Ini Dia Perbedaan Lengkap Toyota Kijang Innova 2020 dan 2019

Bent Aulia · 28 Nov 2020 14:00

Apa yang membuat facelift Toyota Kijang Innova 2020 lebih sedap dipandang dibandingkan model sebelumnya? Penyegaran dari generasi kedua yang pertama kali diperkenalkan lima tahun lalu memberikan tampilan yang lebih modern serta peningkatan teknologi yang lebih lengkap untuk bersaing dengan model MPV lain yang mulai menyusup ke pasar otomotif Tanah Air.

Toyota Kijang Innova 2019

Toyota Kijang Innova merupakan model MPV kompak yang dipasarkan sebagai penerus Toyota Kijang, namun dengan tampilan yang lebih premium. Pertama kali dirilis pada tahun 2005 bersamaan dengan Toyota Avanza, generasi kedua diberi nama Toyota Innova Reborn diperkenalkan 2015 silam.

Kijang Innova Reborn

Innova lalu dipasarkan sebagai salah satu model terlaris Toyota di Indonesia. Hingga Toyota Kijang Innova 2019 menjadi model teranyar yang menggunakan tampilan dari generasi kedua sebelum model baru dirilis tahun ini.

Dengan tampilan yang lebih premium, tentu saja teknologi dan kenyamanan dari fitur yang ditawarkan lebih lengkap dibandingkan Toyota Kijang. Dipasarkan dalam berbagai nama di negara tetangga, ini model dan fitur yang bisa didapatkan pada Toyota Kijang Innova Reborn.

Eksterior

Toyota Kijang Innova mendapatkan tampilan yang berotot dari grille berukuran besar bersama kap mesin dengan dua lekukan yang membuatnya terkesan kokoh. Kijang Innova tipe V sudah mendapatkan lampu utama projector dengan LED layaknya tipe Q.

Toyota Kijang Innova 2019

Sayang lampu high beam serta lampu kabut hanya bermodalkan bohlam halogen biasa. Bumper bawah juga menghadirkan tampilan yang lebih maskulin. Dari segi dimensi, Toyota Innova Reborn ini lebih panjang 180 mm, 60 mm lebih lebar, dan lebih tinggi 45 mm.

Di sisi samping, ada velg 16 inci serta ban Dunlop sebagai pilihan ban standar untuk meningkatkan peredam suspensi. Ada rumah spion yang aerodinamis dengan pengaturan elektris, termasuk sistem electric folding dari Toyota.

bagian belakang Toyota Kijang Innova 2019

Beralih ke belakang, Toyota Innova Reborn memiliki spoiler dengan high mount stop lamp untuk meningkatkan keselamatan ketika berkendara. Ada aksen chrome serta dua sensor parkir yang bisa ditemukan pada bumper belakang. Visibilitas berkendara ketika hujan semakin baik dengan adanya wiper di belakang.

Dimensi Toyota Kijang Innova 2019
Panjang x lebar x tinggi 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm
Jarak poros roda 2.750 mm
Ground clearance 176 mm
Radius putar 5.4 m
Bobot mobil 1.690 kg
Kapasitas tangka 55 L

Interior

Tampilan yang mewah juga terasa pada bagian dalam. Kabin menggunakan 3 warna yang kontras, mulai dari kelir hitam, silver, dan motif panel kayu bisa ditemukan pada dashboard dan panel interior. Ada tata letak tombol yang ergonomis dan mudah dijangkau.

dashboard Toyota Kijang Innova 2019

Kursi yang nyaman diduduki memiliki material yang empuk serta pengaturan height adjuster dan reclining untuk memberikan posisi berkendara terbaik bagi pengemudi. Ada sabuk pengaman 3 titik serta headrest yang bisa diatur ketinggiannya.

blower AC Toyota Kijang Innova 2019

Ruang kaki dan ruang kepala terasa baik, memberikan kelegaan bagi penumpang baris kedua maupun ketiga. Kursi baris ketiga juga bisa dilipat dengan pengaturan 50:50 untuk mempermudah fleksibilitas bagasi dengan pelipatan ke samping.

kursi Toyota Kijang Innova 2019

Mengingat Kijang Innova Reborn ini diperuntukan bagi keluarga, maka ruang kabin dan bagasi tentu saja dibuat lega. Di bagian belakang, ada bagasi yang luas untuk menyimpan barang-barang keperluan sehari-hari. Hanya saja lantai bagasi lebih tinggi, sedikit menyulitkan ketika harus memasukkan barang yang berat.

bagasi Toyota Kijang Innova 2019

Mesin

Sama seperti model sebelumnya, Toyota menggunakan dua pilihan mesin yang dipasangkan, mesin bensin dan diesel. Ada mesin 1TR-FE yang masih digunakan pada Toyota Kijang Innova Reborn namun dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih baik dalam mengolah bahan bakar.

mesin Toyota Kijang Innova 2019

Pilihan lainnya yaitu mesin diesel 2GD-FTV 2.4L yang mampu menghadirkan tenaga hingga 149 PS dan torsi maksimal 342 Nm. Jauh lebih bertenaga dibandingkan model berbahan bakar bensin yang hanya membawa 139 PS dan torsi puncak 183 Nm.

