window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ingat! Asuransi Tak Mau Terima Klaim Mobil Rusak Akibat Banjir Jika Anda Lakukan Ini!

Alex · 1 Mar, 2021 19:00

Ingat! Asuransi Tak Mau Terima Klaim Mobil Rusak Akibat Banjir Jika Anda Lakukan Ini! 01

Banjir merupakan kata-kata yang cukup akrab di telinga kita beberapa waktu belakangan ini. Mulai dari yang dangkal sampai kedalaman genangan banjir menyentuh 2 meter sempat melanda beberapa wilayah di Indonesia dan mengakibatkan tak sedikit mobil terendam.

Salah satu langkah agar tak terlalu merugi akibat banjir adalah dengan memiliki asuransi mobil. Untuk itu pemilik mobil bisa memilih asuransi yang salah satu tawarannya adalah perlindungan dari musibah banjir.

Tapi ternyata ada hal yang perlu Anda ketahui dari "aturan main" asuransi tersebut. Sebab walau selalu rajin membayar premi, bahkan tak pernah klaim tapi ada yang bisa membuat Anda tak bisa ditolong saat mobil rusak akibat banjir.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kondisi yang tak dapat ditolong oleh asuransi adalah mobil yang rusak mesinnya akibat dengan sengaja menerjang banjir atau menyalakan mesin dan memindahkan posisi mobil yang telah terendam banjir. 

Ingat! Asuransi Tak Mau Terima Klaim Mobil Rusak Akibat Banjir Jika Anda Lakukan Ini! 01

Hal ini telah diingatkan oleh Asuransi Astra dalam siaran persnya baru-baru ini. Disebutkan bahwa apabila Anda tidak memiliki pilihan lain untuk menerobos banjir, ada risiko yang bisa didapat, yakni mobil yang mengalami kerusakan karena menerobos banjir klaimnya tidak diterima.

Keadaan ini memang merujuk pada penjelasan di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 3 ayat 4 yang mengatakan bahwa asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan dan biaya atas kendaraan bermotor tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:

4.4 Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.

Merujuk dari pasal tersebut, sebaiknya Anda senantiasa berhati-hati dan selalu waspada dalam keadaan hujan atau banjir. Jangan paksa mobil kesayangan yang meskipun sudah diasuransikan untuk melewati genangan atau banjir. Selalu utamakan keselamatan diri ketika berkendara.

L Iwan Pranoto, SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra menjelaskan supaya pelanggan harus selalu berhati-hati dalam berkendara. “Keselamatan dan keamanan pelanggan adalah konsentrasi utama kami, jangan sampai pelanggan ada yang nekat melewati jalanan banjir dan mengalami kecelakaan,” jelas Iwan.

Apabila melihat genangan atau banjir sebaiknya putar balik jika memungkinkan dan cari alternatif jalan lain. Apabila harus melewati jalan dengan ketinggian genangan di atas roda mobil, sebaiknya tunggu genangan surut. 

Ingat! Asuransi Tak Mau Terima Klaim Mobil Rusak Akibat Banjir Jika Anda Lakukan Ini! 02

Jangan memaksa mobil untuk melewati genangan air, risiko keselamatan Anda menjadi taruhan terbesarnya. Jalanan rusak, jalanan lebih rendah, atau adanya selokan yang tidak terlihat akibat tertutup banjir dapat mengakibatkan mobil terperosok semakin dalam.

Dan yang terpenting harus diingat, model SUV sekalipun, mobil adalah kendaraan yang dibuat untuk berjalan di atas daratan bukan air.   
 

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil