Indonesia Stop Jualan Karimun, Suzuki Wagon R 2022 Malah Bersiap Muncul di Jepang

Prasetyo · 24 Nov, 2021 08:32

Indonesia Stop Jualan Karimun, Suzuki Wagon R 2022 Malah Bersiap Muncul di Jepang 01

Suzuki Karimun Wagon R belum lama ini diumumkan oleh Suzuki Indonesia jika penjualannya dihentikan. Meskipun produksi masih tetap dilakukan, namun itu hanya untuk ekspor ke berbagai negara lain seperti Pakistan.

Ironisnya, Suzuki Wagon R 2022 malah bersiap muncul di Jepang. Dilansir media lokal BestCarWeb, generasi terbaru Wagon R ini akan melakukan debutnya pada Desember 2021. Tentunya akan banyak perubahan dan perbaikan di beberapa lini kendaraan tersebut.

Suzuki Wagon R JDM Beda dengan Negara Lain

Suzuki Wagon R 2022

Render Suzuki Wagon R 2022

Meskipun terkesan bertolak belakang, namun perlu diketahui kalau Suzuki Wagon R 2022 yang akan dirilis akhir tahun ini merupakan versi Japanese Domestic Market (JDM). Adapun model Wagon R JDM jauh berbeda dengan unit Wagon R lain yang dijual di seluruh dunia.

Dan pada generasi barunya ini, Suzuki membentuk Wagon R jadi lebih membulat tidak lagi serba kotak. Lampu depannya baru dengan ukuran lebih besar. Gril depannya juga baru, mengikuti tren gril model Suzuki terkini.

Suzuki Wagon R

Interior Suzuki Wagon R generasi sebelumnya

Bentuk bemper depan juga mengalami revisi termasuk pada bagian air dam. Lantas lengkung fender juga alami perubahan dengan model lebih persegi. Hal yang baru lainnya juga akan terjadi pada desain velg, serta model lampu belakang dan bemper belakang.

Baca juga : Suzuki Wagon R Smile 2022 Pakai Pintu Geser dan Penggerak AWD, Masuk Indonesia Juga?

Suzuki Wagon R Pakai Teknologi Hybrid dan Transmisi CVT

Suzuki Wagon R 2022

Pakai teknologi di Ertiga Hybrid

Urusan mesin, Wagon R terbaru kabarnya akan mendapatkan mesin 3 silinder R06D. Ada prediksi mesin tersebut juga dikombinasikan sistem hybrid ringan SHVS seperti yang dipakai pada Suzuki Ertiga hybrid.

Yang menarik lainnya adalah, Wagon R akan datang dalam dua pilihan transmisi. Pertama yang menggunakan gearbox manual 5 percepatan, dan ada pula varian bertransmisi CVT.

Suzuki Swift dan Swift Sport Generasi Terbaru Juga Disiapkan

Suzuki Swift 2022

Suzuki Swift Sport 2022

Selain Wagon R, Suzuki juga dilaporkan sedang mempersiapkan generasi terbaru Suzuki Swift. Namun model ini akan dirilis sekitar Juli 2022 setelah kehadiran Suzuki Alto 2022 dan Vitara Brezza 2022 di awal tahun depan.

Suzuki Swift diklaim akan memiliki banyak perubahan yang berfokus pada peningkatan kenikmatan berkendara. Platformnya tetap pakai HEARTECT namun menggunakan material yang lebih ringan. Bobot keseluruhan mobil juga akan dibuat lebih ringan. Serta sistem suspensinya juga lebih rigid dari sebelumnya.

Menyusul All New Swift, Suzuki Swift Sport 2022 juga bakal dirilis. Namun kehadiran hatchback sporty ini sepertinya akan terjadi di akhir tahun depan atau awal 2023.

Baca juga : Suzuki S-Presso Vs Suzuki Karimun Wagon R, Spesifikasi Unggul Mana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru