Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling

Adit · 15 Nov, 2021 16:37

Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling 01

Hyundai Creta

Hyundai Creta 2021 yang belum lama ini melakoni debut di Indonesia, ternyata dilengkapi fitur canggih dan modern. Bahkan mengalahkan para kompetitornya seperti Honda HR-V, Suzuki SX4 S-Cross, MG ZS, dan beberapa model lain di kelasnya. 

Pada tipe tertingginya telah dilengkapi fitur keselamatan Hyundai SmartSense berbasis Advance Driving Assistance System (ADAS) yang terdiri dari: 

  • Forward Collision Avoidance Assist 
  • Blind Spot Collision Avoidance Assist 
  • Lane Keeping & Lane Following Assist 
  • Driver Attention Warning
  • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist 
  • Safe Exit Warning 
  • High Beam Assist.  

Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling 02

Creta buat Indonesia lengkap dengan fitur Hyundai Bluelink

Baca Juga: Hyundai Creta 2021 Buatan Indonesia Segera mengaspal di Malaysia

Tapi tak cuma itu, ada juga fitur lainnya pada Hyundai Creta 2021, yang memungkinkan para pemiliknya bisa terhubung langsung menggunakan ponsel pintar melalui koneksi yang dinamakan Hyundai Bluelink. Fungsinya supaya penggunanya dimudahkan untuk mengecek informasi penting pada mobil. 

Namun ada lagi fungsi lainnya. Head of Before Service Hyundai Motors Indonesia Putra Samiaji menerangkan, fitur Hyundai Bluelink bisa mendukung kerja penunjang keamanan dan keselamatan, terkait kondisi pengguna maupun mobil itu sendiri.

Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling 01

Hyundai Bluelink memungkinkan koneksi mobil ke pemilik lewat ponsel

"Secara singkat Hyundai Bluelink pada Hyundai Creta adalah fitur telematics, yang tidak hanya beroperasi pada sistem kendaraan tapi juga untuk kenyamanan konsumen. Bluelink dihubungkan pada saat mobil diterima pemiliknya," katanya dalam sesi konferensi pers, Senin (15/11). 

Hyundai Bluelink untuk Keamanan

Ada dua keunggulan dari Hyundai Bluelink yang sistem kerjanya terkoneksi pada pusat layanan Hyundai. Pertama sebagai penunjang keselamatan yang meliputi fungsi Auto Collision Notification (ACN), Save Our Soul (SOS), Road Side Assistance (RSA). 

Khusus ACN, bekerja ketika mobil Hyundai Creta mengalami kecelakaan. Saat itu pula, sistem ACN langsung aktif memberikan sinyal darurat ke call center untuk langsung menghubungi pemilik mobil menanyakan kondisi terkini. Call center juga menghubungi otoritas setempat untuk dapat memberikan pertolongan. 

Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling 02

Hyundai Bluelink juga untuk keselamatan dan keamanan mobil

"Trigger-nya adalah airbag yang mengembang dan langsung ada notifikasi terlibat kecelakaan. Saat mobil sudah terhubung namun pemilik mobil tak bisa dihubungi, call center langsung menghubungi kepolisian dan layanan ambulans ke lokasi karena dapat dilacak keberadaannya," lanjutnya. 

Fungsi lainnya ada SOS. Fitur ini berguna ketika dalam perjalanan mendapati kondisi yang tidak mengenakan dan keselamatan terancam, misalnya dikerubungi kawanan perampok. Saat mendapati itu pemilik mobil Hyundai Creta bisa menekan tombol SOS di mobil untuk terhubung langsung ke call center. 

Kemudian bisa juga mengaktifkan tombol Bluelink yang sama-sama dapat menghubungkan mobil ke call center, untuk meminta bantuan layanan darurat 24 jam. Setelah itu call center berkoordinasi untuk memberikan pertolongan sesuai kebutuhan, bisa berupa towing atau personel mekanik yang datang ke sana. 

Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling 03

Hyundai Creta di GIIAS 2021

Baca Juga: Hyundai Creta 2022 Dirilis dengan Harga Mulai dari Rp279 Juta, Alternatif Menarik daripada Honda HR-V

Menariknya kerja sistem penunjang keselamatan ini sudah aktif secara otomatis. Komunikasinya juga bisa dua arah. Dalam artian sistem di mobil yang akan menghubungi call center atau sebaliknya. Tanpa harus penggunanya mengoneksikan dulu ponselnya ke Hyundai Creta. 

Hyundai Bluelink untuk Keamanan

Kedua adalah kaitannya dengan keamanan, fungsinya meliputi Stolen Vehicle Immobilize (STI) dan Stolen Vehicle Tracker (SVT). Keduanya berguna ketika mobil dicuri. Penggunanya bisa menghubungi call center untuk meminta deaktivasi mobil, berupa tak bisa starter ketika hendak dihidupkan. 

Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling 04

Hyundai Creta baru diproduksi tahun depan

Kemudian bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan. Sistemnya sama, pengguna Hyundai Creta tinggal meminta ke pusat layanan untuk mengetahui keberadaan terkini posisi mobil. Hanya saja, harus ada verifikasi data diri dan kendaraan serta laporan kehilangan supaya dapat diterapkan. 

"Call center bisa menonaktifkan kendaraan setelah mendapat laporan dari mobil yang telah dicuri. Metodenya tidak sembarang orang dapat melaporkan. Yang menelepon adalah pemilik kendaraan, berdasarkan permintaan bisa menonaktifkan kendaraan. Jadi ketika berhenti mobil tidka bisa dihidupkan kembali."

Selain semua fungsi tadi, Hyundai Bluelink pada Hyundai Creta yang terkoneksi dengan ponsel pintar bisa sebagai:

  • Remote Engine Start/Stop
  • Climate Control
  • Remote Door Lock/Unlock
  • Remote Horn & Light Control
  • Find My Car 
  • Manual/Automatic Diagnostic Report
  • Driving Information and Vehicle Health Report
  • Vehicle Status Check/Notification
  • Geo-Fence Notification
  • Speed Notification
  • Time-Fence Notification
  • Valet Mode
  • Idling Time Notification. 

Baca Juga: Live Update: Peluncuran Mobil Baru di GIIAS 2021, Debut Hyundai Creta dan World Premiere Honda RS Concept

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Hyundai Creta Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru