Ini Dia Fitur Keselamatan MG ZS, Penantang Toyota Corolla Cross yang Lebih Terjangkau

Bent Aulia · 27 Sep 2020 07:00

MG Motors menggebrak dengan menghadirkan SUV MG ZS yang menawan. Dibanderol lebih murah dari Toyota Corolla Cross di segmen SUV kompak, harga MG ZS tercatat mulai dari Rp255 jutaan. Sedangkan dalam hal keselamatan berkendara, MG ZS menawarkan fitur canggih nan lengkap.

Sistem Keselamatan Aktif

1. ABS+EBD+EBA

Tak kalah dengan SUV di harga yang lebih tinggi, namun SUV MG ZS terbaru sudah mendapatkan perlindungan dari selip ketika mengerem di jalanan yang licin karena penggunaan sistem Anti-lock Braking System (ABS).

Sedangkan sistem Electronic Brakeforce Distribution akan mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda sesuai dengan kondisi berkendara. Memastikan as roda depan dan belakang tidak terkunci dan menambah traksi ketika mobil berada di jalanan.

Dan sebagai pendukung dari sistem pengereman adalah Emergency Braking Assist. Tak jauh berbeda dengan Brake Assist, sistem ini akan membuat rem bekerja lebih cepat ketika mobil melakukan pengereman mendadak, membuat pengereman lebih pakem dan menghindari selip.

2. Stability Control System (SCS)

Kestabilan berkendara lebih terjaga dengan kehadiran sistem baru ini. Fitur MG ZS ini akan membantu mengontrol mobil lebih baik untuk mengurangi risiko terjadinya understeer maupun oversteer dengan mengontrol tenaga mesin dan pengereman sesuai kebutuhan.

3. Curve Brake Control (CBS)

Kedua varian MG ZS di Indonesia sudah mendapatkan sistem CBC, atau dikenal juga dengan Cornering Brake Control. Sistem ini merupakan pengembangan paling baru dari kontrol ABS yang dirancang untuk mendistribusikan gaya pengereman pada saat berbelok.

4. Traction Control System (TCS)

Fitur satu ini bisa dibilang sangat berguna bagi kendaraan yang dipasarkan di Indonesia. Kegunaan sistem ini bertujuan untuk mengontrol traksi dan menjaga putaran roda agar tidak terjadi selip pada saat berakselerasi, apalagi ketika berkendara di jalanan basah dan licin setelah hujan.

5. Hill Start Assist System (HAS)

Bagian dari fitur penting pada SUV baru Indonesia yang memudahkan pengendara ketika sedang berhenti di jalanan menanjak. Sewaktu diaktifkan, fitur HAS berfungsi menjaga kendaraan agar tidak bergerak mundur ketika sedang berhenti di tanjakan.

6. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Salah satu fitur keselamatan yang memberikan kenyamanan ketika berkendara, khususnya dalam perjalanan jarak jauh. TPMS akan memberikan peringatan kepada pengemudi ketika tekanan angin ban mobil berada di bawah batas minimum.

7. Emergency Stop Signal (ESS)

Sistem ESS akan menggunakan lampu sein dan berkedip ketika mengerem secara mendadak. Sebagai salah satu cara pencegah kecelakaan, sistem ini akan memperingatkan pengguna jalan di belakang ketika mobil melakukan pengereman mendadak.

8. Parking sensor

Tak hanya memberikan kemudahan ketika sedang memarkirkan kendaraan, namun sistem parkir sensor akan mendeteksi ketika ada halangan atau kendaraan lain yang berada di belakang pada saat mobil mundur.

Sistem Keselamatan Pasif

1. 6 airbag

Layaknya model SUV dengan teknologi canggih yang dipasarkan di Indonesia, kelengkapan perlindungan bagi penumpang dan pengemudi bisa terlihat dari kehadiran 6 airbag yang tersebar di seluruh kabin mobil.

Bukan hanya dua airbag yang melindungi penghuni baris pertama, namun ZS juga medapatkan perlindungan berupa airbag samping. Penumpang belakang juga mendapatkan side curtain airbag yang melindungi ketika mobil mengalami benturan dari samping.

2. Body structure Full Space Frame (FSF)

Berbeda dengan bodi mobil kebanyakan, MG memiliki struktur bodii space frame. Berbeda dengan struktur unibody atau monokok, space frame tak bergantung pada panel bodi. Bingkai ruang menggunakan pola geometris sebagai penyangga untuk mendukung bodi mobil, membuat mobil memiliki rangka yang terbilang kokoh.

3. Front seat belt with pretensioner and load limiter

Pretensioner serta load limiters adalah teknologi yang dirancang untuk membuat sabuk pengaman bekerja lebih efektif. Pretensioner akan mengurangi kelonggaran berlebih ketika mobil mengalami benturan sehingga tidak terlalu mengekang pengemudi dan penumpang.

Sedangkan fitur load limiters atau dikenal dengan pembatas beban akan aktif untuk membatasi sabuk pengaman melonggar terlalu jauh. Sehingga mampu mengendalikan tubuh penghuni kabin guna meminimalisir risiko cedera.

Sayangnya beberapa sistem hanya bisa dinikmati oleh pengguna varian tertinggi MG ZS Ignite. Beberapa fitur yang tidak didapatkan oleh pemilik MG ZS Excite sebagai varian entry level diantaranya TMPS, airbag samping, serta kamera belakang.

Kesimpulan

Bahkan dengan perbedaan sistem dari dua model yang dipasarkan di Indonesia, MG ZS 2020 menawarkan berbagai pilihan sistem keselamatan yang membuatnya mendapatkan rating bintang empat dari Euro NCAP pada tahun 2018 lalu.

Komentar

Mobil Terbaru