window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Isuzu Panther

Naomi · 17 Mei, 2020 17:00

Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Isuzu Panther 01

Isuzu Panther adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) legendaris yang punya usia sangat panjang di Indonesia. Pertama kali dibuat pada 1991, mobil ini khusus dikembangkan dan diproduksi di Indonesia. Menariknya, dari dulu hingga kini desainnya tak banyak berubah. Lantas apa kelebihan dan kekurangan mobil yang dijual mulai Rp 287 jutaan sampai Rp 343 jutaan ini?

Kelebihan Isuzu Panther

1. Mesin Diesel Bandel

Keunggulan utama mobil ini adalah mesinnya. Mayoritas mobil jenis MPV menggunakan mesin bensin. Tapi dari dulu hingga sekarang Panther tetap pada pendiriannya untuk terus menggunakan mesin diesel. Ya,alasannya apalagi kalau bukan Isuzu Rajanya Diesel. Keuntungan memakai mesin diesel adalah torsi besar.

Mesin Isuzu Panther berkapasitas 2,5 liter turbocharged yang bertenaga 80 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 191 Nm pada 1.800 rpm. Memang tenaganya tak seberapa dibanding MPV lain yang lebih murah harganya. Tapi torsinya ini bahkan lebih besar dari Toyota Innova Diesel 2.4L.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak hanya menawarkan torsi besar yang dapat diandalkan di tanjakan terjal, mesinnya ini juga dikenal bandel. Perawatan mesin Isuzu Panther tergolong mudah. Selain itu, mesin dengan bantuan induksi turbo ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Bayangkan, hasil testimoni sejumlah penggunanya menyebut angka konsumsi BBM rata-rata 10 kpl sampai 13 kpl. Catatan yang impresif untuk ukuran mobil bermesin 2,5 liter.

2. Dimensi Luas

Keunggulan lain mobil ini adalah dimensinya yang besar. Isuzu Panther memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.920 mm. Memang bukan yang terbesar di kelasnya. Tapi ukurannya ini cukup untuk menampung 7-penumpang dengan nyaman di dalam kabinnya.

3. Monitor Atap Dan Kamera Parkir

Sebagai mobil yang berusia cukup lawas, Isuzu Panther memang tak dilengkapi fitur hiburan yang berlimpah. Namun Isuzu tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada penghuni kabin Panther. Varian tertingginya misalnya, head unit masih single-DIN memang. Tapi terdapat layar monitor di atap untuk memutar DVD. Tersedia pula subwoofer yang menambah khidmat suasana saat penumpang belakang menonton film.

Lalu ada peranti lain yang mengejutkan. Isuzu Panther Indonesia memang belum bisa memasang sistem multimedia layar sentuh di dashboardnya. Tak kehabisan akal, Isuzu menempatkan layar monitor untuk kamera parkir di spion tengah. Fitur ini terus terang membuat Isuzu Panther jadi lebih menarik. Tak ketinggalan, memarkir kendaraan dipandu lagi oleh sensor parkir di belakang.

4. Jok Kulit

Interior Isuzu Panther memang jauh dari kata mewah. Tapi setidaknya untuk mendukung kenyaman penghuni kabinnya, Isuzu melapisi jok, kemudi dan konsol tengah Panther varian termahal dengan material kulit. Selain lebih nyaman, pelapis jok kulit ini juga lebih mudah dibersihkan bila terkena tumpahan cairan. Varian di bawahnya, jok masih dilapisi bahan kombinasi kulit dan vinyl.

Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Isuzu Panther 01

Kekurangan Isuzu Panther

1. Suara Dan Getaran Mesin Keras, Emisinya Tinggi

Suara dan getaran yang keras bukan penghalang bagi penikmat mobil bermesin diesel. Ya memang seperti itulah ciri khasnya. Tapi memang kualitas noise, vibration and harshness mobil ini patut mendapat peningkatan yang signifikan. Getaran dan suara yang dihasilkan mesinnya sangat keras dan cukup mengganggu kenyamanan penghuni kabinnya.

Di atas itu semua, mesin diesel miliknya berteknologi lawas. Masalah menghadang di tahun 2021 jika standar emisi Euro-4 mulai diterapkan di Indonesia. Lantaran itulah bila Panther tak mengalami penyempurnaan dari segi emisi gas buang, produksi Isuzu Panther terpaksa harus dihentikan.

2. Rasa Berkendara Kurang Nyaman

Berdiri di atas struktur rangka bertingkat, Isuzu Panther memang tak senyaman MPV dengan chasis monokok. Apalagi ia memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Panther juga memakai velg berdiameter 15-inci dengan ban berprofil sangat tebal, 235/70R15. Bobotnya yang lebih dari 2,1 ton (2.170 kg) membuat body roll cukup terasa saat menikung di kecepatan tinggi.

3. Fitur Keselamatan Nihil

Pertimbangan utama dalam membeli kendaraan, salah satunya faktor keselamatan. Masalahnya, Isuzu Panther boleh dibilang tak dilengkapi fitur keselamatan apapun selain sabuk pengaman. Jangankan airbag atau fitur keselamatan aktif kontrol traksi, rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist) saja ia tak punya.

4. Minim Fitur

Untuk ukuran mobil yang dijual seharga Rp 300 jutaan, fitur yang dimiliki Isuzu Panther sangat terbatas. Belum tersedia kunci pintar untuk akses ke dalam kabin yang mudah. Tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin pun tak ada. Lampu utama masih pakai bohlam halogen multireflektor yang konservatif.

Jangan jauh-jauh, ia juga tak didukung sistem multimedia layar sentuh dengan tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Apalagi fungsi konektivitas dengan smartphone secara mirroring, jelas tidak ada.

Tombol pengaturan AC digital dengan mode otomatis tak akan ditemui di dalam kabinnya. Lubang listrik untuk mengisi ulang daya gawai di kursi baris kedua dan ketiga pun tak ada. Ruang penyimpanan di dalam kabin sangat terbatas. Intinya, jangan mengharapkan Anda mendapat banyak fitur bila membeli mobil ini.

Harga dan Kesimpulan

Kesimpulannya, Isuzu Panther memang mobil legendaris yang punya sejarah panjang di Indonesia. Namun, tanpa perubahan berarti dalam satu dekade terakhir, Panther harus mengejar banyak ketertinggalan dari para pesaingnya. Rival lain seperti Toyota Kijang Innova yang juga tersedia dalam pilihan mesin diesel misalnya. Ia punya tampilan yang lebih modern dan menyuguhkan lebih banyak fitur di dalamnya.

Kalau dibandingkan secara head-to-head harga keduanya sekarang berbeda jauh. Toyota Kijang Innova Diesel dijual mulai dari Rp 355 jutaan sampai Rp 428 jutaan.Isuzu Panther memiliki total 4 varian. Harga Isuzu Panther 2020 berkisar dari Rp 288 juta hingga Rp 344 jutaan. Ini merupakan harga Isuzu Panther baru dan tidak beda jauh dengan harga Panther 2019.

Meski begitu, melihat harga Isuzu Panther termahal yang dipatok Rp 343 jutaan, konsumen tentu mengharapkan value lebih yang bisa mereka dapatkan.

Daftar Harga Isuzu Panther
Daftar Harga Isuzu Panther
Isuzu Panther Smart  Rp 287,9 juta
Isuzu Panther LV Rp 298,8 juta
Isuzu Panther LS  Rp 317,4 juta
Isuzu Panther Grand Touring Rp 343,7 juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil