Ini Dia Bedanya Tiga Generasi Toyota Agya di Indonesia

Kurnia · 26 Apr, 2020 15:00

Ini Dia Bedanya Tiga Generasi Toyota Agya di Indonesia 01

Evolusi menjadi makna tepat untuk menggambarkan produksi mobil Toyota Agya di Indonesia. Seperti apa bedanya Toyota Agya edisi terdahulu dengan New Toyota Agya 2020 terbaru?

Ini Dia Bedanya Tiga Generasi Toyota Agya di Indonesia 02

Toyota New Agya 2020 menjadi kisah baru perjalanan Toyota Agya di tahun ketujuh

Setelah diperkenalkanya generasi pertama pada 2012 lalu dan mulai penjualan di 2013, mobil Low Cost Green Car dari Toyota ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Ini terbukti hingga saat ini telah berhasil terjual sebanyak  841.572 unit secara kumulatif.

Generasi pertama Toyota Agya baru yang menyasar pasar kendaraan keluarga terus berevolusi menjadi mobil untuk pasar generasi milenial, dimana mobil LCGC ini-pun berani unjuk gigi dalam Kejuaraan Nasional Slalom Auto Gymkhana pada 2019 lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Dengan mengusung mesin berkapasitas DOHC 3 silinder berkapasitas 998 cc, mobil New Toyota Agya baru pun berhasil meloloskan diri terhadap regulasi LCGC dan menjadikan mobil ini sebagai salah satu mobil murah pilihan di Tanah Air.

Seiring perkembangan pasar kendaraan di Tanah Air, mobil Toyota Agya baru pun mulai menyasar generasi muda dan memperbaiki diri dengan berbagai penambahan desain eksterior maupun interior, serta fitur baru dengan mengusung tagline “Start To Never Stop”. Seperti apa perjalanan generasi mobil Toyota Agya di Indonesia?

New Toyota Agya 2020

toyota agya 1.2 TRD Yellow exterior

Perubahan signifikan dari segi eksterior

Tidak hanya penambahan beberapa aksen pada eksterior yang membuat generasi ketiga dari LCGC Toyota ini menjadi lebih sporty. Namun mesin mobil Agya baru pun mendapatkan sentuhan teknologi terbaik dengan penambahan teknologi VVT-I pada mesin 1.0L dengan kode mesin KR dan Dual VVT-I pada mesin 1.2L dengan kode mesin NR.

Dari bagian eksterior New Agya 2020 mendapatkan perubahan pada headlamp dengan penambahan LED Guide, New Front Bumper and Grille Design with Black Chrome Element, New Sporty Alloy Wheel Design, New Retractable Side Mirror, New Impressive Design Rear Lamp, hingga New Side Body Moulding untuk varian 1.2 G. Untuk meningkatkan kestabilan dalam berkendara mobil Agya baru telah dilengkapi dengan stabilizer pada bagian kaki-kaki belakang dan upgrade pada suspensinya, yang didukung penggunaan Anti Lock Brake System (ABS) serta Electronic Brake Force Distribution. 

interior toyota agya 2020

Sosok Toyota Agya 2020 dari sisi interior

Pada bagian interior-pun mendapatkan beberapa perubahan diantaranya desain jok baru yang semi bucket dan penempatan tombol AC digital, system audio yang terkoneksi dengan smartphone serta immobilizer key dengan tombol start stop. Selain itu, mobil New Agya terbaru ini telah dilengkapi dengan dual SRS airbag serta seat belt pada untuk setiap penumpang termasuk pada penumpang tengah pada jok belakang, tidak ketinggalan fitur baru berupa ISOFIX atau fitur untuk penempatan jok baby.

Dengan beberapa perubahan ini tentunya harga-pun ikut menyesuaikan dimana generasi pertama mobil Toyota Agya yang dilepas dengan harga Rp 99.900.000 hingga Rp 120.000.000 untuk varian 1.0L menjadi menjadi Rp 143.800.000 hingga  Rp 156.810.000 dengan dua pilihan varian yang sebelumnya terdapat enam varian. memiliki 6 varian ini dibanderol dengan biaya termurah Rp 143.800.000 dan termahal di angka Rp 169.290.000. Untuk vers maticnya, harga mobil Agya matic berkisar dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan. Ini merupakan harga mobil Agya di tahun 2020 ini.

Toyota Agya (versi 2017)

Toyota Agya 2017

Penampilan Toyota Agya ketika facelift di tahun 2017

Setelah lima tahun mengisi pasar LCGC Tanah Air, Toyota memperkenalkan generasi terbaru dari mobil Toyota Agya baru. Mobil New Agya tampil dengan varian baru yang mengusung mesin 1.2L yang juga digunakan oleh mobil Toyota Agya 2020.

Generasi kedua mobil Toyota Agya baru mulai menyasar pasar dengan usia dibawah tiga puluh tahun. Untuk itu Toyota Agya 2017 ini-pun hadir dengan varian TRD yang dilengkapi dengan mesin NR 1.2L 4 silinder DOHC Dual VVT-i bertenaga 88 Ps. Pada generasi kedua ini, New Agya versi 1.0L juga mendapatkan perubahan pada mesin mobil Agya baru yang digunakan dengan teknologi VVT-I yang mampu menyuplai tenaga hingga 67 Ps dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Selain performa, eksterior mobil Toyota Agya juga mengalami perubahan mulai dari bumper depan dengan projector head lamp yang dihiasi LED dan penambahan lampu sein pada bagian belakang kaca spion samping serta bagian belakang yang menggunakan lampu dengan L Shaped.

toyota agya 2017 interior

Interior Toyota Agya 2017

Perubahan interior terlihat cukup mencolok dari generasi pertama, dimana terdapat penambahan fitur. Desain interior New Agya berwarna gelap memberikan kesan sporty dimana bagian dashboard telah menggunakan head unit 2 DIN yang terhubung dengan steering switch di bagian kemudi. Tidak ketinggalan dua airbag, side impact beam, ISOFIX dan sensor parkir mundur serta rem ABS jadi fitur keselamatan mobil ini

Mobil Toyota Agya 2017 ini-pun mendapatkan koreksi harga dimulai dengan harga Rp 131.500.000 untuk varian 1.0L hingga Rp 151.900.000 untuk varian 1.2L.

Toyota Agya (versi 2013)

toyota agya 2013

Generasi awal Toyota Agya yang lahir di tahun 2013

Kemunculan Toyota memberikan tren baru di pasar otomotif Tanah Air khususnya mobil perkotaan yang menyasar konsumen kelas menengah, dengan mengusung mesin 1.0L serta harga yang sangat terjangkau. Untuk mobil di tahun tersebut, mobil Agia dilengkapi dengan fitur yang cukup memadai. Contohnya Dual SRS Airbag dan seatbelt yang menggunakan pengaturan pretensioner dan force limiter, meskipun belum dilengkapi dengan fitur ABS.

Sedangkan pada bagian dashboard terlihat cukup sederhana dengan head unit single din yang dapat memutar CD, USB, AUX dan radio AM/ FM namun belum dapat melakukan koneksi dengan smartphone serta belum menggunakan steering control. Untuk pengaturan AC mobil Toyota Agya baru generasi pertama ini masih menggunakan pengaturan dengan kenop putar. 

interior toyota agya 2013

Detail interior Toyota Agya 2013

Desain cluster meter-pun masih sederhana dan sangat fungsional yang dilengkapi dengan beberapa indikator memberikan informasi seputar kendaraan namun telah menggunakan indikator bahan bakar digital. Dalam berkendara-pun cukup nyaman dimana jok menggunakan bahan fabric dilengkapi dengan fitur reclining dan sliding pada kursi bagian pengemudi serta untuk jok belakang dilengkapi dengan dilengkapi dengan dua headrest. 

Demikian penjelasan singkat tiga generasi mobil Toyota Agya yang pernah meluncur ke Indonesia. Sebagai salah satu mobil termurah di Toyota, bisa jadi Anda adalah salah satu dari pemilik mobil Agya yang ada di Indonesia. Dan dengan evolusi yang berkelanjutan ini, tentu membuat mobil ini semakin menarik untuk dimiliki saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Kurnia

Anak muda penggemar otomotif yang senang menceritakan sisi unik dan menarik dari sebuah mobil.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru