window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Stargazer Gunakan Bensin Jenis Pertalite, Bisa Sobek Kartu Garansi?

Enda · 13 Agu, 2022 18:00

Hyundai Stargazer

Seperti yang diketahui Hyundai Stargazer memiliki performa paling besar di kelasnya. Melihat daripada spesifikasinya, pesaing Avanza-Xenia, Xpander dan Ertiga ini dibenamkan mesin Smartstream G1.5L MPI Inline 4 cylinders 1.497 cc dengan rasio kompresi di angka 10,5:1.

Mengenai performa yang dihasilkan, di atas kertas jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga sebesar 115 PS @6.300 rpm dengan torsi puncak 143,8 Nm @4.500 rpm. Untuk transmisinya sendiri Stargazer ditawarkan dalam dua pilihan, yakni manual 6-percepatan dan IVT.

“Punya performa paling besar di kelasnya dengan rasio kompresi di angka 10,5:1, untuk penggunaan bahan bakarnya menurut pabrikan Hyundai Stargazer masih disarankan memakai RON 90 (Pertalite),” ujar Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ia menambahkan, penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan selain awet tentunya juga menjaga performa mesin supaya tetap prima.

Baca juga: Wajib Tahu, Hyundai Stargazer Active Nggak Pakai Double Blower dan Ternyata Cuma Punya Air Circulator!

Kerusakan Mesin Akibat Penggunaan Bahan Bakar yang Tak Sesuai Dapat Menggugurkan Garansi

Hyundai Stargazer

Mesin Smartstream G1.5L MPI Hyundai Stargazer

Selain memberikan gratis biaya suku cadang untuk perawatan berkala selama 3+1 tahun atau 60.000 km, serta gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 km, setiap pembelian Hyundai Stargazer konsumen juga berhak mendapat garansi dasar selama 3+1 tahun atau 100.000 KM.

“Jika ada kerusakan terlebih dalam massa garansi tentu kami lihat case by case untuk mengetahui apa penyebabnya. Kalau kerusakannya betul-betul terconfirm dari bahan bakar yang tidak sesuai, pasti garansi akan gugur," tambahnya.

Bicara soal kerusakan akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dan mengandung timbal, umumnya akan menyerang injector.

“Secara general dampak kerusakan diakibatkan penggunaan BBM yang tak sesuai rekomendasi pabrikan akan merusak injector sebagai sistem pengkabutannya. Hal ini dikarenakan injector yang tersumbat sehingga mengakibatkan pembakaran tidak sempurna,” ucapnya.

Dampak lain dari pembakaran yang tak sempurna di ruang bakar juga bisa menimbulkan mesin ngelitik atau knocking.

Baca juga: Perbandingan Xenia 1.5 R CVT ASA vs Hyundai Stargazer Trend, Daihatsu Bisa Menang Banyak?

Syarat & Ketentuan Berlakunya Garansi Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Garansi Hyundai Stargazer

 

  • Pemilik kendaraan wajib melakukan servis secara berkala sesuai panduan pada buku servis di Bengkel Resmi Hyundai atau Hyundai Mobile Service selama periode Warranty.
  • Mobil digunakan untuk pemakaian normal, tidak untuk balapan, offroad, overloading dan sebagaianya.
  • Tidak melakukan modifikasi yang berpengaruh terhadap kinerja, keselamatan, dan ketahanan pada kendaraan.
  • Garansi tidak mencakup kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, salah penggunaan dan perawatan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Hyundai.
  • Tidak termasuk suku cadang yang aus karena pemakaian.
  • Hal lain yang tercantum dalam buku warranty dan servis berkala.

Baca juga: Hyundai Stargazer Trend MT vs Daihatsu Xenia 1.5 R MT, Harga Beda Rp15 Juta Bagus Mana?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil