window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari

Adit · 28 Feb, 2022 09:01

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari 01

  • Lampu kabin mobil sebaiknya tidak dinyalakan saat berkendara
  • Sebab kemampuan penglihatan pengemudi bisa terganggu
  • Privasi juga bisa terancam karena lampu kabin yang menyala bisa memperlihatkan seisi mobil

Lampu kabin penting keberadaannya sebagai indikator pintu yang masih terbuka, juga tentunya menyinari seisi interior mobil. Apalagi saat malam hari dan mencari barang yang diperlukan seperti e-toll, struk, atau barang lain yang ada di dashboard. 

Meskipun fungsinya sebagai pencahayaan, ada larangan tak tertulis yang menyatakan bahwa sebaiknya tidak menyalakan lampu kabin ketika berkendara. Hal ini karena menyangkut keamanan dan keselamatan pengemudi. 

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya

"Idealnya tetap dimatikan, karena saat di malam hari dengan lampu kabin hidup, bisa mengganggu dan mengurangi kemampuan mata untuk melihat," terang Instruktur Keselamatan Berkendara dan juga Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. 

Sederhananya begini. Cahaya dari kabin mobil apalagi yang letaknya di plafon depan, akan memantul di kaca depan kemudian spion tengah. Kemudian visibilitas jadi terganggu, kemudian ini menjadi titik buta baru atau blindspot bagi pengemudi. 

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari 01

Secara ilmiah pupil mata dapat berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang ditangkap. Saat lampu kabin nyala, pupil mengecil, jumlah cahaya yang masuk lebih sedikit. Saat itu pula kemampuan pengelihatan jadi terganggu.

Terlebih di malam hari saat hujan lebat, jarak pandang lebih pendek, ketika lampu kabin menyala, akan semakin memberikan pantulan di titik air yang menghempas di kaca depan dan wiper. 

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari 02

Jadi bisa dibilang, lampu yang dihidupkan ini langsung mengalihkan perhatian pengemudi. Fokus dan konsentrasi terganggu dan bisa menyebabkan kecelakaan. Seyogyanya perihal ini juga harus diketahui penumpang, agar tidak sembarangan menyalakan lampu kabin. 

Lampu interior mobil yang menyala juga bisa mendistraksi pengguna jalan lain. Jadi ketika berpapasan, pengemudi dari arah berlawanan pasti akan melirik ke arah sumber cahaya dari bagian dalam mobil di depannya. 

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari 03

Baca Juga: Mau Bikin Lampu Sein LED Mobil Menyala Super Terang? Begini Caranya

Ditinjau dari Aspek Keamanan

Terakhir Jusri menambahkan dari aspek keamanan. Lampu interior yang menyala tentu akan memperlihatkan isi mobil dari luar. Bagi pengemudi yang tidak awas, ini bisa mengundang tindak kejahatan bagi siapa saja yang memiliki niat mencuri.

Karena sudah tahu isi mobil, misalnya hanya diisi satu pengemudi, membawa tas besar yang diduga berisi barang berharga, maka yang terjadi selanjutnya adalah pengemudi bisa menjadi korban perampasan. 

Ini Alasannya Lampu Kabin Mobil Haram Dinyalakan Ketika Mengemudi Malam Hari 04

"Lampu kabin yang menyala bisa mempermudah pelaku tindak kriminal untuk mendeteksi kondisi yang ada di dalam mobil," katanya. Oleh karena itu Jusri menganjurkan, gunakanlah lampu kabin mobil secara bijak. 

Kemudian nyalakan ketika hanya diperlukan, syaratnya juga dalam keadaan berhenti dan selalu awas dengan lingkungan sekitar. Tak perlu lama menyalakannya karena juga menyangkut privasi yang harus dijaga.  

Baca Juga: Jangan Ngawur, Ini Fungsi dan Etika Saat Gunakan Lampu Jauh Mobil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil