window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Imbas Pandemi, Bus Legendaris PO Mandala Pamit Dari Jalur AKAP Bandung-Surabaya

Ilham · 4 Okt, 2022 16:30

Imbas Pandemi, Bus Legendaris PO Mandala Pamit Dari Jalur AKAP Bandung-Surabaya 01

  • PO Mandala dikenal sejak tahun 90-an.
  • Melayani rute Bandung-Surabaya via jalur selatan.
  • Pandemi corona jadi salah satu pemicunya.

Sepinya penumpang bus akibat pandemi corona ditambah dengan kenaikan harga BBM membuat perusahaan otobus (PO) mengalami kesulitan operasional. Kabar terbarunya, di awal bulan Oktober 2022 ini, PO Mandala yang menutup trayeknya.

Penutupan operasional bus legendaris ini diumumkan melalui akun Facebook resminya. Dalam pengumumannya, PO Mandala yang merupakan bagian dari PT Indotransport Abdimas (PO Handoyo) dinyatakan tutup per tanggal 5 Oktober ini.

"Dengan berat hati kami sampaikan ini dan kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan semua yang telah setia menjadi pelanggan kami. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Imbas Pandemi, Bus Legendaris PO Mandala Pamit Dari Jalur AKAP Bandung-Surabaya 01

Bus PO Mandala sempat diremajakan / Foto: FB PO Mandala

Atas nama kru yang bertugas dan tim di lapangan dari Surabaya sampai Bandung, kami meminta maaf apabila ada pelayanan kami yang kurang memuaskan atau pernah mengecewakan.

Kami pamit dari jalur selatan. Terima kasih atas dukungannya, terima kasih atas dukungan dan kecintaan pada bus Mandala," tulis pengumuman tersebut.

Baca Juga: Toyota Alphard Wajib Hormat, Rivalnya Ini Jauh Lebih Laris

Alasan Penutupan PO Mandala

Dalam pernyataannya, pihak PO Mandala melalui Daniel Handoyo selaku pemilik PT Indostransport Abdimas menyebutkan jika bus AKAP tersebut sudah sejak awal pandemi ingin dinonaktifkan. 

Imbas Pandemi, Bus Legendaris PO Mandala Pamit Dari Jalur AKAP Bandung-Surabaya 02

Alasannya selain pandemi, juga dikarenakan bus-bus PO Mandala banyak yang belum berizin. Selain itu, ada juga beberapa alasan lainnya yang menjadi persoalan internal di sana.

Baca Juga: 7 Alasan Isuzu Panther Jadi Mobil Diesel yang Tak Disukai Anak Muda, Padahal Harganya Murah (Part 1)

Perjalanan Terakhir

Dengan berakhirnya operasional AKAP dari PO Mandala pda 5 Oktober, tetapi perjalanan bus ini baru berakhir pada pekan ini. Di mana perjalanan terakhir dari Surabaya dilakukan pada 3 Oktober. Lalu kembali ke Surabaya pada 4 Oktober.

Sekilas PO Mandala

PO Mandala sendiri sudah dikenal oleh penggemar bus sejak tahun 90-an. Sejak lama memang melayani penumpang dari kota-kota di wilayah selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti Bandung, Tasikmalaya, Banjar Patroman lalu Purwokerto menuju ke kota di Jawa Timur, seperti Jombang, Ngawi hingga Surabaya.

Imbas Pandemi, Bus Legendaris PO Mandala Pamit Dari Jalur AKAP Bandung-Surabaya 03

Legenda jalur selatan sejak 90-an

Di akhir-akhir masa baktinya, bus ini melayani rute Bandung-Surabaya via Tasikmalaya, atau jalur selatan Jawa. Rute tersebut belum dilayani tol Trans Jawa seperti jalur utara. 

Secara persaingan, trayek Bandung-Surabaya diisi oleh PO Sugeng Rahayu, PO Eka dan PO Budiman. Rata-rata lewat jalur utara. Namun rute via Tasikmalaya terbilang minim pesaing. Sayangnya, okupansi penumpang pun terbilang turun saat pandemi lalu. Sehingga hal itu jadi salah satu alasan ditutupnya PO Mandala.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil