Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde

Enda · 3 Agu, 2021 19:30

Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde 01

Daihatsu Terios dan Toyota Rush Konde

Kendaraan jenis Low SUV 7-seater di Indonesia pada awalnya dipelopori oleh Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Baik Terios maupun Rush Konde (sebutan generasi pertama) pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada akhir 2006.

Meskipun keduanya terlihat mirip, baik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Terios dan Rush dengan membawa ciri khas masing-masing brand sebagai ikoniknya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, target pasar Terios dan Rush ini berbeda. Toyota Rush pada dasarnya diperuntukkan untuk konsumen yang menginginkan konsep mobil berpenampilan lebih sporty. Sedangkan Daihatsu Terios memang ditujukan bagi konsumen yang menginginkan konsep mobil SUV untuk keluarga.

Lantas apa yang membuat Daihatsu Terios lebih layak dipilih dibandingkan Toyota Rush? Berikut Ulasannya

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harga Bekas Daihatsu Terios Lebih Terjangkau

Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde 01

Harga bekas Daihatsu Terios lebih terjangkau

Mengetahui pasaran harga bekas Daihatsu Terios dan Toyota Rush Konde saat ini, diketahui bahwa Terios memiliki harga jual yang relatif terjangkau. Dimana Daihatsu Terios kini ditawarkan mulai dari Rp80 jutaan, sedangkan Toyota Rush lebih mahal Rp10-20 juta.  

Faktor yang membuat harga bekas Terios lebih murah dibandingkan Rush adalah brand serta harga barunya pada saat itu. Walaupun pada dasarnya spesifikasi yang dimiliki keduanya ini sama.

Baca juga: Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

Toyota Rush Hanya Bisa Dimuati Hingga 5 Penumpang Saja

Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde 02

Toyota Rush generasi pertama hanya mendapat 5-seater

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Toyota Rush diperuntukkan untuk konsumen yang menginginkan konsep mobil sporty. Sedangkan Daihatsu Terios ditujukan bagi konsumen yang menginginkan sebuah kendaraan SUV keluarga.

Secara konfigurasi, Toyota Rush Konde atau generasi pertama ini hanya memiliki konfigurasi 5-seater. Jok pada baris paling belakangnya sendiri baik pada varian G maupun S belum tersedia. Tidak memiliki jok di baris ketiga, kelebihannya kalian bisa membawa barang dengan kapasitas yang lebih banyak

Berbeda dengan Daihatsu Terios yang memang dihadirkan sebagai mobil  keluarga, dari varian terendahnya (TS) dan tipe teratasnya (TX) sudah mendapatkan jok pada baris paling belakangnya. Dengan begitu Terios mampu dimuati hingga 7-penumpang sekaligus.

Fitur Unggulan Daihatsu Terios Lebih Baik, Dilengkapi GPS

Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde 03

Head unit Daihatsu Terios dilengkapi dengan GPS yang dapat memudahkan setiap penggunannya

Daihatsu Terios maupun Toyota Rush Konde ini mendapatkan fitur unggulan berupa lampu utama dengan projector headlamp yang mampu memberikan cahaya maksimal dan fokus ketika berkendara di malam hari namun tidak akan menyilaukan mata. Selain itu juga sama-sama diaplikasikan velg berbahan allow wheel design yang diselimuti ban berukuran 215/65 R16 serta spion elektrik yang bisa diatur menggunakan tombol dari dalam di bagian eksteriornya.

Melihat daripada sisi interiornya keduanya, baik Terios maupun Rush ini berhasil disematkan AC double blower, head unit 2-Din yang mendukung format CD, DVD, MP3, AUX, serta support USB. Meski sama, sistem infotaiment Daihatsu Terios ini bisa memberikan tampilan GPS yang dapat memudahkan pengguna ketika sedang menetukan lokasi tujuan. 

Bicara fitur keselamatannya, Toyota Rush dan Daihatsu Terios sudah terdapat sistem pengereman ABS. Hanya saja Rush mendapat tambahan berupa Dual Airbags di varian teratasnya (S).

Suspensi yang Digunakan Keduanya Sama

Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde 04

Daihatsu Terios dan Toyota Rush sama-sama menggunakan suspensi berjeniskan Macpherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer di roda depan, serta 4 link dengan coil spring & lateral rod pada roda belakangnya. Baik Terios maupun Rush diyakini memiliki bantingan yang cukup keras dari jenis suspensi yang digunakan.

Baca juga: Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa?

Keduanya Menggunakan Mesin Serupa yang Cukup Irit BBM

Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde 05

Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i yang terdapat di Terios dan Rush Konde

Baik Daihatsu Terios maupun Toyota Rush Konde disematkan mesin 1.500 cc berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-I Electronic Fuel Injection 4 silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm.

Mesin yang digunakannya terbukti memiliki tingkat durabilitas cukup baik selain menghasilkan tenaga yang cukup besar. Untuk dapat menggerakan mobil, keduanya ini ditawarkan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis konvensional 4-percepatan yang selanjutnya diarahkan ke penggerak roda belakang.

Bicara soal konsumsi BBM-nya, Terios dan Rush Konde ini bisa dibilang merupakan salah satu Low SUV yang cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar jenis bensin. Beberapa sumber informasi menyebutkan, penggunaan dalam kota Terios maupun Rush generasi pertama ini mampu meraih jarak 11 km/liter. Berbeda ketika melakukan perjalanan ke luar kota yang notabene sering dipacu dalam kecepatan konstan, keduanya mampu menempuh jarak hingga 14 km/liter.

Kesimpulan

Alasan mengapa Daihatsu Terios lebih layak dipilih dibandingkan Toyota Rush Konde berhasil kami sebutkan di atas. Secara konklusi, Terios dan Rush ini memiliki kesamaan spesifikasi dan fitur.

Keunggulan Terios generasi pertama dibandingkan saudara kembarnya tersebut ada pada harga bekas yang lebih terjangkau, serta konfigurasi jok 3 baris yang dapat dimuati hingga 7-penumpang sekaligus. Meskipun begitu bukan berarti Toyota Rush tidak bisa dimuati hingga 7-penumpang.

Untuk dapat membawa jumlah penumpang yang sama seperti Terios, maka pemiliki Toyota Rush Konde ini bisa menambahkan jok paling belakang kepimilikan Daihatsu Terios yang mana harga barunya ini dibandrol paling mahal Rp2 jutaan.

Baca juga: Punya Tampilan 'Konservatif', Daihatsu Terios Konde Lebih Menarik Dari Terios Baru

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru