Hyundai Alcazar 2021 Siap Meluncur, Potensial Tantang Toyota Rush di Indonesia

Dhoni · 6 Apr, 2021 21:30

Hyundai terbukti cukup fokus membidik pangsa pasar otomotif untuk kendaraan keluarga. Dan model terbaru yang akan dijadikan andalannya adalah Hyundai Alcazar 7 penumpang yang rencananya akan melakukan debut globalnya malam ini (06/04) di India.

Hyundai Alcazar 2021 Siap Meluncur, Potensial Tantang Toyota Rush di Indonesia 01

Hyundai Alcazar segera dipasarkan Mei 2021

Pemasaran Hyundai Alcazar sendiri baru akan dilakukan pada bulan Mei 2021 dengan India sebagai negara pertama yang akan menerima unitnya. Dan bukan tidak mungkin mobil ini akan segera dihadirkan untuk konsumen di Indonesia, mengingat Indonesia adalah salah satu pasar terbesar untuk mobil 7 penumpang di dunia.

Selain hadir dalam versi 7 penumpang, Hyundai Alcazar 2021 juga akan hadir dalam kapasitas 6 penumpang melalui model captain seat. Mungkin model captain seat akan menjadi versi tertingginya.

Hyundai Alcazar merupakan pengembangan dari Hyundai Creta dengan mengubah kapasitasnya menjadi 7 penumpang. Sedangkan Hyundai Creta hanya dimuati 5 orang penumpang saja. Dari informasi yang kami terima, Hyundai Alcazar 7 penumpang akan hadir dengan mesin bensin 2.0 liter dan mesin diesel 1.5 liter.

Mesin bensin 2.0 liter menjadi pilihan Hyundai Alcazar 7 penumpang seperti yang digunakan pada Hyundai Elantra dan Hyundai Tucson. Mesin bensin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 152 PS dengan torsi 192 Nm.

Sedangkan pada mesin diesel 1.5 liter yang digunakan pada Hyundai Alcazar sebagai pesaing Toyota Rush dan Daihatsu Terios akan menghasilkan tenaga 115 PS dengan torsi 250 Nm. Tenaga yang cukup mumpuni untuk mobil di segmen Low Sport Utility Vehicle (Low SUV).

Tenaga yang dihasilkan dari mesin Hyundai Alcazar 2021 akan disalurkan pada roda melalui transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Hyundai Alcazar 2021 Siap Meluncur, Potensial Tantang Toyota Rush di Indonesia 02

Interior Hyundai Alcazar 2021

Pada bagian interior, kenyamanan dan konektivitas Hyundai Creta dipastikan akan disempatkan pada Hyundai Alcazar. Berbagai fitur yang menjadi andalan pada Hyundai Alcazar meliputi sistem infotainment layar sentuh 10,25 inci dengan Apple CarPlay dan konektivitas Android Auto, BlueLink, kontrol suara, panoramic sunroof dan pengisi daya nirkabel.

Hyundai Alcazar 2021 Siap Meluncur, Potensial Tantang Toyota Rush di Indonesia 03

Ilustrasi interior Hyundai Alcazar

Untuk memberikan kenyamanan selama berkendara, pada dashboard Hyundai Alcazar telah terpasang Multi Information Display (MID) berukuran besar, tombol start / stop, cruise control, pengontrol pada bagian kemudi. Filter udara, 6 buah air bags, TMPS dan lainnya.

Secara tampilan yang terlihat dari teaser Hyundai Alcazar menggunakan velg berukuran 17 inci  model diamond cut sehingga terlihat sebagai LSUV yang cukup gagah. Sedangkan pada bagian lampu utama, Hyundai Alcazar telah menggunakan LED.

Jadi dengan kehadiran mobil baru di India, biasanya tidak lama berselang akan hadir di Indonesia. Memang sangat mungkin Hyundai Indonesia akan menghadirkan Hyundai Alcazar 7 penumpang, mengingat pangsa pasar mobil keluarga seperti MPV hingga SUV 7 penumpang sangat diminati.

Untuk harga, diperkirakan Hyundai Alcazar 2021 yang hadir di India akan dibanderol mulai dari Rp300 jutaan. Sedangkan di Indonesia, kemungkinan besar tidak terlalu jauh berbeda. Kita tunggu saja kehadiran mobil Korea Selatan, Made in India ini.

Komentar