window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Identik Sebagai Mobil Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris

Alex · 9 Mei, 2020 17:00

Identik Sebagai Mobil Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 01

Sebagai sebuah hatchback yang identik akan konsumen kalangan muda, Toyota Yaris yang merupakan tipe mobil Toyota ini memang cukup jadi favorit. Mobil Toyota Yaris terbaru berkapasitas 1.500 cc ini juga menawarkan keunikan maupun kelengkapan yang menarik. 

Mulai dari infotainment, penunjang keselamatan alias safety, keamanan sampai mesin jadi hal yang menarik untuk disimak dari Toyota Yaris baru. Bahkan dari segi harga, Yaris juga tergolong sangat kompetitif di kelasnya. Harga Toyota Yaris 2020 berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Mobil Yaris baru yang saat ini dijual di Indonesia sendiri merupakan generasi ketiga dan oleh sejumlah kalangan dijuluki "Yaris Joker". Sebab desain bumper depannya yang kini semakin keren dan bentuknya sekilas mirip wajah yang menyeringai. Namun hal itu bukanlah hal negatif, justru menjadikan desainnya lebih aerodinamis dan sporty.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Yaris generasi ketiga versi Indonesia ini meluncur pada 2018 silam dan mendapati berbagai perubahan cukup signifikan. Banyak perhatian tertuju bukan saja pada desain eksteriornya yang kian keren, tapi juga fitur keselamatannya.

Mobil Yaris baru ini langsung mengungguli musuh terberatnya, Honda Jazz, berkat penggunaan fitur keselamatan aktif yang disematkan oleh Toyota. Peminat Toyota Yaris New pun harusnya terpuaskan.

Identik Sebagai Mobil Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 01

Jika Anda ada rencana memiliki mobil ini, sebaiknya jangan lakukan sebelum Anda membaca ulasan dalam artikel ini. Sebab di bawah ini kami sajikan sejumlah kekurangan sekaligus kelebihan dari mobil Yaris baru.

Kelebihan

1. Punya 7 airbags

Jumlah airbag atau kantung udara pada sekucur interior Yaris Toyota merupakan salah satu yang jadi unggulan mobil ini. Secara total Toyota Yaris ini memiliki 7 titik kantung udara. Airbag tersebut meliputi perlindungan penumpang depan dan pengemudi bagian depan dan samping, Curtain Side dan driver knee. Menariknya, hal ini jadi standar untuk semua varian Yaris.

2. Memiliki Vehicle Stability Control

Masih dari lini penunjang keselamatan, satu keunggulan yang dimiliki mobil Yaris generasi terbaru adalah Vehicle Stability Control (VSC). Dengan adanya fitur ini maka manuver menikung dan akselerasi bisa lebih stabil. Selain VSC, ada pula fitur keselamatan aktif lainnya, yakni Hill Start Assist (HSA).

3. Sudah CKD

Mobil Yaris baru yang saat ini dijual di Indonesia merupakan produk yang dibuat di dalam negeri atau Completely Knocked Down (CKD). PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai perusahaan yang membuat Yaris generasi terbaru ini bahkan juga mengapalkan hatchback satu ini untuk permintaan ekspor.

Identik Sebagai Mobil Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 02

4. Lebih murah dari Honda Jazz

Sebagai kompetitor terkuatnya, Yaris baru punya keunggulan dari sisi harga. Mobil Yaris TRD Sportivo CVT sebagai tipe termahal dibanderol Rp 291.450.000. Sedangkan Jazz RS CVT sebagai yang termahal mencapai Rp 292.500.000.

5. Ada layar TFT

Sebuah fitur yang sebenarnya tak menonjol ini berada di bagian panel indikator. Layar kecil TFT ini dapat menampilkan berbagai informasi kondisi mobil. Dengan demikian pengemudi bisa mengetahui kondisi mobilnya dengan lebih jelas. Bahkan menu pada layar ini bisa diatur pada tombol yang berada di setir.

Kekurangan

1. Tenaga mesin kecil

Walau menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc bahkan dengan teknologi VVT-I, namun tenaga maksimum mobil Yaris New hanya sebesar 107 dk pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya sebesar 142 Nm. Tentu angka tersebut jauh lebih kecil dibanding Honda Jazz.

2. Bagasi belum rata lantai

Tak seperti Honda Jazz, bagasi pada mobil Yaris baru memang tak begitu besar. Bahkan bangku belakang tidak bisa terlipat hingga jadi rata lantai. Namun memang pada mobil ini daya angkut barang bukan yang dikedepankan baik oleh Toyota maupun penggunanya.

3. Hanya tilt steering

Untuk menyesuaikan posisi mengemudi, selain mengatur bangku tentu posisi setir juga penting. Sayangnya setir pada mobil Yaris baru ini hanya bisa disetel secara naik-turun alias tilt saja. Penyetelan maju-mundur alias teleskopik belum bisa dilakukan.

4. Lampu depan masih bohlam

Jika Anda memilih mobil Yaris tipe E maupun G maka harus siap mendapati konsekuensi di sektor penerangan. Pasalnya lampu depannya masih menggunakan jenis bohlam.

5. Belum dilengkapi kamera mundur

Meski pada mobil Yaris TRD Sportivo yang merupakan varian termahal sudah memiliki sensor parkir, namun ternyata belum dilengkapi kamera mundur.

Kesimpulan

Dengan desainnya yang keren dan sporty, tentu ia akan mudah membuat konsumen kalangan anak mudah jatuh cinta. Mesin yang tak lebih kencang dari Jazz juga sebenarnya bukan masalah berarti.

Dan yang pasti jika Anda tertarik dengan harga Yaris baru yang cukup kompetitif ini tentu tak akan memikirkan daya angkut barang-barang. Karena mobil Toyota Yaris terbaru ini lebih cocok untuk mendapatkan keasyikan berkendara ketimbang daya angkut barang maupun penumpang.

Identik Sebagai Mobil Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 03

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil