Honda Rilis HR-V Listrik Versi Ekstrim, Fitur Lebih Canggih Harganya Juga Menggoda
Prasetyo · 21 Jun, 2022 14:09
0
0
Honda HR-V listrik versi ekstrim ini baru saja resmi meluncur di Cina.
Pakai nama Honda e:NP1 Extreme 1 yang dipasarkan oleh GAC Honda.
Harganya lebih murah dari Honda HR-V RS Turbo di Indonesia.
Honda e:NP1 Extreme 1 yang tak lain merupakan Honda HR-V versi listrik resmi diluncurkan di Cina. SUV tanpa bahan bakar minyak (BBM) itu hadir dalam empat varian tipe. Harganya mulai dari 175.000 yuan atau kira-kira setara Rp388 jutaan.
Honda e:NP1 Extreme 1 merupakan mobil listrik murni yang dipasarkan GAC Honda. Pembeli disodorkan dua versi kemampuan baterai. Satu yang memiliki jarak tempuh 420 kilometer (km), yang lainnya punya kemampuan jelajah hingga 510 km sekali isi daya listrik.
Berikut daftar varian dan harga Honda e:NP1 Extreme 1 di Cina:
Dari segi tampilan, mobil baru Honda ini mengadopsi bahasa desain e:N. Tak dapat dipungkrii kalau siluet bodinya masih bercitarasa Honda HR-V 2022. Meski demikian banyak terdapat elemen berbeda dibanding versi mesin bensin maupun hybridnya itu.
Misalnya pada bagian grill depan, di e:NP1 dibuat tertutup poligonal tak ada bilah-bilah horizontal maupun grill sarang lebah. Kemudian di atas grill tersebut juga diberi aksen hitam bukan lagi chrome atau silver.
Lanjut ke bagian bawah, lekuk bempernya terlihat masih serupa dengan All New HR-V. Hanya saja pada kedua sisinya sekarang ditambah lubang udara. Bentuk berbeda juga terlihat di bagian air intake, yaitu pada e:NP1 pakai model garis-garis horizontal.
Tubuhnya Lebih Panjang dari All New Honda HR-V
Di bagian samping, e:NP1 Extreme 1 tetap memiliki garis bodi yang sama dengan HR-V. Mulai dari lengkung pilar A hingga C, sampai bentuk spion, gagang pintu, dan fender roda. Hanya saja di bagian atap pakai warna hitam, sementara body cladding di fender dibuat sewarna bodi.
Kalau dilihat dari ukuran tubuh, ternyata Honda e:NP1 di Cina ini sedikit lebih panjang dari All New HR-V. Meski begitu lebar dan jarak sumbu rodanya serupa.
Kalau dari luar terlihat ada kemiripan, maka jika melihat interior Honda e:NP1 Extreme 1 beda jauh dengan HR-V 2022. Lihat saja bagaimana desain dasboard yang tak sama antara kedua mobil.
Di sisi pengemudi terdapat LCD 10,25 inci full digital sebagai meter cluster. Sementara di bagian tengah dashboard ada layar berukuran 15,2 inci yang diposisikan vertikal.
Layar yang sangat eye catching ini terbagi atas tiga area display. Bagian atas untuk berbagai menu di headunit tersebut, bagian tengah untuk menu sistem hiburan, dan area bawah untuk kontrol AC.
Perangkat ini juga sudah dilengkapi sistem Honda Connect 3.0 yang menyediakan lebih dari 20 fitur dengan kemampuan voice assistant serta ketersediaan layanan OTA upgrade.
Tenaganya Lebih Besar dari Honda HR-V RS Turbo
Karena berjenis mobil listrik, maka e:NP1 dilengkapi oleh baterai dan motor listrik. Varian pertama menggunakan baterai yang mampu melaju sejauh 420 km dalam sekali isi daya. Baterai dan motor listriknya sanggup menghasilkan tenaga 134 kW atau setara 182 PS.
Sementara varian kedua punya baterai yang tahan hingga melaju sejauh 510 km. Kekuatan baterai dan motor listirknya bisa memproduksi daya puncak 150 kW (204 PS) dengan torsi maksimum 310 Nm. Catatan ini tentu lebih kuat dibanding mesin bensin Honda HR-V RS Turbo 2022 yang cuma sanggup menghasilkan tenaga 177 PS dengan torsi 240 Nm.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.