Honda WR-V untuk Indonesia Dipastikan Berbeda dengan India

Herdi · 7 Nov, 2022 12:09

Honda WR-V Indonesia dan India

  • Honda WR-V Indonesia dengan India akan berbeda.
  • Honda WR-V sudah ada di India sejak 2020.
  • Honda WR-V di India memiliki varian mesin diesel.

Honda WR-V resmi meluncur untuk pertama kalinya di Indonesia. Hanya saja, hal ini menjadi tanda tanya, lantaran PT Honda Prospect Motor menggunakan istilah 'World Premiere'.

Padahal diketahui nama Honda WR-V sebenarnya sudah dipakai Honda di Brazil sejak 15 Maret 2017. Selain itu, pada tahun 2020, WR-V juga diluncurkan untuk pasar India dan juga Amerika Selatan. 

Menanggapi perihal penggunaan nama Honda WR-V inilah membuat Sales Marketing & Business Innovation PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy ikut angkat bicara.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

"Honda WR-V di India beda. History Honda nama sama, model berbeda itu ada. Seperti kita ketahui model Honda di sini dan di Amerika juga beda, namanya sama tapi modelnya beda," ungkap Billy. 

Baca juga: Bedah Tiga Tipe Honda WR-V, Apa Saja Perbedaannya?

Honda WR-V

Honda WR-V di Indonesia

Singkat kata, Billy tidak mempermasalahkan sebuah nama apalagi masih dalam grup Honda. Sebaliknya, ada juga model yang sama tapi namanya berbeda. Seperti contoh Honda pernah punya mobil hatchback Jazz untuk sebutan di Indonesia, dan Fit untuk Jepang.

Menurut Billy, pada dasarnya Honda WR-V ini merupakan mobil yang didevelop untuk pasar Indonesia, dimana segemen Sport Utility Vehicle (SUV) semakin berkembang.

Beda Nasib Honda WR-V Indonesia dengan di India

Honda WR-V

Honda WR-V resmi masuk Indonesia

Di sisi lain, President Director HPM Kotaro Shimizu mengklaim, WR-V yang diluncurkan di Indonesia dirancang dan dikembangkan melalui riset serta pengujian langsung di Tanah Air. 

Tak hanya itu, Kotaro juga menyatakan, sosok WR-V sengaja disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. 

"Dengan berbagai keunggulan dibandingkan model lain di kelasnya, model ini dipersembahkan untuk orang-orang yang memiliki semangat untuk unggul dan akan membawa mereka menjadi pemenang dalam kehidupannya," ucap Kotaro.

Sementara itu, Billy mengatakan, Honda WR-V hadir karena pertumbuhan segmen SUV di Indonesia berjalan seiring pemerataan ekonomi serta pengembangan infrastruktur pada berbagai daerah di Indonesia.

"Pertumbuhan segmen SUV di Indonesia juga tidak hanya disebabkan faktor alam dan selera konsumen, tetapi juga muncul beberapa model baru terutama di segmen Small SUV," ujar Bily.

Baca juga: 5 Hal Menarik Honda WR-V 2023, Pesaing Baru Toyota Raize

Honda WR-V

Honda WR-V 

Bahkan kata Billy, pada tahun 2021, segmen Small SUV mulai hadir dan memberikan kontribusi penjualan yang cukup signifikan di segmen SUV dengan total penjualan lebih dari 30 ribu unit di Indonesia. Maka dari itu, WR-V hadir melengkapi lini SUV Honda yang sebelumnya telah sukses dengan model seperti CR-V, HR-V dan BR-V.  

Kata dia, sebagai bagian dari lini SUV Honda, WR-V diklaim dibekali karakter khas SUV Honda seperti ground clearance tinggi, performa mesin yang bertenaga, kabin yang luas, serta teknologi yang canggih.

Sementara itu, menurut sejumlah media India, Honda WR-V saat ini sedang berjuang karena penjualan tidak seksi. Bahkan kabar yang beredar, Honda WR-V di India justru akan di 'suntik mati'.

Baca juga: Minat Kredit Honda WR-V 2023? Cicilannya Bisa Rp4 jutaan

Beda Honda WR-V India dan Indonesia

Jika membahas Honda WR-V Indonesia dan India, pada dasarnya memang saat ini berbeda, mulai dari eksterior, interior, fitur dan teknologi. 

Honda WR-V India

Honda WR-V India

Contoh dari segi eksterior, desain Honda WR-V versi India pada bagian gril dan bumper yang terlihat melintang dan aksen chrome nya seperti menyatukan lampu bagian kanan dan kiri. Perbedaanya juga terlihat pada desain lampu utama dan juga foglamp. 

Sementara untuk desain Honda WR-V Indonesia pada bagian depan sudah  memiliki grill dengan aksen chrome warna gelap dan juga desain tessellated (tipe RS), kemudian lampu depan LED minimalis dan memanjang, serta lampu sein sequential.

Pada bagian samping, desain Honda WR-V pada bagian body memiliki guratan garis mirip dengan Honda Jazz/ Fit generasi ketiga. 

Honda WR-V dari samping

Desain Honda WR-V dari samping

Sementara bagian samping Honda WR-V yang ada di Indonesia, memiliki garis yang melintang dari ujung lampu depan sampai lampu belakang. Selain itu, pada bagian pintu belakang mirip Honda HR-V, dimana door handle terdapat pada bingkai jendela.

Oia, WR-V India memiliki panjang 3.999 mm, lebar 1.734 mm,tinggi 1.601 mm, dan ground clearance 188 mm. Sedangkan WR-V Indonesia ekstra melar yaitu panjangnya 4.060 mm, lebar 1.780, tinggi 1.608 mm, serta ground clearance nya 220 mm.

Honda WR-V India

Honda WR-V India interior

Untuk interior tentu saja berbeda. Honda WR-V untuk Indonesia ternyata lebih mirip Honda Amaze, seperti ada jahitan merah di bagian kemudi, dasbor, dan jok pada varian RS. 

Honda WR-V untuk Indonesia Dipastikan Berbeda dengan India 07

Honda WR-V Indonesia interior

Yang tak kalah penting, untuk Honda WR-V yang dipasarkan di Indonesia sudah dibenamkan teknologi Honda Sensing, meliputi Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan Adaptive Cruise Control (ACC).  

Yang berbeda juga pada bagian mesin, WR-V di India memiliki mesin diesel 1.5 liter, i-DTEC dan mesin bensin 1.2 liter, i-VTEC. Tenaga yang dimuntahkan mencapai 100 ps pada 3,600 rpm dan mesin bensin daya yang dikeluarkan mencapai 90 ps pada 6.000 rpm.

Honda WR-V untuk Indonesia Dipastikan Berbeda dengan India 08

Mesin Honda WR-V Indonesia

Adapun untuk WR-V di Indonesia sudah dibenamkan mesin 1.5 liter DOHC, 4 silinder segaris, 16 tup, i-VTEC+DBW, yang mampu memuntahkan daya 121 ps pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda WR-V 1.5L E 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru