Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi!

Adit · 2 Sep, 2021 14:00

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 01

Wuling Almaz RS menawarkan ragam fitur canggih. Pabrikan berdarah China itu memberinya nama Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE, untuk memaksimalkan kerja teknologi Advance Driving Assistance System (ADAS). 

ADAS pada mobil tersebut berfungsi layaknya asisten mengemudi, bisa membantu memudahkan kendali secara mandiri dalam rangka meningkatkan keamanan dan keselamatan seluruh penumpang beserta pengemudinya.

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 02

Wuling Almaz RS memiliki fitur ADAS yang membantu pengemudinya.

Baca Juga: Beda Rp4,5 Juta, Ketahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sistem kerja ADAS milik Wuling Almaz RS

Sistem kerjanya memanfaatkan sensor dan kamera untuk mendeteksi kendaraan atau objek di sekitar. Bisa juga mengenali kesalahan pengemudi ketika menyetir, lalu sistem ADAS Wuling Almaz RS akan meresponsnya agar kendali terjaga. 

Hal ini berangkat dari mayoritas kecelakaan yang terjadi di jalan merupakan kesalahan manusia. Kemudian ADAS dikembangkan untuk mengotomatisasi, mengadaptasi, serta meningkatkan teknologi kendaraan demi keselamatan dan aspek berkendara yang lebih baik. 

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 01

Fitur ADAS Wuling Almaz RS bertindak layaknya asisten mengemudi. 

Makanya banyak fitur yang kerjanya secara otomatis bisa menginterupsi kendali mobil seperti Intelligent Cruise Assistance, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, Lane Departure Warning, Collision Mitigation System, Lane Keeping Assistance, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan asisten mengemudi pada Wuling Almaz RS.

Namun sayangnya banyak pengemudi yang justru kurang menangkap substansi fitur keselamatan tersebut. Beberapa penggunanya kerap memperlihatkan 'kehebatan' SUV monokok itu bisa jalan sendiri, setir mampu bergerak secara otomatis, demikian akselerasinya yang dikontrol oleh sistem. 

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 02

Tangkapan layar (instagram.com/indra_fathan/) pengemudi Wuling Almaz RS tengah menjajal fitur ADAS.

Seperti baru-baru ini ramai di media sosial, salah satu penggunanya menunjukkan Wuling Almaz RS melaju secara otomatis tanpa tangan pengemudinya memegang setir. Bahkan beberapa footage memperlihatkan sambil menyuap makanan. 

Product Planning PT SGMW Motors Danang Wiratmoko pernah menjelaskan sebaiknya para pengemudi tetap menaruh kendali penuh. Meskipun bisa bekerja otomatis, sistem ADAS pada varian baru tersebut tidak sepenuhnya mandiri. 

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 03

Interior Wuling Almaz RS yang mewah dan elegan.

"Fitur WISE dan ADAS pada Wuling Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan berkendara dengan aman. Setiap pengguna Almaz RS hendaknya memahami prosedur pengoperasian dan batasan-batasan fitur sebelum berkendara," katanya. 

Ragam fitur keselamatan tadi bukan berarti bisa membuat pengemudinya lepas tangan hingga membiarkan kendalinya dipegang oleh sistem. Tambah Danang, produknya itu masuk ke dalam kendaraan otonom level 2, karena memiliki minimal 2 fitur yang kerjanya mandiri.

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 04

Wuling Almaz RS punya beberapa ubahan dibanding tipe reguler.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Bodoh yang Sering Terjadi Saat Berkendara, Pernah Melakukannya?

Kendali Pengemudi Tetap Jadi Prioritas

Lebih lanjut mengacu konsensus Society of Automotive Engineers (SAE) International, maupun National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pengemudi kendaraan otonom level 2 seperti Wuling Almaz RS harus tetap memegang kendali. Artinya atensi dan kontrol pengemudi tetap dibutuhkan. 

Pengemudi harus serta merta memperhatikan kerja fitur, selalu memegang setir, melakukan pengereman dan akselerasi sendiri untuk meningkatkan keselamatan. Sebab kerja fitur tadi memberikan dukungan kepada pengemudi. Makanya salah satu fitur bisa mempertahankan posisi mobil tetap dalam lajur. 

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 05

Penjelasan level kendaraan otonom oleh SAE International.

Dalam dokumen 'Human Factors Evaluation of Level 2 and Level 3 Automated Driving Concepts' dari NHTSA yang terbit 2015 lalu juga menjelaskan, pengemudi kendaraan otonom level 2 (seperti Wuling Almaz RS) harus bertanggung jawab mencermati lingkungan dan menerapkan upaya keselamatan, dengan mengontrol kendali. 

"Secanggih-canggihnya fitur tersebut, kendaraan tersebut bukan full otonom, fungsi pengemudi tak bisa digantikan perannya," imbuh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 06

Ilustrasi mobil otonom bekerja secara mandiri.

Bahkan ditambahkan pula, sistem (kendali otomatis misalnya fitur ADAS di Wuling Almaz RS) dapat melepaskan kontrol tanpa peringatan terlebih dahulu. Ini artinya setiap pengemudi harus siap untuk mengendalikan kendaraan dengan aman setiap saat.

Makanya Danang menyerukan bahwa penggunaan fitur asisten mengemudi harus digunakan bijak. Jangan sampai terlena lewat kemudahan dan kecanggihannya. Khawatir perilaku lepas kendali tadi bisa menjadi preseden yang kurang baik di kemudian hari. 

Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi! 07

Meskipun ada ADAS, pengemudi Wuling Almaz RS juga harus mengontrol penuh kendali mobilnya.

"Secara singkat Wuling Almaz RS bukan mobil otonom spenuhnya. Fitur ADAS merupakan support peran pengemudi, jadi sama sekali tidak menggantikan pengemudi, bebannya dibantu dengan adanya sistem," lanjut Danang. 

Baca Juga: Penjualan Wuling Almaz RS Kian Moncer, Fansnya Makin Banyak

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru