Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena

Prasetyo · 7 Jan, 2022 17:37

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 01

Honda Step WGN 2022 resmi diperkenalkan
  • Honda Step WGN 2022 alami perubahan di eksterior dan interior
  • Fitur-fiturnya mirip Honda Civic terbaru
  • Masih pakai mesin 1.5L Turbo dan mesin hybrid e:HEV

Sesuai yang telah dijadwalkan, Honda Step WGN 2022 akhirnya resmi diperkenalkan di Jepang, Jumat (7/1/2022). Ini adalah MPV premium Honda yang punya desain boxy. Tujuannya untuk menyaingi Toyota Voxy dan Nissan Serena.

Pada versi full model change ini, Honda menampilkan Step WGN (dibaca: Stepwagon) dengan bentuk yang benar-benar berubah dari model sebelumnya. Sosok bodinya semakin mengkotak, nyaris tanpa lekukan yang agresif.

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 02

Honda Step WGN AIR (kiri) dan SPADA (kanan)

Ada dua varian dari Honda Step WGN 2022, yakni SPADA, dan AIR. Walau sudah resmi diperkenalkan, namun Honda baru akan menjualnya di Mei 2022 bertepatan dengan ajang Tokyo Auto Salon tahun ini yang digelar di Jepang.

Apa saja yang berubah dari Honda Stepwagon terbaru ini? Mari kita ulas lebih detil.

Baca juga : Odyssey Pensiun, Mungkinkah Honda Step WGN 2022 Masuk Indonesia Buat Melawan Toyota Voxy?

Eksterior All New Honda Step WGN Lebih Simpel

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 01

Gril Step WGN tipe SPADA

Seperti yang sudah disinggung tadi, kalau secara estetika tampilan Honda Step WGN 2022 alami perubahan total. Bentuknya lebih mengkotak disegala sisi, namun secara umum terlihat lebih simpel kalau kita membandingkan dengan penampilan mobil Honda terbaru lainnya yang terlihat agresif.

Lihat saja bagaimana bempernya hampir tak ada lekukan kecuali pada bagian air dam dan foglamp housing. Untuk Stepwagon SPADA desain gril depan memang cukup sporty, namun pada tipe AIR bentuknya biasa saja cuma ada aksen tiga lubang di sisi kiri dan kanan.

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 02

Pintu bagasi belakang tak lagi bisa dibuka dua sisi

Kesan mengkotak juga terlihat dari model lampu utama, kaca jendela, sampai bentuk pintu belakang. Hanya saja jika di model terdahulu pintu bagasi ini bisa dibuka dua sisi, maka di Step WGN 2022 malah seperti mobil kebanyakan.

Interior Honda StepWGN 2022 Tawarkan Desain Futuristik

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 03

Layout dasboard mirip Honda Civic

Beda dengan luar yang sederhana, nuansa kabin Stepwagon terbaru malah terlihat sangat futuristik. Layout dasbornya dibuat bertingkat namun ada beberapa karakter Honda Civic terbaru sepertinya dimasukkan ke mobil ini. Misalnya pada meter cluster full digital 10,25 inci dan bentuk lingkar kemudi.

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 04

Tipe SPADA tak pakai tuas transmisi

Di bagian tengah dasbor berdiri tegak monitor 11,4 inci. Sementara tuas transmisi dan tombol-tombol fitur lainnya dibuat menyatu dengan dasbor. Khusus tipe SPADA, Honda tak lagi menggunakan tuas transmisi, melainkan cuma berupa tombol P, R, N, dan D.

Untuk jok baris pertama dan kedua semuanya sudah dilengkapi arm rest. Pada bagian punggung jok pengemudi dan penumpang depan juga sudah disediakan juga meja lipat.

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 05

Ruang penumpang belakang lapang dan jok pakai sandaran kaki

Khusus di tipe SPADA jok baris kedua juga sudah dilengkapi sandaran kaki. Jok baris ketiga jika tak digunakan juga bisa ditekuk rata dengan lantai demi kebutuhan bagasi lebih lapang. Oh ya, di bagian atap jok baris kedua pun disematkan monitor 15 inci.

Baca juga : Begini Wujud Nissan Serena 2022, Semuanya Berubah Plus Teknologi e-Power Terbaru

Spesifikasi dan Harga Honda Step WGN Terbaru Belum Diumumkan

 

Honda Step WGN 2022 Akhirnya Muncul, Lawan Berat Toyota Voxy dan Nissan Serena 06

Kabin belakang Honda Step WGN 2022

Sampai saat ini Honda belum merinci soal spesifikasi teknis maupun fitur-fitur apa saja yang ada di StepWGN 2022. Namun diprediksi, kelengkapan fiturnya tak jauh berbeda dari model terdahulu. Termasuk keberadaan fitur Honda Sensing.

Sementara soal mesin yang akan digunakan di StepWGN terbaru, juga besar kemungkinan masih menggunakan dua pilihan mesin. Yakni mesin bensin 1.5 L Turbo yang dikombinasikan transmisi CVT, serta mesin hybrid e:HEV 2.0 L dengan motor listrik dan dipadukan transmisi E-CVT. 

Toyota Voxy 2022 dan Nissan Serena 2022 Juga Rilis Tahun Ini

Peta persaingan MPV medium berdesain boxy tahun ini dipastikan bakal panas. Pasalnya Toyota juga sudah menyiapkan Voxy terbaru dan Nissan sudah akan menyingap selubung Serena generasi anyar.

Kedua mobil ini pun meraup sukses di Indonesia, jadi ada kemungkinan Honda juga bakal membawa Step WGN terbaru ini demi mengisi celah segmen MPV premium yang ditinggalkan Honda Odyssey.

Baca juga : Cari MPV Keluarga? Lirik Mazda Biante, MPV Roti Tawar Saingan Voxy yang Mulai Terlupakan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Serena X

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru