Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran

Yongki Sanjaya · 14 Apr, 2021 17:00

Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran 01

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2021 akhirnya digelar secara offline dengan protokol kesehatan ketat. Dalam pameran ini menampilkan 10 merek mobil dan produk aftermarket. Dalam pameran otomotif IIMS, merupakan kesempatan terbaik untuk kalian berburu mobil baru.

Tim sales biasanya akan memberikan diskon menarik selama pameran. Nah, disinilah iman kalian diuji. Jangan sampai mobil yang kalian beli ternyata berbeda jauh jenisnya dari mobil yang sudah lama kalian incar.

IIMS Hybrid 2021 Online dan Offline Digelar Awal Puasa Selama 11 Hari, Catat Tanggalnya!

Walaupun mudik dilarang, namun mobil baru bisa juga kalian gunakan untuk silaturahmi ke keluarga yang masih tinggal di satu kota. Ajang 'pamer' mobil baru pun sering terjadi saat Lebaran Idul Fitri tiba. Untuk itu, kami berikan trik supaya mobil yang dibeli tidak jauh meleset dari rencana awal.

Kuatkan Kemauan di Mobil Baru Incaran

Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran 02

Jika kalian sudah memiliki mobil incaran dan menetapkan pilihan, ada baiknya bekali diri dengan informasi dasar seperti spesifikasi dan fitur yang terdapat di dalam mobil. Kalian bisa mencari tahu informasinya dari review di Youtube ataupun bertanya kepada teman yang lebih mengerti soal mobil. 

Saat datang ke pameran, tak ada salahnya berkeliling booth setiap brand untuk mencari informasi alternatif mobil lainnya. Namun kuatkan hati jangan sampai niat membeli mobil incaran teralihkan ke mobil lain karena iming-iming diskon, uang muka murah, cicilan ringan. Sales kadang merayu juga dengan prioritas mendapat unit lebih cepat.

Kalaupun kamu sampai terbuai rayuan sales, setidaknya pilihan mobil baru yang dibeli saat IIMS 2021 ini jenisnya atau kisaran harganya masih sama. Ini supaya kita tidak sampai kecewa karena over budget dan mobil tidak bisa digunakan secara maksimal sesuai kebutuhan. 

Sesuaikan Kebutuhan Saat Beli Mobil Baru di IIMS 2021

Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran 03

Sebelum datang ke pameran otomotif, sepatutnya Anda telah memiliki incaran yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam membeli mobil. Misalnya untuk kebutuhan harian keluarga kecil bisa pilih city car atau crossover 5-seater. 

Dalam menentukan mobil incaran ini, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai, kamu membeli mobil dengan spesifikasi dan fitur yang tidak sesuai dengan kebutuhan walaupun desain dan harganya cocok. Misalnya ingin beli crossover jangan sampai terlena jadi beli sedan yang sulit lewati gravel atau jalanan rusak dengan baik.

Rencana atau Model Alternatif

Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran 04


Apabila sampai tergoda dengan mobil lain, anggaplah ini sebagai rencana B alias model alternatif. Untuk itu pastikan di arena pameran otomotif tersebut APM menyediakan test drive supaya kita bisa membandingkan keunggulan mobil incaran kita dan alternatif yang ada.

Sama seperti membeli barang lainnya, membeli mobil juga butuh persiapan dan pertimbangan agar nantinya tidak membuat hati kecewa. Dengan melakukan test drive, kalian bisa mengetahui kelemahan dan aspek kenyamanan saat mengemudikannya.

Jadi tak ada salahnya Anda melakukan test drive. Bila sudah yakin dan mantap, barulah kamu membuat SPK pembelian mobil ke sales.

Pikirkan Cicilan dan Skema Pembayaran 

Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran 05

Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah budget untuk membeli mobil. Jangan sampai Anda membeli mobil yang harganya di luar kemampuan yang dimiliki.

Untuk pembayaran kredit, sebaiknya dianjurkan bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai cicilan dan besar bunga keseluruhan yang dibebankan. Kalau ada bunga yang lebih ringan, ngapain ambil yang tinggi?! 

Perhitungkan Harga Jual Kembali 

Ingin Beli Mobil Baru di IIMS 2021, Nih Tipsnya Supaya Tidak Hilang Incaran 06

Orang Indonesia umumnya memasukkan poin harga jual kembali di urutan awal. Namun kami sengaja menaruhnya di poin terakhir. Karena mobil adalah barang bergerak yang akan terdepresiasi atau nilainya terus turun. 

Namun, bukan berarti ini jadi tidak penting karena harga jual kembali cukup membantu saat kamu butuh jual mobil saat kondisi mendesak. Harga jual kembali mobil juga perlu Anda perhitungkan saat akan membeli mobil baru. Usahakan membeli mobil yang harga jual kondisi bekasnya masih cukup tinggi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari.

 
 

Komentar