Ini Alasan Daihatsu Ayla 2023 Lebih Pantas Dibeli Ketimbang Toyota Agya 2023
Enda · 20 Des, 2023 08:01
0
0
Daihatsu Ayla vs Toyota Agya 2023 sudah resmi diluncurkan di Indonesia melalui ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang diselenggarakan Maret 2023 lalu.
Keduanya sama-sama dibangun menggunakan platform baru yakni DNGA (Daihatsu New Global Architecture) tepatnya DNGA-A, yang juga digunakan pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.
Masing-masing mobil ini juga mendapatkan mesin serta jenis transmisi baru yang cukup alami perubahan radikal dibanding generasi sebelumnya.
Meskipun identik lantaran didesain oleh orang yang sama yaitu Toshihiro Nakaho selaku Chief Engineer Daihatsu, namun antara All New Ayla dan All New Agya memiliki sedikit perbedaan pada tampilan luar dengan membawa ciri khas masing-masing pabrikan.
Begitu pula dari sisi penetapan harga jual, keduanya mempunyai beberapa perbedaan, termasuk varian tipe yang disajikan.
Jika Anda mungkin masih bingung mau beli Daihatsu Ayla vs Toyota Agya 2023, berikut ini adalah alasan yang menurut kami kenapa Daihatsu Ayla terbaru lebih layak dipilih daripada Toyota Agya.
1. Barang Sama, Harga Daihatsu Ayla 2023 Lebih Murah
Pertama kami lihat dari sisi harganya dulu, mengingat di kelas ini umumnya dijadikan mobil pertama sehingga faktor harga akan sangat mempengaruhi pilihan konsumen.
Bicara mengenai bandrol dari kedua mobil tersebut, per Desember 2023 Daihatsu Ayla dilego mulai dari Rp 134 juta hingga Rp 189,9 juta.
Sedangkan untuk saudara kembarnya, Toyota Agya dibandrol Rp 167,9 juta hingga Rp 256 juta On The Road Jakarta.
Bayangkan, harga All New Agya bisa lebih mahal hampir Rp 34 juta untuk varian paling rendahnya.
Bahkan untuk tipe tertinggi yakni, Ayla R MT dijual lebih murah Rp3,9 juta dari Toyota Agya E MT yang notabene hanya tipe menengah.
Dibanding Agya, Ayla memiliki varian lebih lengkap, dengan begitu konsumen dapat lebih mudah mempunyai mobil impian karena dapat menyesuaikan budget.
Untuk variannya Daihatsu Ayla 2023 diantaranya; 1.0 M MT, 1.0 X MT, 1.0 X MT ADS, 1.0 X CVT, 1.0 X CVT ADS, 1.2 R MT, 1,2 R MT ADS, 1.2 R CVT, dan 1.2 R CVT ADS.
Bandingkan dengan Toyota Agya terbaru yang hanya hadir dalam tiga trim varian yakni E, G, dan GR Sport, itu pun untuk tipe E hanya berstatus Spot Order, artinya jika tidak ada pemesanan maka tidak diproduksi.
Kemudian satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, untuk seluruh varian tipe All New Ayla masih menyandang status Low Cost Green Car (LCGC) seperti generasi sebelumnya.
Strategi ini sedikit berbeda dengan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang memprosisikan seluruh varian All New Agya GR Sport masuk kategori city car untuk bersaing dengan Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion.
Sementara tipe E dan tipe G dari Agya terbaru masih tetap dimasukkan pada kategori LCGC.
Faktor lain yang membuat Ayla lebih layak dipilih ketimbang Agya karena mobil ini memiliki dua pilihan mesin.
Seperti yang diketahui, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menawarkan All New Ayla dengan mesin 1.0L dan 1.2L.
Ayla 1.0L menggunakan mesin serupa dengan model sebelumnya hanya saja sudah menggendong taknologi VVT-i.
Mengenai performa yang dihasilkan, jantung pacu 1KR-VE DOHC VVT-i 998 cc 3-silinder segaris itu dapat meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.
Pada varian 1.2L, mobil ini dibekali mesin WA-VE DOHC 3-silinder segaris, 12 valve Dual VVT-i 1.198 cc yang sama persis disematkan pada Daihatsu Rocky.
Performa yang dihasilkan, mesinnya dapat memeras tenaga 88 PS pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm di putaran 4.500 rpm.
Kedua mesin tersebut selain dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, juga dikawinkan dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) yang membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan menghasilkan bahan bakar lebih efisien.
Transmisi D-CVT sendiri memiliki rentang rasio gigi lebih lebar setara dengan transmisi otomatis torque converter 8-percepatan.
Lantas bagaimana dengan All New Ayla? Toyota rupanya cuma mau mobil ini termasang mesin 1.2-liter berkode WA-VE dari All New Ayla 1.2.
Sementaa opsi transmisi yang digunakan tetap sama, ada manual 5 percepatan atau otomatis D-CVT.
4. Fitur Daihatsu Ayla vs Toyota Agya 2023 Hampir Sebanding
Punya harga bandrol lebih murah, untuk fitur generasi kedua Ayla dan Agya terlihat identik.
Misalnya pada pintu bagasi, keduanya sudah mendapatkan teknologi E-latch Backdoor yang memudahkan penggunanya ketika hendak membuka dan menutup pintu bagasi ini.
Dari segi hiburan, kedua mobil tersebut sudah disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas smartphone, namun untuk Agya GR Sport, komponen yang terpasang adalah monitor 8 inci.
Tak hanya itu, untuk pengaturan AC nya pun sudah menggunakan tampilan digital serta adanya tombol start/stop engine.
Sebagai pusat informasi berkendara, untuk panel instrument keduanya dibekali MID yang memudahkan pengemudi untuk mendapatkan informasi seputar kendaraan.
Guna memberikan posisi berkendara yang nyaman, setirnya turut dilengkapi fitur tilt steering.
Selain fitur unggulan, untuk fitur keselamatan Ayla dan Agya pun sama.
Dimana keduanya kini dibekali Dual SRS Airbag dan Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan penumpang.
Ada juga HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu, serta VSC (Vehicle Stability Control) yang memiliki peran untuk menjaga kestabilan kendaraan selama melaju.
Bukan cuma itu, remnya pun menganut teknologi ABS dan EBD.
Fitur keamanan berkendara lainnya adalah kedua mobil pun memperoleh remote alarm serta keyless entry, speed sensor lock dan rear parking sensor.
Kalau menginginkan varian tertinggi dengan fitur paling lengkap serta tampilan yang juga menarik, maka Daihatsu menawarkan All New Ayla dengan varian ADS (Astra Daihatsu Styling).
Tentunya varian ini memiliki beberapa diferensiasi dibanding tipe non ADS, misalnya di bagian eksterior mobil ini ditambahkan gril motif segitiga dengan warna Black Piano.
Kemudian bemper depannya juga punya lekukan lebih sporty serta dilengkapi LED Day-time Running Light (DRL) pada sisi kiri dan kanan bempernya mirip desain Daihatsu Rocky.
Lantas di bagian samping bodi diberi juga imbuhan decal sticker hitam bertuliskan ADS sebagai penunjang jati dirinya, ditutup pada pintu bagasi belakang terdapat reflektor yang tidak ada di varian non ADS.
Perbedaan lain juga ada di sisi kabin, headunit yang terpasang juga sudah terintegrasi dengan Rear Parking Camera yang cukup membatu disaat mundur atau parkir.
Lalu bagaimana dengan All New Agya GR Sport sebagai varian tertinggi Agya terbaru 2023?
Tentunya Toyota juga menyuguhkan beberapa komponen berbeda dibanding tipe lainnya, seperti penggunaan velg 15 inci, opsi warna Two Tone dimana atapnya bisa diberi kelir hitam, dan juga spion luar dengan pelipat elektrik.
Selain itu demi menambah kesan sporty, terpasang juga satu set bodykit tacikan Gazoo Racing (GR) seperti GR Upper Grille, GR Front Bumper Spoiler, GR Side Skirt, GR Rear Bumper Spoiler, GR Roof Spoiler, GR Scuff Plate, sampai emblem GR Sport di pintu bagasi belakang.
Komponen istimewa lain yang ada di Agya GR Sport yakni penggunaan sistem kemudi dan suspensi khusus racikan GR Toyota, head unit 8 inci dengan Rear Camera, Paddle Shift, Wireless Charger, dan layar MID 7 inci.
Kemudian untuk tipe GR Sport ini bagian lingkar kemudi serta tuas transmisi sudah dilapis material kulit yang lembut, kemudian jok pengemudi dan penumpang depan yang terpasang juga semi bucket dengan logo GR di sandaran punggungnya.
Tapi sayangnya, lantaran banyak fitur premium yang dijejalkan, harga Toyota Agya GR Sport CVT Two Tone sebagai tipe tertinggi, bisa lebih mahal Rp 66 jutaan dibanding Daihatsu Ayla CVT ADS yang merupakan tipe tertinggi dari All New Ayla.
Menimbang Daihatsu Ayla vs Toyota Agya 2023 tentu kadang membingungkan mengingat kedua mobil ini sejatinya punya DNA serupa dan fitur yang cukup berimbang.
Namun kalau Anda mau membeli satu dari keduanya sebagai mobil pertama, maka pertimbangkan juga soal harga, apalagi jika melakukan pembelian secara kredit.
Sebab dengan harga yang lebih murah, Daihatsu sanggup memberikan opsi lebih banyak dan menarik melalui All New Ayla ketimbang Agya.
Kalau pun mau tetap memutuskan membeli Agya terbaru, mungkin tipe G adalah pilihan paling rasional daripada Agya GR Sport yang harganya sudah lebih dari Rp 250 juta.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.