window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini 3 Penyebab Wiper Mobil Tidak Bekerja Maksimal, Antisipasi Hujan Lebat Saat Mudik!

Enda · 27 Apr, 2022 08:30

Penyebab wiper mobil tidak bekerja maksimal

Salah satu bagian yang tak luput dari pemeriksaan sebelum melakukan perjalanan mudik adalah wiper. Sebagaimana fungsinya, wiper bertugas untuk menyapu air hujan yang jatuh pada kaca supaya visibilitas pengemudi tetap terjaga.

Wiper yang baik mampu menyeka tanpa menyisakan noda atau titik air pada kaca saat hujan datang. Namun tahukah kalian, tanpa disadari ada hal yang menyebabkan kinerja wiper tidak dapat bekerja secara maksimal. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Simak 3 hal yang menyebabkan wiper mobil tidak bisa menyapu air hujan secara maksimal.

Baca juga: Mudik Pakai Toyota Agya Maksa Angkut Motor, Bukan Cuma Viral Tapi Bisa Berujung Celaka!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Tekanan Wiper Melemah

Penyebab wiper mobil tidak bekerja maksimal

Tekanan wiper melemah

Supaya dapat menyapu air secara bersih, wiper membutuhkan tekanan ke kaca. Apabila tekanan wiper ke kaca mulai melemah, maka bisa mengakibatkan sapuan air menjadi kurang maksimal.

Bukan cuma tidak bisa menyapu air secara maksimal, tekanan wiper yang lemah tadi juga menimbulkan getaran saat wiper difungsikan serta bergetar ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Biasanya tekanan wiper tidak bisa menekan kaca secara optimal diakibatkan per pada tiang wiper yang mulai melemah.

2. Jamur Pada Kaca

Hal berikutnya yang menyebabkan wiper mobil tidak bisa bekerja secara maksimal yakni timbulnya jamur kaca. Saat wiper bekerja, air yang disapu masih tersisa dan menempel pada pori-pori jamur. Guna menghilangkan jamur yang menempel, kalian bisa memanfaatkan cairan khusus atau memoles kaca yang selanjutnya diberi cairan berupa proteksi.

Baca juga: 7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran

3. Karet Wiper yang Getas

Penyebab wiper mobil tidak bekerja maksimal

Karet wiper getas

Selain jamur kaca serta tekanan wiper yang melemah, faktor lainnya yang mengakibatkan wiper tidak bisa bekerja secara optimal ialah karet yang keras atau getas. Ada beberapa hal yang menyebabkan karet wiper menjadi keras, diantaranya pemakaian wiper yang cukup lama, serta mobil sering terjemur matahari langsung.

Untuk menghindari masalah tersebut, kalian diharuskan mengganti wiper setiap enam bulan sekali dengan bahan karet yang lebih lembut dan elastis agar kinerjanya tetap optimal.

Baca juga: Mana Lebih Aman, Melakukan Perjalanan Mudik di Siang Hari atau Malam Hari?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil