window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya

Yongki Sanjaya · 7 Feb, 2023 15:00

Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya 01

Wuling Almaz sukses menjadi pendatang baru yang langsung diterima masyarakat. Alasannya karena SUV besutan merek China ini menghadirkan fitur yang melimpah dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang SUV sejenis dari brand Jepang. Bila kalian punya Wuling Almaz pre Facelift tapi gengsi dengan merek China, bisa kok mengubah penampilannya jadi Chevrolet Captiva.

Almaz yang dibangun berbasis dari Baojun 530, juga hadir sebagai Captiva di beberapa Negara Amerika Latin yaitu Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Chile dan Uruguay. Sebelumnya, pihak Wuling Motors telah menegaskan bahwa kendaraan dengan platform Almaz tidak akan beredar dengan logo Chevrolet di pasar Indonesia. Artinya, Captiva memang tidak tersedia untuk market lokal dan hanya dipersiapkan untuk ekspor.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sama-sama Hybrid, Mending Toyota Innova Zenix TSS apa Wuling Almaz?

Beda Rp4,5 JutaKetahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

Beda Rp4,5 JutaKetahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

Mengapa demikian? Alasannya sederhana, karena Captiva untuk pasar Thailand ini diproduksi oleh PT SGMW Motors Indonesia selaku agen pemegang merek Wuling di Tanah Air. Sebagai informasi, SUV buatan Cikarang ini akan dikapalkan ke Thailand, Fiji, dan Brunei Darussalam hingga 2020 lalu.

Artinya, baik Captiva atau Almaz pre facelift ini memakai basis yang sama, hanya berbeda pada bagian grill dan emblem merek. Mengubah penampilan Almaz jadi Captiva pun tak terlalu sulit karena komponen substitusinya cukup banyak tersedia di marketplace. Emblem Wuling bisa kita rombak jadi emblem Chevrolet yang tersemat di pada gril depan, pintu belakang, dan setir.

Lantas, apa saja bagian dari Wuling Almaz yang bisa dirombak menjadi Chevrolet Captiva? Berikut ini hasil penelusuran dari kami.

1. Mengganti Grill dan Emblem Logo Wuling Almaz Pre Facelift dengan Milik Captiva

Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya 01

Hal terpenting bila ingin mengubah penampilan Wuling Almaz pre facelift supaya jadi Chevrolet Captiva ialah dengan mengganti grill assy milik Captiva CN202S. Gril depan Chevrolet Captiva terdiri dari tiga bilah sedangkan gril Wuling Almaz hanya dua bilah.

Adapun grill dengan logo Chevrolet ini telah tersedia kamera depan, bisa plug and play alias tinggal pasang di Wuling Almaz. Kisaran harga grill Chevrolet Captiva CN202S baru dan original ini dijual antara Rp850.000 sampai Rp950.000. Harga segitu belum termasuk ongkos kirim dan biaya pasang di bengkel langganan kalian. 

Dan jangan lupa, kalian juga perlu melepas emblem belakang berlogo Wuling milik Almaz dan menggantinya dengan emblem berlogo Chevrolet. Sebagai informasi, emblem Chevrolet untuk pintu belakang ini harus mencocokkan ukurannya dengan logo Wuling di Almaz. 

Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya 02

Selain itu, ada beberapa penyesuaian pen dudukan logo belakang Chevrolet. Pasalnya, logo lima berlian dari Wuling ini juga punya pen dudukan sendiri yang jumlahnya ada lima titik yang posisinya seperti huruf W. Untuk mensiasatinya, bisa memakai emblem KW yang tidak ada pen dudukannya, yang dijual hanya Rp38.600

Terakhir, pasang emblem tulisan 'CAPTIVA' di sisi kiri bawah pintu belakang. Adapun emblem ini dijual dengan kisaran harga Rp75.000 sampai Rp100.000 di marketplace seperti Tokopedia.

2. Mengganti Tombol Klakson dan speedometer di Almaz dengan Versi Captiva

Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya 03

Hal berikutnya yang perlu kita lakukan supaya 'paripurna' berevolusi menjadi brand Chevrolet ialah mengganti beberapa bagian di interior. Pertama ada panel airbag sekaligus tombol klakson di setir. Untuk panel klakson berlogo Chevrolet ini juga tersedia versi assy di marketplace dengan harga Rp1.000.000, belum termasuk ongkos kirim dan biaya pasang.

Hal selanjutnya yang juga perlu kita ubah yaitu panel instrumen speedometer. Sebenarnya, perbedaan antara Wuling dan Chevrolet di bagian ini hanyalah pada tampilan layar pembuka di MID. Speedometer bawaan Wuling waktu kunci kontak dinyalakan maka layar menampilkan logo Wuling, sedangkan pada speedometer milik Captiva menampilkan logo Chevrolet. Harga untuk panel speedometer assy milik Captiva CN202S ini di Tokopedia seharga Rp1.500.000, belum termasuk ongkos kirim dan biaya pemasangan. 

Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya 04

Untuk pemasangan bagian ini tentu tidak bisa sembarangan, harus dilakukan di bengkel spesialis yang memang terbiasa menangani brand Chevrolet dan Wuling. Untungnya, kini sebagian bengkel spesialis Chevrolet umumnya masih satu perusahaan dengan bengkel resmi Wuling.

Lantas, berapa biaya keseluruhan untuk komponen tersebut? Berikut ini rinciannya:

Komponen Harga
Grill Chevrolet Captiva CN202S Rp950.000
Emblem Pintu Belakang Chevrolet Rp38.600
Emblem 'CAPTIVA' Rp100.000
Panel Airbag dan Klakson assy Rp1.000.000
Panel Speedometer assy Rp1.500.000
Total

Rp3.588.600

Setidaknya, kalian perlu menyiapkan anggaran kira-kira Rp6jutaan untuk membli part termasuk biaya pemasangan komponen tersebut di Almaz milik kalian. Jelas, biaya mengubah penampilan dengan brand Amerika ini juga tak semurah yang dibayangkan.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil