Hyundai Sudah Siapkan Rival Avanza, Xenia, dan Xpander, Namanya Stargazer

Prasetyo · 13 Jul, 2021 12:32

Hyundai Stargazer 2022

Segmen Low MPV tujuh penumpang di Indonesia memang masih punya volume besar. Meskipun kelas SUV berukuran compact terus meningkat, nyatanya persaingan di mobil keluarga 7-seater dengan harga terjangkau masih tetap tinggi.

Di kelas LMPV, nama-nama besar seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga atau Honda Mobilio masih mendominasi. Dan rupanya Hyundai pun tertarik untuk terjun ke persaingan terberat itu.

Hyundai Stargazer 2022 -1

Diprediksi jadi calon Low MPV baru Hyundai

Bahkan kabar terbaru menyebut, jika pabrikan Korea ini telah menyiapkan satu LMPV yang ditujukan buat negara-negara berkembang, tentunya Indonesia termasuk di dalamnya. Dan model tersebut telah diberi nama Hyundai Stargazer.

Baca juga : Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India

Merk Hyundai Stargazer Sudah Dipatenkan di Dirjen HAKI

Beredarnya rumor jika Hyundai Stargazer adalah model Low MPV dari pabrikan berlogo "H" miring ini terungkap dari dokumen resmi pihak Dirjen (Direktorat Jenderal) HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Republik Indonesia (RI).

Hyundai Stargazer -2

Pengajuan merk dagang STARGAZER dari Hyundai

Dokumen itu memperlihatkan jika Hyundai Motor Company sudah mengajukan hak paten merk dagang dengan nama STARGAZER. Dari dokumen itu dipastikan nama merk dagang yang diajukan untuk penamaan jenis barang berupa bus bermotor, mobil mobil listrik, mobil sport, truk, atau van.

Akan Diproduksi di Indonesia

Prediksi berikutnya mengenai kehadiran Hyundai Stargazer ini adalah mobil tersebut bakal diproduksi di Indonesia. Ini mengingat Hyundai memang tengah membangun sebuah pabrik produksi dan perakitan di kawasan Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Hyundai Stargazer 2022 -4

Mobil 7 seater masih tinggi peminat di Indonesia

Kemudian pihak PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga pernah menegaskan kalau pabrik ini akan menyediakan kendaraan yang ditujukan buat pasar dalam negeri. Sementara jika melihat kecenderungan potensi pasar di Indonesia adalah mobil-mobil jenis MPV dan juga SUV. Sehingga sangat mungkin jika nantinya Stargazer masuk dalam lini produksi di pabrik Hyundai Indonesia.

Baca juga : Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam!

Hyundai Stargazer Versi Nyata dari Hyundai Hexa Space?

Dimensi Hyundai Hexa Space Concept vs Avanza vs Xpander
Dimensi Hexa Space Avanza Xpander
Panjang 4.300 mm 4.190 mm 4.475 mm
Lebar 1.829 mm 1.660 mm 1.750 mm
Tinggi 1.647 mm 1.695 mm 1.730 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm 2.655 mm 2.775 mm

Menerka sosok Hyundai Stargazer mungkin paling dekat jika kita mengingat pada Hyundai Hexa Space. Mobil konsep ini pernah diperlihatkan kepda khalayak umum saat berlangsungnya New Delhi Auto Show 2012.

Hyundai Stargazer 2022 -5

Dimensinya sedikit lebih besar dari Avanza

Saat itu Hexa Space hadir dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.829 mm dan tinggi 1.647 mm dengan wheelbase 2.750 mm. Ketika memperkenalkan Hexa Space, Hyundai pun pernah menegaskan kalau mobil ini ditujukan buat negara-negara berkembang di Asia.

Baca juga : Harga Hyundai Santa Fe 2021 Mulai Rp569 Juta, Siap Lengserkan Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Grand Xenia 1.3 X MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru