Imbas Recall Daihatsu dan Toyota, Apakah Kita Masih Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak?

Enda · 21 Mar, 2021 07:00

Imbas Recall Daihatsu dan Toyota, Apakah Kita Masih Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak? 01

Daihatsu Xenia (Produksi Oktober 2017 sampai dengan Juni 2019) terkena recall penggantian impeller fuel pump

Baru-baru ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penarikan kembali terhadap tiga produknya yakni Xenia (Produksi Oktober 2017 sampai dengan Juni 2019), Terios (Produksi 2017 sampai dengan Juni 2019), dan Sirion (Produksi Januari 2018 sampai dengan September 2019). Diketahui bahwa impeller pada fuel pump menjadi penyebab utama dalam kasus ini.Untuk kasus tertentu selain yang terjadi pada ketiga model tersebut, kita masih bisa memperbaiki fuel pump mobil yang rusak. 

Dalam keterangan resminya, Bambang Supriadi, selaku Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bahwa terdapat konsumen yang mengeluhkan mobilnya secara tiba-tiba mengalami gagal fungsi.

"Kasus ini sempat dikeluhkan oleh konsumen pada Semester 1 2019. Antara bulan Januari sampai dengan Juni ditemukan sejumlah 24 pelanggan mengeluhkan mesinnya mati atau tersendat. Dari hasil investigasi, mati atau tersendat itu disebabkan oleh impeller fuel pump yang mengembang melebihi standar toleransi," jelasnya.

Tentunya kasus kerusakan pada impeller fuel pump yang menyerang Daihatsu Xenia, Terios dan Sirion ini akan sedikit menyulitkan pemiliki ketika tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Apabila masalahnya hanya seputar kelistrikan dari fuel pump, masih bisa diperbaiki sendiri atau oleh bengkel langganan. Untuk itu, kalian tidak perlu khawatir. Kami mempunyai tips memperbaiki fuel pump mobil yang rusak. 

Baca juga: Peraturan Recall di Indonesia

Memperbaiki Fuel Pump Mobil yang Rusak

Imbas Recall Daihatsu dan Toyota, Apakah Kita Masih Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak? 01

Fuel pump

Untuk memperbaiki fuel pump mobil yang rusak, terdiri dari beberapa langkah. Mulai dari bagian relay, wiring harness, hingga tahanan fuel pump. 

1. Periksa Relay Fuel Pump

Imbas Recall Daihatsu dan Toyota, Apakah Kita Masih Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak? 02

Relay fuel pump

Relay fuel pump merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektronik untuk mengalirkan arus listrik agar pompa bahan bakar dapat bekerja. Cara memperbaiki fuel pump mobil dimulai dari bagian ini. Caranya, lepas relay dari soketnya kemudian cek tahanan terminal 3 dan 5.

Baca juga: Avanza 2021 Tidak Terkena Recall dan Berikut Harga PPnBMnya

Idealnya, hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. Lanjut cek tahanan terminal 3 dan 5 dengan penambahan satu daya pada terminal 1 dan 2. Hasil standar yaitu di bawah 1 Ohm. 

2. Pengecekan Wiring Harness Fuel Pump

Imbas Recall Daihatsu dan Toyota, Apakah Kita Masih Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak? 03

Wiring harness fuel pump

Fuel pump memiliki rangkaian kelistrikan dengan wiring diagram tertentu. Bagian ini wajib dicek dalam rangkaian cara memperbaiki fuel pump mobil karena bisa saja mengalami korsleting listrik. Alur pengecekan adalah sebagai berikut: 

  • Pemeriksaan hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P. Hasil standar di bawah 1Ω.
  • Pengecekan hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi. Hasil standar 10 kΩ atau lebih.
  • Pemeriksaan sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil standar di bawah 1 Ω.
  • Pengecekan relasi terminal 3 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar sebesar 10 Ω atau lebih.
  • Pemeriksaan hubungan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar di bawah 1 Ohm.

Baca juga: Hal Menakutkan Tentang Mobil Listrik

3. Pemeriksaan Tahanan Fuel Pump

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang terakhir adalah pemeriksaan tahanannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kinerja motor pompa. Kalau tahanan terlalu besar, maka motor pompa akan berputar lambat dan menyebabkan berbagai masalah. Contohnya, keterlambatan suplai bahan bakar dan tekanan bensin berkurang. 

Pemeriksaan dilakukan dengan melepaskan terminal fuel pump, lalu mengukur tahanan terminal 3 dan 4. Hasil standar adalah 0,2-0,3 Ohm pada temperatur 20 derajat Celcius. Apabila terdapat perbedaan, maka diperlukan penggantian motor pompa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Grand Xenia 1.3 X MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru