2019

Honda Brio

Honda Brio RS dan Satya facelift 2023

Kata Billy, asalan Honda Brio lebih banyak diproduksi ketimbang Mobilio tak lain karena ada beberapa faktor yang membuat mobil tersebut kini banyak diminati, khususnya bagi mereka yang pertama kali ingin memiliki mobil. Tak hanya mengangkat derajat Brio, Honda rupanya ingin konsumen yang membeli mobil dengan kapasitas tujuh penumpang bukan mencari Mobilio, melainkan BR-V. 

"Demand BR-V atasnya dari Mobilio. Kalau fleet butuhnya mana yang harganya bagus, desainnya juga oke fiturnya tidak tanggung-tanggung banget. Untuk seven seater, fokus pada BRV karena Low SUV," ujarnya.

Honda BR-V

Jika ingin membeli mobil tujuh penumpang, pihak Honda menyarankan untuk Honda BR-V

Lebih lanjut Billy mengungkapkan, alasan HPM lebih memilih Honda BRV karena berdasarkan studi yang dilakukan ke konsumen terhadap mobil tujuh penumpang, rata-rata mereka milih ground clearance tinggi, karena melihat kondisi karakteristik dan infrastruktur jalanan di Indonesia. 

"Jalan bergelombang, masuk gang-gang kecil, kita develop BR-V.  Jadi untuk seven seater kami fokus pada BR-V. Sedangkan Mobilio hanya untuk yang fleet sales," tutup Billy.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil