window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Odyssey 2022 Siap Comeback, Dimensi Lebih Besar Pakai Mesin Lebih Irit BBM

Evan · 26 Agu, 2021 09:02

Honda Odyssey 2022

Salah satu MPV mewah selain duo Toyota Alphard dan Vellfire adalah Honda Odyssey. Walaupun populasinya di Indonesia tidak sebanyak Alphard, namun Odyssey tetap banyak dicintai terutama bagi penggemar setia Honda.

Namun sempat ada pemberitaan negatif mengenai Odyssey yang rencananya akan ditutup produksinya setelah Maret 2022. Ini merupakan efek dari misi Honda untuk menjual mobil EV saja di mulai 2040, sehingga beberapa model dengan mesin bakar internal perlu dipangkas.

Kabar baiknya, varian flagship dari MPV Honda ini ternyata tak jadi dimatikan. Model baru Honda Odyssey 2022 pun secara mengejutkan sudah dipersiapkan oleh pabrikan Jepang itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca:Review: Honda City 2021, Sedan Keluarga nan Lincah

Tidak Jadi Discontinue atau Pakai Nama Baru?

Honda Odyssey 2022 Siap Comeback, Dimensi Lebih Besar Pakai Mesin Lebih Irit BBM 01

Honda Odyssey generasi ketiga

Bocoran terbaru memperlihatkan Honda sepertinya bimbang dengan keputusan untuk menghentikan produksi Odyssey. Mengingat banyak dealer yang tidak setuju karena penjualan Odyssey di Jepang masih cukup baik dengan rata-rata penjualan 1.700 unit per bulan.

Maka dari itu Honda kemungkinan besar akan meluncurkan pengganti Odyssey tahun depan. Belum jelas apakah masih akan menggunakan nama Odyssey atau nama baru, namun mengingat banyaknya konsumen yang percaya dan hafal dengan brand Odyssey, Honda perlu riset pasar lagi jika memang akan mengganti nama MPV mewahnya tersebut. 

Tampangnya Akan Lebih Mewah

Honda Odyssey

Nama Odyssey sudah begitu kuat

Render dari Bestcarweb menunjukkan perubahan desain ekstrem pada bagian eksterior Honda Odyssey 2022. Bagian fascia depan tetap dengan desain Solid Wing Face dengan gril yang cukup besar. Namun lampu depan terlihat lebih pipih yang memberikan kesan mewah.

Bagian samping diperlihatkan lebih persegi, meninggalkan desain Odyssey generasi sekarang yang melengkung. Di bagian belakang, generasi terbaru Odyssey diyakinia bakal menggunakan pintu mirip kepunyaan Honda Stepwgn.Termasuk unik karena penumpang bisa masuk lewat pintu belakang namun juga bisa berfungsi sebagai bagasi.

Lebih Tinggi, Kabin Terasa Luas

Honda Odyssey 2022 Siap Comeback, Dimensi Lebih Besar Pakai Mesin Lebih Irit BBM 03

Kabin Odyssey akan dibuat lebih lapang

Penerus Odyssey secara keseluruhan akan lebih tinggi, yang sebetulnya menjadi kelemahan di generasi sebelumnya. Perbedaan terlihat ketika disejajarkan dengan Alphard, tinggi atap Odyssey lebih pendek 75 mm.

Memang ruang kepala saat duduk bukan menjadi masalah, namun dengan adanya tambahan headroom tentu akan diapreasiasi konsumen karena membuat kabin lebih lapang. Lagipula MPV mewah memang lekat dengan kesannya yang tinggi dan berbentuk kotak.

Baca Juga:Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama?

Mesin Baru Pakai Teknologi Hybrid 

Honda Odyssey 2022 Siap Comeback, Dimensi Lebih Besar Pakai Mesin Lebih Irit BBM 04

Mesin baru yang digunakan juga oleh Honda Accord

Mesin Honda Odyssey 2022 ini digosipkan bakal berkapasitas 2.0-liter 4 silinder Atkinson Cycle dengan tambahan motor listrik. Mesin baru itu sanggup menghasilkan tenaga gabungan 212 hp dan torsi 314 Nm ke roda depan.

Sebenarnya ini bukan mesin yang baru banget buat Honda. Karena mesin sejenis juga sudha dipakai pada CR-V Hybrid dan Accord Hybrid yang dijual di pasar Amerika. Hal yang cukup menarik dari mesin adalah tidak adanya transmisi hadir untuk membantu mesin. Hanya menggunakan motor listrik untuk maju ataupun mundur.

Honda mengklaim mesin ini lebih irit dan bertenaga. Cocok dimasukkan ke generasi selanjutnya karena Odyssey sendiri termasuk mobil bongsor, akselerasi lambat, dan boros bahan bakar. 

Bagaimana dengan Honda Odyssey di Indonesia?

Berbeda dengan Jepang, Penjualan Odyssey di Indonesia termasuk layu. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), wholesales Januari hingga Juli tercatat hanya 77 unit. Tertinggal jauh dari Toyota Alphard yang mencapai 1.149 unit.

Karena Odyssey yang sekarang telah berumur enam tahun sejak diluncurkan, tentunya Honda butuh penyegaran untuk mendongkrak penjualannya.

Baca Juga:Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil