Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana?

Enda · 19 Okt, 2021 14:00

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 01

Perbedaan mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE

Dalam waktu dekat Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022 bisa dipastikan akan diperkenalkan secara resmi di Tanah Air. Hal ini diperkuat dengan beredarnya foto wujud asli Veloz 2022 versi produksi sebagai trim teratas Avanza.

Informasi yang beredar, Xenia dan Avanza 2022 menggunakan penggerak roda depan (FWD) dengan mengusung platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 02

Wujud tampilan Toyota Veloz 2022

Sebagai informasi, platform DNGA sendiri diperkenalkan oleh Daihatsu pada 2017 dan banyak diterapkan pada beberapa model kendaraannya di Jepang. Menggunakan konsep 1-1-1-1, yang mana mempunya filosofi 1 milimeter, 1 gram, 1 detik dan 1 sen. Angka tersebut mempunyai makna pada setiap pengembangan yang dilakukan terhadap produk dengan basis DNGA. Aspek detailnya diperhitungkan seperti bobot, harga, ukuran serta waktunya supaya bisa menghasilkan sebuah mobil yang efisien.

Platform ini memiliki beragam keunggulan yang diantaranya; Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, kabin yang luas serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien. Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 01

Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022 memakain platform DNGA

Daihatsu sendiri menerapkan DNGA pada kendaraan baru yang dimilikinya meliputi New Taft, New Tanto, Rocky dan Xenia beserta saudara kembarnya.

Menggunakan penggerak roda depan, varian teratas Xenia maupun Avanza terbaru mendapatkan pilihan mesin 1.5L. Namun yang jadi banyak pertanyaan, apakah keduanya tetap mewariskan mesin 1.5L 2NR-VE atau justru memakai mesin 1.5L 2NR-FE yang dipakai oleh Toyota Sienta, Yaris dan Vios? Sambil menunggu informasi mengenai mesin apa yang bakal digunakan Daihatsu Xenia 2022 dan Toyota Avanza 2022, sebaiknya ketahui perbedaan mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE berikut ini.

Baca juga: Ngebet Pengen Inden? Ketahui Dulu Beda Toyota Veloz 2022 dan Generasi Sebelumnya

Perbedaan Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Serupa Tapi Tak sama

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 02

Mesin 2NR-FE yang digunakan pada Toyota Sienta, Yaris dan Vios

Meskipun sama-sama memakai kode NR, mesin 2NR-VE ini tidak dibuat oleh Toyota. Jantung pacu ini diproduksi langsung oleh Daihatsu dengan menggunakan bahan material blok mesin dari karbon steel besi baja biasa.

Berbeda dengan mesin 2NR-FE, dapur pacu ini diproduksi secara khusus oleh Toyota memakai bahan material yang semuanya dibuat dari alumunium.

Seperti yang kita tahu, aluminium sendiri sangat ringan sehingga sangat efektif untuk membuat beberapa komponen kendaraan. Bahan ini menjadi pilihan berkat sifatnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan logam lain seperti baja dan tembaga.

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 03

Pengecoran material dalam pembuatan mesin Toyota

Di sisi lain, mesin yang menggunakan bahan baku dari alumunium ini tahan terhadap korosi, dan lebih cepat melepas panas serta tahan terhadap panas.

Mesin kendaraan yang terbuat dari aluminium biasanya tidak memerlukan perawatan khusus, kecuali penggantian oli secara rutin dan tidak sampai telat. Selain itu, alumunium yang digunakan untuk membuat mesin dapat meningkatkan kinerja karena cepat mencapai suhu optimal.

Dengan begini, mesinnya bisa meningkatkan penghematan bahan bakar, mengurangi emisi sekaligus meningkatkan keamanan dan daya tahan.

Baca juga: Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Sama-sama Rilis di GIIAS Mana yang Paling Menarik?

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 04

Mesin 2NR-VE yang dipakai oleh Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

Secara data di atas kertas, antara mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE ini menghasilkan kubikasi serta performa yang berbeda. Dimana 2NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.496 cc dapat mengeluarkan tenaga 104 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm.

Berbeda dengan 2NR-FE, mesin dengan 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.497 cc ini mampu memeras tenaga 107 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 140 Nm @4.200 rpm.

Selain itu, antara 2NR-VE dengan 2NR-FE juga memiliki komposisi komponennya yang berbeda. Misalnya posisi saringan oli, altenator, dan koil. Prinsip kerjanya memang sama, akan tetapi desainnya yang berbeda.

Daihatsu Xenia 2022 dan Toyota Avanza 2022 Juga Hadir dengan Pilihan Mesin 1.3L

Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana? 05

Mesin 1NR-VE

Melansir data pada NJKB, baik Xenia maupun Avanza terbaru juga ditawarkan pilihan mesin 1.3L. Namun untuk mesin yang digunakan pada Low MPV terbaru duo kembar Astra ini kami belum tahu apakah memakai mesin lama atau baru.

Jika melihat spesifikasi mesin 1.3L yang ada pada Xenia dan Avanza 2021, keduanya menggendong mesin 1NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i yang mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Baca juga: Intip Lebih Dekat Toyota Veloz 2022 Jelang Peluncuran, Mending Ini Apa Rush?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru