window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam!

Prasetyo · 26 Feb, 2023 08:18

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam! 01

Belakangan ini mungkin kita sering melihat mobil yang alami kecelakaan di jalan tol akibat menyalip dari bahu jalan. Sayangnya kejadian ini terus terulang, dan mungkin Anda pernah melihat sendiri oknum yang melakukan tindakan tersebut.

Sebaiknya mulai saat ini, jangan pernah ikuti aksi berbahaya tersebut. Karena jika dilakukan, maka selain bisa mengancam keselamatan Anda dan pengguna jalan lain, menggunakan bahu jalan tol juga jenis pelanggaran lalu lintas.

Baca juga: Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pahami Fungsi Bahu Jalan Tol

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam! 01

Hanya untuk benhenti dalam keadaan darurat

Kalau belum mengerti tentang bahu jalan, ini merupakan area jalan yang berada di sisi paling kiri bidang jalan. Sebelah kirinya langsung bersinggungan dengan rumija (ruang milik jalan). Seperti tanah kosong, rerumputan, atau pagar pembatas.

Area rumia itulah yang bisa diisi oleh kendaraan yang mengalami kondisi darurat untuk berhenti. Definisi kendaraan berhenti darurat adalah mereka yang berhenti sebentar karena keadaan yang disebabkan faktor diluar keinginan pengemudinya. Antara lain mobil mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, atau gangguan fisik pengemudi. Begitu gangguan atau masalah teratasi, pengendara tersebut juga harus segera menjalankan mobilnya.

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam! 02

Bahu jalan adalah area paling kiri dari lajur jalan

Sementara menurut Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, fungsi bahu jalan sebagai berikut:

  • Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat
  • Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat
  • Tidak digunakan untuk menarik/menderek/ mendorong kendaraan
  • Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan.
  • Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Baca juga: Jangan Tunggu Mogok, Ini Tanda Busi Mobil Mau Mati

Pelanggaran Menggunakan Bahu Jalan Tol

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam! 03

Gunakan bahu jalan masuk pelanggaran lalu lintas dan dikenakan tilang

Karena punya fungsi khusus, penggunaan bahu jalan tol dilarang untuk kendaraan yang tidak mengalami kondisi darurat. Pelanggar bahu jalan akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 287 ayat 1. 

Adapun peraturan tersebut tetulis: "Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000."

Baca juga: 7 Bahaya di Jalan Tol yang Selalu Mengintai Pengemudi, Jangan Keenakan Ngegas

Ada Risiko Tergelincir

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam! 04

Viara pengemudi menyalip truk dari bahu jalan kemudian tergelincir dan terguling

Bahu jalan tidak diperuntukan buat menyalip lantaran ada bahaya yang bsia mengancam pengguna kendaraan. Apalagi jika melintas dalam kecepatan tinggi.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 menjelaskan, bahu jalan memiliki lajur yang lebih sempit dan umumnya lebih rendah dari lajur utama jalan tol. Bahu jalan juga banyak kerikil dan debu karena jarang dilewati.

Ingat, Nyalip dari Bahu Jalan Tol Bisa Pidana Penjara 2 Bulan, Nyawa Pun Terancam! 05

Ingat, bahu jalan cuma buat kendaraan berhenti darurat!

"Sangat riskan jika memaksakan mobil melaju kencang di bahu jalan. Risiko ban selip akibat kehilangan grip yang memicu kecelakaan sangat mungkin terjadi," kata dia melalui keterangan tertulisnya.

Ia juga menjelaskan karena perbedaan kontur jalan ditambah jalan basah akibat hujan, ketika pindah dari jalur utama ke bahu jalan dan sebaliknya, membuat mobil sulit dikendalikan.

"Patut dicatat, bahu jalan tol hanya untuk kondisi darurat dan tidak untuk mendahului kendaraan lain apapun alasannya. Hal ini juga untuk menghindari resiko pengemudi kehilangan kendali sehingga mobil tergelincir dan memicu kecelakaan," tukas Nur.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil