window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5?

Prasetyo · 30 Jun, 2022 11:02

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5? 01

  • Hyundai IONIQ 6 resmi melakukan debut globalnya.
  • Untuk spesifikasi teknis baru diumumkan 14 Juli 2022.
  • Desain interiornya mirip Hyundai IONIQ 5.

Hyundai IONIQ 6 akhirnya resmi mendebut secara internasional. Namun sayangnya Hyundai hanya memamerkan sebatas desain eksterior dan interior. Sementara spesifikasi teknis serta fitur-fiturnya baru akan diumumkan 14 Juli 2022.

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5? 02

Hyundai Prophecy Concept juga pernah dipamerkan di GIIAS 2021

Banyak yang menyebut jika IONIQ 6 akan menjadi versi sedan dari IONIQ 5. Yang jelas, sedan yang dijuluki "Electrified Streamline" tersebut merupakan versi produksi dari Hyundai Prophecy Concept yang pertama kali diperkenalkan pada 2020.

Baca juga : Ioniq 5 Laris, Hyundai Ioniq 6 Meluncur Tahun Depan Berwujud Sedan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sedan Listrik yang Aerodinamis

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5? 01

Siluet bodinya aerodinamis

Tanpa ada keterangan berapa besar koefisien drag dari mobil tersebut, namun desain IONIQ 6 terlihat sangat memperhatikan sistem aerodinamika secara keseluruhan. Lihat saja bagaimana bodi mobil ini menyerupai garis lengkung dari bagian depan, atap, hingga ke belakang.

Fascia depan juga terlihat tanpa banyak ornamen, bahkan bentuk lampu utama juga dibuat menyatu dengan tarikan garis pada bonet. Sementara bagian bempernya dibuat tertutup hanya ada tambahan aksen sayap pada kedua sisinya yang diberi warna hitam dan menjalar sampai ke area tengah bemper.

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5? 02

Bagian belakangnya bernuansa sedan sport retro

Bentuk atap dan tarikan garis bodi juga dibuat sederhana. Sementara desain velgnya dibentuk dengan memperhatikan sirkulasi udara yang tujuannya juga menambah keaerodinamisan mobil secara keseluruhan.

Untuk bagian belakang, Hyundai malah membentuk dengan nuansa retro. Sepertinya pabrikan Korea Selatan (Korsel) ini masih terinspirasi dari desian retro di IONIQ 5. Hal itu diperlihatkan dari bentuk lampu model pixel, serta guratan-guratan di bemper yan dibuat vertikal. Kabarnya Hyundai terinspirasi dari desian rettro Hyundai Pony yang pernah berjaya di tahun 1970an.

Baca juga : Mobil Listrik Hyundai Ioniq 6 Gagal Meluncur Awal Tahun Depan, Kenapa?

Interior Mirip Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5? 03

Monitor dan setir mirip IONIQ 5

Beda di luar lain cerita dengan bagian dalamnya. Karena ternyata interior Hyundai IONIQ 6 begitu mirip dengan kabin IONIQ 5. Ini terlihat dari bentuk lingkar kemudinya, kemudian monitor lebar yang membentang dan terbagi atas dua fungsi, yaitu sebagai meter cluster dan sistem infotainment.

Hyundai IONIQ 6 Resmi Mendebut, Versi Sedan dari IONIQ 5? 04

Disudut dasboard ada monitor pengganti spion

Di bagian tengah setir terdapat 4 titik yang digunakan sebagai indikator tingkat charging atau voice command. Selain itu, di bagian kiri dan kanan dashboard juga terlihat ada layar kecil. Perangkat ini rupanya digunakan untuk penampil spion digital. Kemudian di konsol tengah terlihat ada beberapa tombol pengoperasian seperti power window, central door lock, dan auto hold.

Baca juga : Tak Pengaruh Harga Mahal, Hyundai IONIQ 5 Bikin Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Meroket

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia