window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur?

Yongki Sanjaya · 7 Mar, 2023 09:30

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur? 01

Hyundai Creta menjadi salah satu pendatang baru yang cukup sukses di segmen crossover. Kehadirannya bahkan telah mengusik Suzuki SX4 yang merupakan pemain lama. Ini karena Hyundai Creta punya opsi yang lebih beragam, semisal tipe Trend iVT yang kelas harganya beda tipis dengan Suzuki SX4.

Artinya, crossover jagoan Suzuki tadi secara kelas harga sepadan dengan tipe menengah di Creta. Bagi yang ingin memboyong Hyundai Creta Trend dengan transmisi IVT (Intelligence Variable Transmission) mobil ini dijual seharga Rp333.000.000, sedangkan SX4 S-Cross dijual Rp340.400.000.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara harga, Hyundai Creta tipe Trend IVT ini sedikit lebih murah ketimbang Suzuki SX4. Namun apakah kelengkapan fiturnya bisa mengungguli? Nah biar nggak bingung, mari kita bandingkan fitur kedua model tersebut.

Hyundai Creta Trend IVT, Lebih Murah Fiturnya Meriah

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur? 01

Bicara dimensi, Hyundai Creta berukuran panjang 4.315, lebar 1.790, dan tinggi 1.630 mm. Demikian pula dengan wheelbase yang memiliki ukuran 2.610 mm. Hadir sebagai tipe menengah agak ke bawah, fitur yang dimiliki Creta Trend ini cukup melimpah untuk sebuah crossover.

Hyundai Creta pada versi Trend masih menggunakan lampu depan halogen dan sudah dilengkapi dengan froglamp sehingga tetap aman berkendara meski sedang hujan deras ataupun berkabut. Catatan lainnya yaitu Hyundai Creta Trend yang masih menggunakan pengaturan tilt saja, tidak seperti tipe Style dan Prime yang sudah pakai tilt dan teleskopik. Kemudian, interior varian Trend masih menggunakan bahan jok leather.

Varian Trend tergolong keren karena didukung dengan teknologi Driver Rear View Monitor dan layanan Hyundai Blue Link. Nah, dengan fitur ini, tentunya akan lebih praktis menghubungkan layanan hiburan lewat smartphone saja.

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur? 02

Di rentang harga segitu, jelas Hyundai Creta tipe Trend belum didukung fitur ADAS. Tipe ini lebih menonjolkan kekuatan multimedia melalui 8-inch Touch Display with AM/FM Radio, WAV/MP3/WMA Supported Audio Format, Bluetooth Audio, Smartphone Integration (Wireless), Bluetooth® Hands-free Phone System with Voice Recognition. Alunan suara dipancarkan melalui 6 Speaker Bluetooth® Audio Streaming. 

Terdapat fitur Steering Wheel Audio and Bluetooth® Remote Control untuk pengaturan multimedia sembari mengemudi. Pada bagian kokpit pengemudi terdapat layar MID 3.5 inci untuk mengakses informasi seputar kendaraan. Fitur menarik lain di tipe Trend yaitu Electric Tailgate Release sehingga kita cukup pencet tombol untuk bagasi belakang.

Suzuki SX4 S-Cross Harga Lebih Mahal Dapat Lebih?

 

 

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur? 03

Secara harga, Suzuki SX4 ini Rp7,4 juta lebih mahal daripada Hyundai Creta tipe Trend. Kehadiran Hyundai Creta seketika membuat pamor Suzuki SX4 S-Cross kian redup karena hanya tersedia dalam satu opsi saja. Nah, dengan harga yang lebih mahal apakah Suzuki lebih royal soal fitur?

Perlu diketahui, baik Suzuki SX4 ataupun Hyundai Creta ini basis pengembangannya di India. Bicara soal ukuran, SX4 ini tak jauh beda dengan Hyundai Creta. Secara penampilan New SX4 S-Cross memiliki dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.595 mm. 

Fitur pada eksteriornya juga tidak murahan, karena SX4 S-Cross memiliki Daytime Running Light (DRL). Headlamp New SX4 S-Cross juga telah dilengkapi auto leveling yang akan membantu pengendara mengatur ketinggian sorotan lampu. Fitur auto headlight on akan menyalakan lampu besar (posisi low) secara otomatis pada saat lingkungan sekitar mobil terdeteksi kurang cahaya atau gelap. 

Desain head unit touchscreen dan MID tampak simpel namun atraktif, yang dilengkapi koneksi Aux-In, USB, dan HDMI, tombol audio di kemudi. Terdapat fitur auto dimmer di spion tengah, soket 12 V, keyless entry, tombol start/stop mesin, lampu otomatis, wiper otomatis, konektivitas Bluetooth hingga cruise control. 

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur? 04

Begitu juga dengan wheel steering yang telah mengadopsi fitur Tilt dan Telescopic, jadi sangat nyaman bagi pengemudi. Hadirnya auto climate A/C dan audio switch control dengan 4 speaker dan 2 tweeter membuat perjalanan terasa nyaman. 

Fitur keselamatan di SX4 tergolong biasa atau standar, yaitu dual SRS airbag untuk keamanan lebih lanjut pengemudi dan penumpang di bagian depan. Teknologi Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution aktif mencegah mobil dari slip. Sebagai pelengkap, Suzuki SX4 memiliki fitur isofix child seat.

Adu Performa Suzuki SX4 S-Cross vs Hyundai Creta

Hyundai Creta Trend ivt vs Suzuki SX4, Harga Murah Apakah Pelit Fitur? 05

New SX4 S-Cross ditunjang oleh mesin berkapasitas 1.491cc VVT DOHC, menghasilkan power maksimum 109ps/6000rpm dan torsi maksimal 138/4.400 rpm. Untuk transmisi, kini hanya tersedia varian automatic dengan 6-percepatan. Sensasi berkendara ala mobil balap coba dihadirkan oleh Suzuki pada SX4 bikinan India ini, dimana SX4 S-Cross telah mengusung sistem perseneling paddle shift.  

Nah untuk Hyundai Creta bisa menghadirkan performa lebih oke ketimbang SX4 S-Cross. Mobil ini mengusung mesin 4 silinder 16 katup Smartstream 1.497 cc dengan tenaga maksimal 115 ps pada 6.300 rpm dan torsi 143.8 nm pada 4.500 rpm. Untuk tipe Trend tersedia dalam transmisi manual 6-speed dan transmisi IVT. 

Kesimpulan

Melihat kelengkapan yang tersedia, masing-masing model punya kelebihan tersendiri yang membuat keduanya cukup berimbang. Namun dengan selisih harga Rp7,4 juta membuat Hyundai Creta jadi lebih value for money karena lebih terjangkau. 

Inilah alasan kenapa Suzuki SX4 S-Cross kiprahnya semakin terdesak oleh Hyundai Creta yang mendapat sambutan positif masyarakat. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil