window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Siapkan Mobil Canggih, Bisa Mendekat Otomatis Ketika Dipanggil

Herdi · 16 Nov, 2022 17:08

Honda Siapkan Mobil Canggih, Bisa Mendekat Otomatis Ketika Dipanggil 01

  • Honda hadirkan Honda CI Micro-Mobility
  • Dilengkapi teknologi CI dan AI
  • Wujudnya ada Honda CiKoMa dan WaPochi

Honda CI Micro-Mobility menjadi mobil masa depan terbaru yang diperkenalkan Honda. Bentuknya memang terlihat sedikit aneh, namun banyak menyimpan teknologi terkini.

Melansir situs Honda, CI Micro-Mobility memanfaatkan teknologi Cooperative Intelligence (CI) dan Artificial Intelligence (AI). Kendaraan disebutkan akan saling berdampingan antara manusia dan mesin.

Yang unik dari teknologi ini, Honda ternyata juga mengimplementasikan CI Micro dalam wujud sebuah kendaraan berdimensi ringkas. Ada yang dinamakan CiKoMa dan juga WaPochi yang bentuknya tidak lebih besar dari sebuah koper.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Walau Lebih Mahal, Honda HR-V 2022 Ternyata Lebih Laris daripada BR-V

Honda CiKoMa dan WaPochi

Selain berwujud mobil, ada juga versi kendaraan satu penumpang dan WaPochi

Honda CI Micro-Mobility saat ini tengah melakukan uji jalan. Lokasinya di Kota Joso, Ibaraki, Jepang, tepatnya di perkemahan Mitsukaido Asunaro no Sato pada November 2022. Kemudian pengujian berikutnya berlangsung di Agri-Science Valley yang akan dilaksanakan musim semi 2023 mendatang.

Menurut Honda, tujuan adanya kendaraan CI Micro ini demi mewujudkan mimpi manusia agar dapat menikmati perjalanan dengan bebas saat melakukan mobilitas. Terlebih lagi dengan dimensi yang sangat ringkas, mobilitas dengan kendaraan ini bisa dilakukan kapan pun dan dimana saja. 

Honda CI Micro-Mobility Bisa Melaju Tanpa Sopir

Honda CI Micro-Mobility dilengkapi teknologi inti nan canggih. Pabrikan menyebutnya sebagai map-less cooperative driving technology dan user intention understanding and communication technology.

Untuk map-less cooperative driving technology atau teknologi mengemudi tanpa peta, mobil akan mengemudi sendiri serta mengenali sekelilingnya tanpa bergantung pada peta digital.

Sedangkan user intention understanding and communication technology, memungkinkan mobil micro itu untuk melakukan komunikasi seperti manusia dengan melalui dialog dan gestur atau gerak tubuh.

Baca juga: Bakal Ada Yang Lebih Kencang dari Versi Indonesia, Inilah Daftar Mesin Honda Civic 2023

Honda CiKoMa

Honda Cikoma versi satu penumpang

Honda Cikoma versi satu penumpang

Seperti disebutkan di atas, CiKoMa memiliki bentuk seperti mobil yang memang dirancang untuk bisa mengangkut satu atau beberapa penumpang. 

"Pengguna dapat memanggil CiKoMa menggunakan kata-kata, kemudian mengemudi sendiri, dan mendekati CiKoMa dengan menentukan lokasi penjemputan yang diinginkan dengan kata-kata dan gerak tubuh," tulis Honda.

Selama berkendara, pengguna dapat menunjukan arah jalur kepada CiKoMa dengan mengoperasikan tidak menggunakan stir, melainkan joystick. Hal ini memungkinkan pengemudi bisa juga memilih jalur sesuka hati.

CiKoMa juga dikembangkan sebagai kendaraan yang dapat dinaiki sendiri atau beberapa penumpang sekaligus untuk membewa pergi kemana pun mereka mau.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Ferio, Motuba Kesukaan Anak Muda

Honda WaPochi

Honda Wapochi

Honda WaPochi bisa digunakan dimana saja kapan saja

Untuk WaPochi sendiri, jika dilihat dari bentuknya bukan seperti mobil atau motor. Melainkan mirip robot yang dilengkapi banyak kamera. 

WaPochi juga bisa mengingat dan mengenali karakteristis khas pemiliknya dan akan terus mengikuti meski itu ada di sebuah kerumunan orang banyak.

Teknologi yang diterapkan WaPochi memang sangat detail. Disebutkan Honda, mereka bisa mengidentifikasi pengguna dengan kamera melalui autentikasi telapak tangan. Kemudian bisa juga mengenali dan mengingat karakteristik lainnya mulai dari pakaian, rambu, tinggi badan dan fisik.

"WaPochi mengikuti pengguna dari belakang secara diagonal seperti hewan peliharaan, bahkan bisa membawa tas atau barang kecil lain milik si pengguna," tulis Honda.

Sayangnya walau sudah dilakukan uji coba, pabrikan berlogo H tegak itu belum mengumumkan kapan Honda CI Micro-Mobility ini akan dijual massal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia