window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS

Adit · 9 Jun, 2022 19:04

Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS 01

  • Hyundai tantang balik Honda HR-V RS dengan Creta N Line.
  • Sayangnya Hyundai Creta N Line meluncur di Brazil, bukan Indonesia..
  • Hyundai Creta N Line pakai mesin 1.000 cc Turbo.

Hyundai rupanya tak tinggal diam mendapati pesaingnya yakni Honda HR-V RS hadir dalam balutan yang lebih sporty. Terlebih pakai mesin 1.500 turbo. Untuk itu, pabrikan merilis varian baru Hyundai Creta N Line 2022.

Bagi yang belum tahu, N merupakan entitas perusahaan untuk memproduksi varian mobil Hyundai berspesifikasi di atas rata. Mudahnya seperti AMG pada Mercedes-Benz, M pada BMW, RS pada Audi, R pada Volkswagen, serta GR pada Toyota. 

Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS 02

Tampak depan Hyundai Creta N Line

Baca Juga: Galeri Foto Hyundai Creta 2022: Mobil Pertama yang Diproduksi Hyundai di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

N merepresentasi dua elemen penting Hyundai. Pertama merefleksikan abjad pertama daerah Namyang di Korea Selatan yang menjadi lokasi R&D Hyundai Global. Kedua, juga mengandung arti huruf pertama sirkuit Nurburgring di Jerman yang menjadi tempat bagi engineer Hyundai menjajal varian N disana.

Desain logo N yang ada pun merepresentasikan kelokan klasik di Nurburgring yang membentuk huruf N. Tapi unsur yang akan disematkan pada Creta N Line berbeda. Sebab varian N dan N Line adalah dua aliran yang tidak sama.

Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS 01

Desain jok Hyundai Creta N Line

N Line seperti Toyota GR Sport, berfokus pada ubahan estetika yang lebih sporty dan beberapa racikan teknis lainnya untuk menggambarkan buasnya varian N milik Hyundai. 

Oke, itu sekilas mengenai divisi N Hyundai, balik lagi ke topik utama yakni Hyundai Creta N Line yang melakoni debutnya di Brazil 9 Juni 2022. Basis modelnya menggunakan Hyundai Creta pre-facelift alias yang dipasarkan di India. Sementara Hyundai Creta yang ada di Indonesia disebut-sebut merupakan versi facelift terbaru. 

Bila melihatnya dari foto, sekilas tidak ada bedanya dengan Hyundai Creta reguler. Dari luar, ubahannya terbilang sederhana. Grille lebih berubah dengan aksen krom gelap kemudian ada tambahan eblem N Line sebagai penanda. Bumpernya juga dibuat lebih agresif, kisi-kisi udaranya lebih gelap supaya makin sporty. 

Baca Juga: First Drive Hyundai Creta 2022: Coba Ini Dulu Sebelum Nyesel Beli Honda HR-V

Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS 02

Hyundai Creta N Line yang lebih sporty dibanding versi reguler

Sementara dari samping, yang tampak jelas terlihat perbedaannya adalah desain velg pakai bentuk Y. Kemudian ada bubuhan side skirt yang bisa dibilang membuatnya lebih elegan ketimbang sporty. 

Perbedaan lainnya ada di belakang, yaitu bumpernya dilengkapi diffuser dengan jaring honeycomb khas mobil sport. Dan paling penting adalah, ternyata jumlah lubang knalpotnya menjadi 2! Apakah mesinnya jadi lebih buas?

Bikin Panas Honda HR-V RS

Mengenai dapur pacu, untuk pasar Brazil Hyundai Creta N Line disediakan pakai mesin bensin 1.000 cc turbo bertenaga 118 PS dan torsi 172 Nm yang dipadukan dengan transmisi matic 6-percepatan.

Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS 03

Interior Hyundai Creta N Line

Sementara itu sisi interiornya penuh dengan nuansa hitam dan sentuhan sporty. Tak lupa ada penyematan logo N. Biar makin nyentrik, lapisan jok, konsol tengah, hingga sarung kenop transmisi dibubuhkan jahitan merah. Creta N Line ini juag sudah dilengkapi fitur ADAS Hyundai SmartSense.

Menarik bila akhirnya Hyundai Creta N Line juga diluncurkan di Asia Tenggara, terlebih Indonesia sebagai basis produksinya. Tentu persaingan dengan Honda HR-V RS bisa lebih sengit lagi. Sebab boleh dibilang varian tersebut kini belum ada lawannya.

Baca Juga: Berkat Creta, Hyundai Masuk 10 Besar Produsen Mobil Terlaris di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil