window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini 5 Hal Menarik Honda BR-V Gen-1, Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander Cross dan Toyota Rush

Enda · 17 Mei, 2022 17:30

Honda BR-V gen-1

Agar dapat menyaingi Rush-Terios di segmen Low SUV 7-seater, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek memperkenalkan sosok Honda BR-V lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Sebagai pendatang baru, saat itu juga BR-V menuai banyak decak kagum. Hal ini terjadi lantaran BR-V gen-1 bukan hanya terkesan tangguh, tapi juga memiliki nuansa prestisius sehingga sangat cocok digunakan berkendara di perkotaan, dan berpetualang bersama keluarga.

Cocok digunakan sebagai mobil keluarga yang gemar akan bepertualang, untuk harga bekasnya BR-V gen-1 kini ditawarkan mulai dari Rp130 jutaan. Punya harga bekas yang semakin terjangkau, ketahui 5 hal menarik Honda BR-V gen-1 berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Jadi LSUV Paling Mahal, Ternyata Banyak Hal Yang Tanggung di All-New Honda BR-V. Apa Saja?

1. Dimensi Honda BR-V Lebih Besar dari Rush-Terios

Honda BR-V gen-1

Dimensi Honda BR-V gen-1 lebih besar dari Rush-Terios generasi kedua

Bicara soal dimensi, di atas kertas BR-V gen-1 ini memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Bila dibandingkan dengan rival terdekatnya, yakni Rush-Terios, Low SUV berlogokan H tegak ini secara dimensi lebih besar.

Seperti yang diketahui Rush-Terios gen-2 sendiri mempunyai panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm.

Punya dimensi yang lebih besar, penumpang bisa merasa lebih nyaman selama berkendara serta dapat melakukan berbagai macam bentuk aktifitas didalamnya. Oh iya, pada BR-V gen-1 ini untuk leg room serta head room pada baris kedua dan ketiga juga terasa begitu lapang.

Untuk memberikan kepraktisan kepada penumpangnya, kursi baris ketiga mengadopsi model pelipatan jok 50:50 yang dapat memberikan ruang bagasi lebih luas.

2. Fitur Honda BR-V Mendapat Kualitas Jempolan

Honda BR-V gen-1

Fitur Honda BR-V gen-1 terbilang komplit

Bicara soal fitur, Honda BR-V gen-1 dilengkapi dengan one push ignition system yang mana penggunanya dapat lebih mudah menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Di sisi lain, kenyamanan di dalam kabin semakin lengkap dengan head unit baru 8” Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan berbagai format musik seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, Bluetooth, Smartphone Connection, Aux Input, dan USB Port.

Sebagai informasi, sistem hiburannya telah dibekali dengan konektivitas smart connectivity dengan web link yang mana dapat menghubungkan smartphone dengan head unit layar sentuhnya tersebut. Tak sampai disitu, guna memberikan kemudahan pengemudi dalam melakukan pengaturan sistem hiburannya, maka terdapat audio steering switch control yang diletakan di lingkar kemudi.

Perlu diketahui, pada kacanya generasi pertama BR-V telah dilengkapi fitur heat rejecting tinted glass yang mana berfungsi untuk menangkal sinar serta panas terik matahari yang masuk secara berlebihan ke dalam kabin. Untuk menambah kenyamanan selama berkendara, mobil juga telah dilengkapi driver seat height adjuster pada bangku pengemudi, serta center headrest dan jok yang lebih tebal di bangku baris kedua dan ketiga.

Baca juga: Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru?

3. Fitur Keselamatan Honda BR-V Gen-1 Terbilang Lengkap

Honda BR-V gen-1

Honda BR-V gen-1 juga dilengkapi dengan VSA dan HSA

Dari segi kelesamatan berkendara, Honda BR-V gen-1 berhasil dirancang dengan bangun struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Mengenai fitur keselamatan lainnya, LSUV andalan Honda ini juga dibekali sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA) untuk menjaga stabilitas kendaraan, dan Hill Start Assist (HSA) untuk memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan.

Untuk fitur keamananya, mobil ini telah didukung dengan keyless entry, immobilizer dan alarm system.

4. Tak Hanya Irit Bahan Bakar, Honda BR-V Punya Tenaga Paling Besar di Kelasnya

Honda BR-V gen-1

Mesin L15Z1 dengan tenaga terbesar di kelasnya

Dibandingkan dengan kompetitornya, Honda BR-V merupakan Low SUV dengan tenaga paling besar di kelasnya. Untuk jantung pacunya, mobil ini dibekali dengan mesin bensin L15Z1 1.496 cc DOHC 4-silinder segaris 16 Katup i-VTEC +DBW yang dapat memeras tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm, serta torsi maksimal sebesar 145 Nm @4.600 rpm.

Soal Konsumsi BBM-nya, penggunaan dalam kotanya dapat menempuh jarak hingga 11 km/liter. Beda halnya jika mobil diajak berpergian keluar kota melaju dengan kecepatan konstan, untuk bahan bakarnya BR-V gen-1 mampu mencatatkan angka bahan bakar di 16,5 km/liter.

5. Di Zamannya Honda BR-V Gen-1 Satu-satunya Low SUV 7-seater Bertransmisi CVT

Honda BR-V gen-1

Di zamannya Honda BR-V gen-1 satu-satunya Low SUV 7-seater dengan transmisi CVT

Sebelum putaran mesin yang dihasilkan kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan, untuk tingkat percepatannya Honda BR-V gen-1 ditawarkan dengan dua opsi, yakni manual 6-percepatan dan CVT. Sebagai informasi, transmsi CVT yang hadir pada mobil ini diketahui memiliki beberapa keunggulan, seperti perpindahan gigi yang terasa halus namun tetap responsif, serta hemat dalam konsumsi bahan bakar. Oh iya, di antara kompetitornya, saat itu Honda BR-V satu-satunya Low SUV 7-seater yang menggunakan transmisi CVT.

Baca juga: Mau Ngabisin Sisa THR? Ini Harga LSUV 7 Penumpang Terbaru Mei 2022

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil