window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey?

Enda · 15 Apr, 2021 10:00

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 01

Hyundai Staria Vs Honda Odyssey facelif

Beberapa waktu yang lalu Hyundai Motor Company melakukan debut pertama Hyundai Staria secara global melalui siaran digital. Selain Indonesia (Jakarta) dan Korea Selatan (Seoul), negara yang berkesempatan merasakan peluncuran perdana mobil ini adalah; Uni Emirat Arab (Dubai), Rusia (Moskow) dan Jerman (Frankfurt).

Mobil yang masuk dalam lini produk Multi Purpose Vehicle (MPV) ini, menyuguhkan tampilan eksterior menyerupai pesawat luar angkasa dengan menganut gaya desain 'inside-out'. Bicara mengenai varian, MPV terbaru pabrikan otomotif berlogokan ‘H’ miring ini dihadirkan dalam dua model, Staria dan Staria Premium.

Sebenarnya cukup sulit menentukan siapa pesaing utama Hyundai Staria. Melihat beberapa model yang ada, Staria nantinya akan berhadapan dengan Honda Odyssey facelift yang berhasil diluncurkan lebih dulu pada Februari 2021. Penasaran ingin mengetahui lebih dekat keduanya?

Berikut ulasan mengenai Hyundai Satria vs Honda Odyssey Facelift.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hyundai Staria Siap Meluncur Bersama di 5 Negara, Termasuk Indonesia

Tampilan Hyundai Staria Lebih Menggoda

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 01

Tampilan depan Hyundai Staria

Hyundai Staria memiliki bentuk yang terkesan sangat futuristik. Pada bagian fascia, mobil ini ditanami lampu LED Daytime Running Light tepat di bawah bonnet dengan model pipih yang seolah terhubung dikedua sisinya. Sedangkan lampu utamanya terletak dibawahnya menyatu dengan bumper.

Menilik bagian sampingnya pada teaser, mobil ini mendapat jendela model panoramic yang sangat lebar untuk memberikan tingkat visibilitas yang lebih leluasa. Pada lingkar rodanya, Staria terlihat begitu dinamis dengan menganut model diamond cut berkelir two-tone. Bergeser ke bagian buritan, Staria juga berhasil dikelilingi lampu LED dengan bentuk vertikal memanjang yang terlihat begitu modern.

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 02

Tampilan depan Honda Odyssey facelift

Melihat bagian fascia, Honda Odyssey facelift tak kalah terlihat dinamis dengan tambahan New Front Grille & Bumper Design, velg berukuran 17 inci dengan desain baru, New Full LED Headlight, LED Fog Light, serta New LED Sequential Turning Signal.

Sementara bagian belakangnya, terdapat berbagai perubahan dengan New Full LED Tail light, New LED Sequential Turning Signal (Rear), serta New Tailgate Garnish yang juga menyuguhkan kesan kemewahan.

Interior Hyundai Staria Tak Kalah Prestisius

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 03

Interior Hyundai Staria 9-seater

Tidak hanya terasa lega, kabin Hyundai Staria juga dibalut dengan tampilan kemewahan. Diketahui Staria ini menganut head unit 10,25 inci model floating, jok nappa leather, premium relaxation seat di baris kedua, dual sunroof, dan speaker BOSE. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Mobil ini hadir dengan sistem smart infotainment dan dilengkapi kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar.

Sistem smart infotainment juga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi unik dari speaker yang memungkinkan semua penumpang untuk mendengar satu sama lain dengan jelas.

Baca juga: FAQ: Bikin Penasaran, Apa Keunggulan Hyundai Staria 2021 yang Harganya Tembus Rp700 Juta?

Pada tipe Staria Premium, Hyundai menawarkan konfigurasi jok berjumlah 7 hingga 9 seater yang mana pada baris keduanya dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan langsung dengan penumpang pada baris ketiga.

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 04

Sisi interior Honda Odyssey facelift

Melihat bagian dalam kabin Honda Odyssey facelift, kalian bisa menemukan teknologi canggih seperti One Push Ignition System, Paddle Shift, Hands-Free Telephone Switch, Tri-Zone Auto A/C with Smart Touch yang dilengkapi dengan display 7-inch Interactive Thin Film Transistor (TFT) Meter Cluster yang menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Bicara fitur hiburan, MPV premium Honda ini dilengkapi dengan New 8” Advanced Touchscreen Display dengan NAVI Built-in System, Hands-Free Telephone Vehicle Setting, Bluetooth & Wi-Fi Connection, Smartphone Connection untuk Audio dan Video. Untuk menambah utilitas di dalam kabin, Odyssey facelift juga telah dilengkapi dengan New Auto Dimming Rear View Window, New Instrumental Panel Upper Box, New Driver Side Retractable Cup Holder, New All Auto Up/Down Power Window.

Adu Fitur Keselamatan Hyundai Staria Vs Honda Odyssey Facelift, MPV Korea Bisa Unggul? 

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 05

Tampilan dashboard Hyundai Staria

Bicara soal fitur keselamatan, Hyundai Staria berhasil disematkan 6 airbags, yang mana semua kursinya telah dilengkapi dengan sabuk pengaman three-point dan sandaran kepala. Keamanan berkendara semakin lengkap dengan didukungnya fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Agar memberikan perlindungan terhadap penumpang di baris kedua hingga paling belakang, ketika ingin membuka pintu disaat berjalan, dapat dicegah dengan Safe Exit Assist (SEA). Selain itu juga terdapat Rear Occupant Alert (ROA) yang cara kerjanya menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

Mengenai fitur keamanan, Hyundai Staria dibenamkan Wireless Module Seat Belt Reminder (WM- SBR), sistem pengingat akan penggunaan sabuk pengaman pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi komunikasi nirkabel, memungkinkan penumpang untuk menikmati manfaat dari sistem pengingat sabuk pengaman dan kemampuan geser yang panjang pada saat yang bersamaan.

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 06

Collision Mitigation Brake System (CMBS) di Honda SENSING di Honda Odyssey facelift

Honda Odyssey facelift yang belum lama ini diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) turut menyematkan fitur keselamatan terbaru Honda yang diberinama Honda SENSING.

Honda SENSING yang ada di MPV premium Honda ini meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM) dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Tidak hanya Honda SENSING, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan seperti rangka G-CON + ACE,sistem pengereman ABS + EBD + BA, Brake Override System, Motion Adaptive EPS & VSA, Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Hyundai Staria Ungguli Odyssey dengan Dua Pilihan Mesin

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 07

Mesin diesel 2.2L

Hyundai Motor Company menawarkan Staria dalam pilihan mesin; bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII dan diesel VGT 2.2 liter.

Bicara mengenai mesin bensinnya, Staria dibenamkan jantung pacu berkodekan G6DIII 3.5-L MPI yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 272 PS dan torsi 331 Nm. Tenaga yang dihasilkan tersebut diatur menggunakan transmisi otomatis delapan-percepatan.

Sedangkan untuk mesin dieselnya Staria menggunakan teknologi VGT 2.2 Liter yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 177 PS dengan torsi 431 Nm. Urusan tingkat percepatan, Hyundai menghadirkan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan pada mesin dieselnya ini.

Mengenai konsumsi bahan bakarnya, mesin dieselnya ini dapat dipastikan lebih efisien karena telah menggunakan air-cooled turbocharger serta performa turbine wheel.

Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey? 08

Mesin 2.4 liter i-VTEC Honda Odyssey facelift

Melihat dapur pacu yang digunakan pesaingnya, Honda Odyssey ditanami mesin 2.4 liter i-VTEC yang dapat memuntahkan tenaga hingga 173 PS @6.200 Rpm dan torsi maksimal 225 Nm @4.000 Rpm yang sesuai standar EURO 4. Untuk menyalurkan putaran mesin ke roda depan, percepatannya diatur menggunakan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Kesimpulan

Hyundai Staria direncanakan akan melantai pada akhir 2021 ini atau tahun mendatang. Tidak hanya berfungsi sebagai mobil keluarga, Suksesor Hyundai H-1 ini juga bisa digunakan untuk ambulan maupun campervan. Dengan perkiraan harga yang lebih terjangkau, Staria cocok untuk menggoda bekas pemakai Odyssey lawas untuk mencoba sensasi premiumnya. 

Menyinggung soal warna, Staria akan dihadirkan dalam delapan pilihan warna; Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Grey Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Grey Metallic dan Gaia Brown Pearl.

Sedangkan interiornya sendiri direncanakan akan mendapat warna Black, Black and Beige two-tone, Black dan Blue two-tone. Varian Premium dari Hyundai Staria ini bakal ditawarkan dua pilihan warna tambahan, yakni Gray and Brown two-tone dan Gray and Light Gray two-tone.

Bicara mengenai harga, menurut prediksi kami pesaing Honda Odyssey ini akan dibandrol di angka Rp700 jutaan.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil