window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021

Enda · 16 Jun, 2021 14:00

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 01

Honda Jazz RS vs Honda City Hatchback RS

Keberadaan Honda Jazz yang merupakan raja mobil hatchback di Tanah Air mulai Maret tahun ini secara resmi telah digantikan oleh Honda City Hatchback RS.

Jika melihat tampilan keduanya, menurut kami Honda Jazz RS mempunyai bentuk yang lebih atraktif dan modis bila dibandingkan suksesornya tersebut. Jadi, jangan heran apabila Honda Jazz RS terus diburu meskipun kondisi barunya sudah tak lagi dipasarkan.

Mengetahui harganya saat ini, model terakhir Honda Jazz RS CVT yang merupakan trim teratasnya lansiran 2020, kini dibandrol Rp270-Rp280 jutaan. Tentunya varian termahal Jazz yang ditawarkan tersebut lebih murah dari City Hatchback RS dengan kondisi barunya.

Melihat harga terbaru Honda City Hatchback RS, melalui situs resminya mobil ini dibandrol Rp299-Rp239 juta on the road Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas mengapa Honda Jazz RS bekas satu tahun pakai masih layak dipilih dibandingkan Honda City Hatchback RS dengan kondisi barunya? Berikut ulasannya.

Baca juga: Tiga Kali Lebih Laris Dari Toyota Yaris Selama April 2021, Ini Rahasia Kehebatan Honda City Hatchback RS

Penampilan Stylish Honda Jazz Vs Gaya Mature Honda City Hatchback

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 01

Honda Jazz RS

Melihat pada tampilan fascia, diketahui Honda Jazz RS menerapkan gaya desain yang mengedepankan konsep hatchback yang agresif, stylish dan gagah guna mendongkrak aura sporty yang lebih kental.

Dimana mobil ini sendiri sudah dilengkapi dengan sistem pencahayaan LED Projector Headlamp dengan mode Auto-leveling, untuk memberikan tingkat visibilitas yang baik terhadap pengemudi ketika berkendara di malam hari. Dengan begitu, pandangan akan menjadi semakin jelas dan lebih waspada.

Menengok bagian lainnya, generasi ketiga Honda Jazz RS dengan kode GK ini mendapatkan tampilan sport seperti New Stunning Front Grille + Sporty Front Bumper, New Dynamic Side Skirt dan New Rear Bumper with Diffuser. Bagian sampingnya juga mengimplementasikan garis tegas dengan model diagonal yang menekankan kesan sporty pada mobil ini.

Pada lingkar rodanya, Jazz RS menggunakan velg alloy R16 Two-tone model palang dengan profil ban 185/55. Selain itu, varian teratas Jazz ini tersedia pilihan warna Phoenix Orange Pearl yang menampilkan konsep two-tone dengan atap hitam.

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 02

Honda City Hatchback RS

Bicara Honda City Hatchback RS, mobil perkotaan ini hadir dengan menerapkan cutting edge design. Aksennya begitu khas bahasa desain Honda yang kalem dan mapan.

Di bagian fascia dipadukan sistem pencahayaan berteknologi Full LED Headlight with LED Daytime Running Light “In-line shell”, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars.

Beberapa item eksklusif seperti bumper belakang dengan diffuser, fog garnish, bumper depan, dan lower mesh grille dibentuk untuk menonjolkan kesan sporty. Sama sepert Honda Jazz RS, City Hatchback RS juga disematkan velg berukuran 16 inci model two tone cutting dengan warna black clear serta berlina black.

Baca juga: Adu LSUV vs Hatchback Rp300 Jutaan untuk Keluarga, Pilih Suzuki XL7 Alpha atau Honda Jazz RS CVT?

Fitur Ultra Seat 4 Mode Dipelopori Honda Jazz

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 03

Ultra Seat Honda Jazz

Generasi terakhir Honda Jazz yang dijual di Indonesia diketahui sudah mendapatkan fitur Ultra Seat yang dapat diatur dengan 4 mode pengaturan yang terdiri dari: Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.

Utility Mode

Ketika melipat kedua kursi bagian belakang, pengguna dapat memaksimalkan area kargo agar barang besar seperti kardus berukuran besar dapat masuk dengan mudah.

Long Mode

Mode ini digunakan untuk melipat kursi penumpang bagian depan dan belakang dan pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih panjang. Dalam mode ini, kalian bisa membawa benda dengan ukuran panjang.

Tall Mode

Mengangkat dudukan kursi belakang untuk mendapatkan ruang tinggi yang ekstra di bagian belakang, merupakan bagian dari Ultra Seat dengan Tall Mode. Dengan menggunakan mode ini, kalian bisa membawa barang yang memiliki ukuran lebih tinggi.

Refresh Mode

Terakhir adalah Refresh Mode. Dengan melipat kedua kursi depan ke belakang dapat menghasilkan ruang depan yang lebih lapang yang cocok digunakan untuk beristirahat ketika sedang melakukan perjalanan panjang.

Dengan adanya fitur Ultra Seat ini, tentunya Honda Jazz tak kalah nyaman digunakan sehari-hari baik bersama keluarga maupun kerabat terdekat.

Beragam Fitur Unggulan di Honda Jazz RS, Hatchback Paling Komplit

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 04

Fitur unggulan Honda Jazz RS

Honda Jazz RS diketahui mendapatkan berbagai macam fitur menarik. Mengenai fitur keselamatannya, mobil ini disematkan Dual Front i-SRS Airbags, G-CON + ACE, Pretensioner with Load Limiter, ISOFIX & Tether, Brake Override System, ABS+EBD dan Cruise Control.

Dengan adanya Cruise Control, secara otomatis sistem mengontrol kecepatan kendaraan. Sistem ini adalah servomekanisme yang mengambil alih throttle mobil untuk mempertahankan kecepatan tetap yang ditetapkan oleh pengemudi. Saat fitur ini aktif, pengemudi tidak perlu menahan pedal gas untuk mendapati mobil agar tetap berjalan.

Untuk memudahkan pengemudi dalam menyalakan dan mematikan mesin, varian teratas Jazz ini juga dilengkapi fitur Start Stop Engine yang peroperasiannya hanya cukup dengan menekan tombol.

Demi meningkatkan faktor keamanan, Honda Jazz RS juga ditawarkan fitur Smart Key + Keyless Entry. Tidak ketinggalan fitur berupa Immobilizer dan Alarm System juga disematkan pada mobil ini guna lebih memberikan rasa aman terhadap pengguna.

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 05

Tampilan dashboard Honda Jazz

Mengenai fitur lain yang ada didalamnya, Honda Jazz RS dibekali Head unit layar sentuh 8 inci Smartphone Connection, Sport Meter Cluster, Paddle Shift, tampilan three display meters, MID LCD display, advanced audio & video system touchscreen 6.1", Digital A/C, New Seat Pattern, ECO Assist, Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal, Tilt & Telescopic Steering Wheel dan Heat Rejecting Green Tinted Glass.

Mesin Legendaris di Hond Jazz Memiliki Tingkat Durabilitas Baik

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 06

Mesin L15A Honda Jazz

Honda Jazz RS diketahui mendapatkan mesin legendaris yang turun menurun dari generasi sebelumnya, yaitu i-VTEC (gabungan teknologi i-DSI dan VTEC) berkodekan L15A. Mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW, PGM-FI berkapasitas 1.497 cc ini dapat memuntahkan tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm serta torsi mencapai 145 Nm @4.600 rpm.

Mesin dengan tingkat durabilitas yang baik ini, dikawinkan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan CVT dengan paddle shift 7-percepatan yang perpindahannya bisa dilakukan secara manual menggunakan paddle shift di balik lingkar kemudi yang cukup menggunakan ujung jari.

Sebagai catatan, mesin berteknologikan i-VTEC pada Honda Jazz ini memiliki keunggulan pada tarikan atasnya. Dengan begitu, melaju kencang menggunakan mobil ini serasa sedang berpacu di arena sirkuit.

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 07

Mesin L15ZF Honda City Hatchback RS

Mengetahui jantung pacu yang digunakan Honda City Hatchback RS, Honda sendiri menyematkan mobil ini dengan mesin terbaru. Secara data, mesin 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW berkubikasi 1.498 cc yang digunakan dapat meletupkan tenaga hingga 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm.

Honda City Hatchback RS ini dihadirkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan CVT.

Kesimpulan

Honda Jazz RS kondisi bekas produksi 2020 kini ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan Honda City Hatchback RS dalam kondisi baru. Meski kini hanya tersedia dalam kondisi bekas, Honda Jazz ini masih terasa sangat baru karena umurnya baru satu tahun digunakan.

Menurut kami, Honda Jazz RS bekas bisa menjadi opsi sebelum menjatuhkan pilihan pada City Hatchback RS karena memiliki tampilan yang tak kalah sporty serta bentuknya yang kompak.

Bukan cuma itu saja, Honda Jazz RS ini terbukti sebagai mobil yang sangat lincah dan nyaman digunakan ketika menembus kemacetan di kota-kota besar.

Baca juga: Hal Menarik yang Dimiliki Honda Jazz, Cocok Untuk Sehari-hari atau Modifikasi

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil