window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan

Adit · 17 Des, 2021 17:01

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 01

Honda Odyssey dihentikan produksinya di Jepang
  • Honda Odyssey stop produksi di Jepang tahun depan
  • Honda Indonesia tidak lagi menjual Odyssey

Imbas penyetopan produksi Honda Odyssey di Jepang, membuat MPV mewah tersebut tidak akan dijual lagi di Indonesia. Prinsipal memutuskan tidak lagi melanjutkan produksinya di pabrik Honda di Sayama, Prefektur Saitama yang dijadwalkan ditutup pada Maret 2022. 

Keputusan Honda Motor Company sudah bulat, pabrikan tidak akan memindahkan produksi mobil tersebut ke tempat lain. Sampai sekarang juga belum ada kisi-kisi lanjutan mengenai suksesor rival Toyota Alphard hingga Hyundai Staria tersebut. 

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 02

Honda Odyssey tidak akan dijual lagi tahun depan di Indonesia

Baca Juga: Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey?

"Mulai 2022 (penjualan Honda Odyssey dihentikan)," terang Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Billy menambahkan, jaringan penjualan Honda sampai penutupan tahun ini fokus pada penghabisan stok yang tersisa. Suplainya ke diler juga telah dihentikan, terakhir pada Desember 2021. "Sisa sekitar 62 unit, masih ada sisa lagi yang akan di-wholesales-kan bulan ini," lanjutnya. 

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 01

Honda Odyssey generasi kelima model facelift terakhir

Mengacu data impor Gaikindo, HPM mendatangkan langsung Honda Odyssey dari Jepang. Namun tidak rutin setiap bulan ada suplai unit. Seperti di Januari, Februari, April, dan Oktober catatan importasinya nol. Impor mobil tersebut dilakukan pada November 2021 sebanyak 32 unit. 

Namun wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler terus dilakukan sepanjang tahun ini. Kecuali pada April 2021, dan puncaknya dilakukan paling banyak pada bulan ke-11 sebanyak 30 unit, sebelum itu wholesales-nya paling banyak 24 unit. 

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 02

Penyegaran Honda Odyssey di Indonesia pada awal 2021

Bagi konsumen yang sudah terlanjur membeli Honda Odyssey, Billy memastikan tidak perlu khawatir terkait ketersediaan suku cadang maupun dukungan layanan purnajualnya. "Kami jamin suku cadang 15 tahun ke depan," lengkapnya. 

Saat ini mobil pintu geser tersebut masih tertera di situs resmi Honda Indonesia. HPM menjualnya dengan harga Rp899 juta on the road Jakarta dalam satu varian. Jantung pacunya menggunakan mesin 2.400 cc bertenaga 173 PS di 6.200 rpm dan torsi 225 Nm pada 4.000 rpm. 

Baca Juga: Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria?

Sejarah Singkat Honda Odyssey

Honda Odyssey pertama kali muncul ke publik pada 1994. Sejak saat itu, mobil tersebut memiliki lima generasi dan tetap mempertahankan bentuknya menggunakan moncong yang melandai dan hadir dalam format 5-pintu. Namun generasi pertamanya belum pakai pintu geser. 

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 03

Honda Odyssey generasi pertama

Generasi keduanya lahir pada 1999. Keseluruhan bentuknya masih serupa seperti sebelumnya. Namun tampilannya dibuat lebih modern, serta menggunakan grille palang horizontal dan sudah disematkan lampu kabut pada bumper-nya.

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 04

Honda Odyssey generasi kedua

Masuk ke penerus Honda Odyssey yang ketiga, diluncurkan pada 2003. Secara umum bentuknya masih sama, memiliki ground clearance rendah. Tapi penampilannya makin dinamis dan radikal. Lampu utamanya jadi lebih pipih menyipit dan bentuknya juga lebih melonjong. 

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 05

Honda Odyssey generasi ketiga

Lanjut generasi keempat dirilis pada 2008. Bentuknya penyempurnaan dari sebelumnya. Fascia mobil tampak lebih modern lewat desain grille yang lebih besar ditambahkan ornamen krom pada bumper.

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 06

Honda Odyssey generasi keempat

Lalu generasi kelima Honda Odyssey dilahirkan pada 2013. Saat itu format pintunya berubah khusus bagian tengah, dari sebelumnya memiliki engsel menjadi pintu geser. Dimensinya juga lebih besar sehingga memungkinkan disematkan kursi ottoman untuk kenyamanan penumpangnya. 

Honda Odyssey Setop Produksi, Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Depan 07

Honda Odyssey generasi kelima

Pada generasi terakhirnya ini MPV tersebut juga punya tampilan yang lebih mewah. Perpaduan lekuk bodi maupun tarikan garisnya membuatnya sedap dipandang. Apalagi mengusung grille Solid Wing Face khas Honda. Di Indonesia, generasi ini dikenalkan pada 2018 lalu. 

Kemudian versi facelift-nya juga ikut dijual di Indonesia pada awal 2021 ini. Menjadikannya salah satu model Honda yang memiliki fitur keselamatan Honda Sensing. Sayangnya model ini menjadi salam perpisahan Honda Odyssey di Indonesia maupun dunia termasuk model Honda Clarity dan Legend... sayounara Odyssey!

Baca Juga: Siap Menggoda Konsumen MPV Premium, KIA Carnival 2021 Tantang Honda Odyssey 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil