Inden Suzuki Jimny Hingga 5 Tahun, Varian 5 Pintu Justru Akan Hadir Bulan Juli 2022

Dhoni · 13 Jan 2021 08:57

Di tengah masih besarnya animo pembelian Suzuki Jimny 3 pintu yang harus indent selama lima tahun di Indonesia, justru kabar gembira datang dari kabar bahwa Suzuki Jimny 5 pintu direncanakan akan hadir pada bulan Juli 2022 mendatang. Produksi Suzuki Jimny 5 pintu ini pun akan dilakukan di India, seperti halnya model Suzuki Jimny 3 pintu beberapa waktu belakangan ini.

Suzuki Jimny 5 pintu segera hadir tahun 2022

Di India, mobil SUV ikonik ini menggunakan nama Maruti Suzuki Jimny. Dengan permintaan global yang tinggi, saat ini Suzuki di Jepang meningkatkan kapasitas produksi Suzuki Jimny dengan merakitnya di pabrik Maruti Suzuki di India. Sehingga untuk memenuhi permintaan pasar global, pihak Suzuki mengekspor Jimny 3 pintu ini dari India ke beberapa pasar di dunia.

Yang menarik, India justru tidak kebagian Suzuki Jimny versi 3 pintu, namun konsumen India akan mendapatkan Maruti Suzuki Jimny 5 pintu. Sebuah laporan terbaru yang dilansir oleh laman rushlane, Jimny 5 pintu dengan kode nama YWD ini telah mendapatkan persetujuan soal desainnya. Bahkan permintan suku cadang kendaraan juga telah dikirimkan pada bulan ini kepada para pemasok komponen. Dengan seluruh persiapan yang dilakukan, pihak Suzuki diperkirakan akan meluncurkan Maruti Suzuki Jimny ini pada bulan Juli 2022.

Suzuki Jimny 3 pintu akan ditemani versi 5 pintu

Disain Suzuki Jimny 5 pintu

Secara disain untuk Maruti Suzuki Jimny 5 pintu, tentu saja masih menggunakan model Suzuki Jimny 3 pintu. Istilahnya sama persis, namun berbeda dimensinya. Jika pada model Suzuki Jimny 3 pintu memiliki panjang 3.550 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.730 mm dengan jarak sumbu roda 2.250 mm. Sementara pada Suzuki Jimny 5 pintu ukurannya diperkirakan panjang bodi mencapai 3.995mm (kemungkinan besar panjangnya berada di bawah 4 meter), agar dapat memenuhi regulasi pajak yang berlaku di India.

Sementara disain Suzuki Jimny 5 pintu dipastikan mengikuti model Suzuki Jimny 3 pitu seperti penggunaan lampu depan berbentuk bulat dengan foglamp melingkar. Gril depan dengan lima bilah memanjang, lampu belakang yang terpasang rapi pada bumper. Untuk velg, Suzuki Jimny 5 pintu juga mungkin akan menggunakan diameter berukuran 16 inci.

Perfoma Suzuki Jimny 5 pintu

Untuk mesin yang akan diusung oleh Maruti Suzuki Jimny 5 pintu, diperkirakan menggunakan mesin bensin K-Series 1.5 liter, 4 silinder yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 102 Ps dengan torsi maksimal 138 Nm. Model mesin ini sama dengan yang telah digunakan pada mobil Suzuki Vitara Brezza, Suzuki S-Coss.

Transmisi Maruti Suzuki Jimny 5 pintu akan menggunakan model transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan.

Pilihan 4WD sebagai sistem penggerak roda telah tersedia sebagai standar mode pada Suzuki Jimny 5 pintu.

Ada rumor yang mengatakan nama Maruti Suzuki Jimny model 5 pintu akan mengusung nama Maruti Gypsy untuk varian yang dijual di India. Nama dari mobil 4x4  yang tersedia di India dengan berplatform Suzuki Jimny SJ410 telah dihentikan produksi massal sejak 2018 lalu, tetapi mobil ini kurang digemari karena unsur keselamatannya. Namun mobil bekasnya sangat dicari oleh sebagian penggemar offroad.

 

Komentar

Mobil Terbaru