Mesin Toyota Kijang Innova 2019
Tipe Mesin 2GD-FTV 2.4L DOHC VNT Intercooler 1TR-FE 2.0L DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 2.393 cc 1.998 cc
Perbandingan kompresi 15.6:1
Daya maksimal 149 PS/ 3.400 rpm 139 PS/ 5.600 rpm
Torsi maksimal 342 Nm/ 1.200 – 2.800 rpm 183 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi 5-speed manual dan 6-speed A/T with Sport Sequential Switchmatic
Diameter dan langkah 92.0 mm x 90.0 mm 86,0 mm X 86,0 mm

Fitur

Kekedapan kabin yang baik ditunjang oleh 4 buah speaker dan 2 tweeter. Kijang Innova tipe V dan Q tahun produksi 2019 juga sudah dilengkapi rear seat entertainment yang bisa memutar video. Ada pula AC Dual Blower dengan 4 buah kisi AC memberikan kenyamanan bagi penumpang di belakang.

transmisi Toyota Kijang Innova 2019

Beberapa fitur lain yang turut diberikan pada mobil ini antara lain,

Fitur hiburan

  • 8" Head Unit Multi Connectivity, Screen Mirroring, Voice Command, and Air Gesture
  • Steering Wheel Audio Control Switch with MID Control
  • TFT MID
  • Digital AC Climate Control
  • Electric Retractable Side Mirrors
  • Ambient Light
  • Keyless Entry
  • Tilt and Telescopic Steering
  • Glovebox with Cooler
  • Eco and Power Mode
  • LED Projector Headlamps
  • LED DRLs
  • 2nd Row Captain Seats
  • 2nd Row Table

Fitur keselamatan

  • 7 Airbags
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Brake Assist
  • Vehicle Stability Control
  • Hill Assist Control
  • Emergency Brake Signal
  • Isofix with Tether Anchor
  • Immobilizer
  • Alarm System

Harga Toyota Kijang Innova 2019

Ada tiga varian yang bisa ditemukan pada Toyota Kijang Innova 2019 sebelum berganti muka, yaitu tipe G, V, dan Q sebagai varian tertinggi. Kijang Innova 2019 bermesin bensin dipasarkan mulai dari Rp309 jutaan, sedangkan mesin diesel dibanderol Rp339 jutaan.

Toyota Kijang Innova Reborn

Varian tertinggi, yaitu Toyota Kijang Innova tipe Q hanya tersedia dalam mesin bensin. Harga yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Dimana harga Toyota Kijang Innova 2019 varian tertinggi mulai dari Rp390 jutaan.

Toyota Kijang Innova 2020

Lima tahun sejak kemunculannya, Toyota akhirnya memberikan perubahan dan peningkatan sistem pada Kijang Innova guna bersaing dengan MPV lain yang lebih baru dan lebih modern. Hingga akhirnya Toyota Kijang Innova 2020 menjadi segar dengan fitur yang lebih lengkap.

Eksterior

Kijang Innova 2020 mendapatkan berbagai revisi pada tampilan luar mobil ini. Membuatnya lebih segar untuk tetap bersaing dengan MPV lain yang siap masuk ke industri otomotif Indonesia.

Toyota Kijang Innova 2020 depan

Yang paling signifikan terlihat pada grille depan yang dibuat lebih ramping serta menggunakan garis yang lebih tegas. Di bawah ada rumah lampu sein dengan aksen hitam glossy dan tidak terintegrasi dengan lampu kabut.

lampu depan Toyota Kijang Innova 2020

Yang berbeda lainnya pada sisi depan adalah posisi lampu kabut. Sebelumnya terintegrasi dengan lampu sein, facelift Toyota Innova mendapatkan lampu kabut yang membulat dan terletak pada bagian bawah bumper. Kijang Innova V sudah berteknologi LED, sedangkan tipe G masih mengandalkan teknologi halogen.

velg Toyota Kijang Innova 2020

Melengkapi perubahan pada tampilan depan adalah bumper depan yang berubah total. Untuk varian tertinggi, yaitu Toyota Innova Venturer, dibuat full hitam untuk memberikan kesan gagah sepanjang perjalanan. Sedang pada tipe di bawahnya ada aksen sewarna bodi yang membuatnya satu sebagai bumper guard.

Dari samping, ada velg baru yang diberikan pada Innova tipe G dan V dengan spoke model kipas berukuran 16 inci. Sedang varian termahal Venturer dibuat lebih minimalis berukuran 17 inci yang dibuat lebih elegan.

spoiler belakang Toyota Kijang Innova 2020

Beralih ke belakang, sebenarnya tak ada perubahan signifikan yang terlihat. Tampilan yang lebih segar terasa dari garnish plastik berwarna hitam pada housing plat nomor. Aksesoris ini hanya ditawarkan pada tipe V dan Venturer. Sedangkan Innova G terlihat masih polos.

Sebagai pelengkap perubahan pada bagian luar, ada pilihan warna baru yang tersedia pada Toyota Innova 2020, yaitu Phantom Brown Mica Metallic (Cokelat Gelap). Hanya saja ada pilihan warna yang tak lagi dipasarkan, yaitu Avant Garde Bronze (Cokelat Muda) dan Alumina Jade (Biru Kehijauan).

Dimensi Toyota Kijang Innova 2020
Panjang x lebar x tinggi 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm
Jarak poros roda 2.750 mm
Ground clearance 176 mm
Radius putar 5.4 m
Bobot mobil 1.690 kg
Kapasitas tangki 55 L

Interior

Ubahan yang lebih baru juga terasa pada interior yang dibuat lebih segar. Terlihat pada penambahan fitur standar di dalam kabin. Beberapa teknologi yang sebelumnya hanya bisa didapatkan pada varian tertinggi kali ini sudah dimiliki Innova tipe G maupun V.

dashboard Toyota Kijang Innova 2020

Secara keseluruhan, jok dan beberapa bagian doortrim mendapatkan warna cokelat gelap yang membuatnya lebih elegan dibandingkan warna merah bata layaknya model sebelumnya. Arm rest pada doortrim menggunakan bahan kain sehingga membuatnya lebih mudah dibersihkan.

kursi Toyota Kijang Innova 2020

Sebelumnya hanya Innova tipe Venturer yang mendapatkan captain seat. Namun pada perubahan kali ini, varian G dan V juga sudah memiliki salah satu jok kursi dengan berbagai kenyamanan ini. Sedangkan tipe termewah mendapatkan interior dengan dominasi warna hitam.

Selain untuk kenyamanan, Kijang Innova 2020 tipe G Luxury dan Venturer dilengkapi dengan fitur pembersih udara kabin yang hampir sama dengan fitur Nano-e seperti yang digunakan pada Honda CR-V. Fitur ini akan melepaskan ion negatif dan menangkap kotoran yang biasanya bermuatan positif.

AC Toyota Kijang Innova 2020

Hanya saja fitur ini tak serta merta memiliki hubungan dengan virus corona. Pasalnya fitur ini sudah lebih dulu digunakan pada mobil lain sebelum pandemi COVID-19 muncul. Karena itu, pastikan untuk memastikan pengendaraan tetap aman tanpa virus dengan menjaga kebersihan kabin.

Mesin

Sebenarnya tak ada perubahan signifikan dalam hal mesin yang digunakan pada New Kijang Innova 2020. Apalagi mengingat varian kali ini hanya berupa facelift. Jadi perubahan yang ditawarkan hanya memaksimalkan kosmetik dan beberapa teknologi baru.

mesin Toyota Kijang Innova 2020

Mesin 2GD-FTV 2.4L dan 1TR-FE 2.0L DOHC masih dipertahankan. Keluaran tenaga dan torsi maksimal yang bisa dikeluarkan juga masih sama. Semua model Innova juga mendapatkan transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis dengan sistem Sport Sequential Switchmatic.

Mesin Toyota Kijang Innova 2020
Tipe Mesin 2GD-FTV 2.4L DOHC VNT Intercooler 1TR-FE 2.0L DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 2.393 cc 1.998 cc
Perbandingan kompresi 15.6:1
Daya maksimal 149 PS/ 3.400 rpm 139 PS/ 5.600 rpm
Torsi maksimal 342 Nm/ 1.200 – 2.800 rpm 183 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi 5-speed manual dan 6-speed A/T with Sport Sequential Switchmatic
Diameter dan langkah 92.0 mm x 90.0 mm 86,0 mm X 86,0 mm

Fitur

Secara garis besar, fitur yang disematkan pada Innova 2020 tak mendapatkan banyak perubahan. Tapi fitur Electronic Stability Control yang sebelumnya digunakan pada varian tertinggi akhirnya bisa didapatkan oleh varian tipe G dan V.

rear infotainment Toyota Kijang Innova 2020

Berbagai fitur lain yang masih digunakan pada Kijang Innova 2020 di antara lain,

Fitur Hiburan

  • 8" Head Unit Multi Connectivity, Screen Mirroring, Voice Command, and Air Gesture
  • Steering Wheel Audio Control Switch with MID Control
  • TFT MID
  • Digital AC Climate Control
  • Electric Retractable Side Mirrors
  • Ambient Light
  • Keyless Entry
  • Tilt and Telescopic Steering
  • Glovebox with Cooler
  • Eco and Power Mode
  • LED Projector Headlamps
  • LED DRLs
  • 2nd Row Captain Seats
  • 2nd Row Table

Fitur keselamatan

  • 7 Airbags
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Brake Assist
  • Vehicle Stability Control
  • Hill Assist Control
  • Emergency Brake Signal
  • Isofix with Tether Anchor
  • Immobilizer
  • Alarm System

Harga Toyota Kijang Innova 2020

Tanpa tipe Q yang sudah tak lagi dipasarkan, praktis Kijang Innova hanya mendapatkan dua tipa saja, yaitu G dan V. Namun Innova masih menawarkan hingga 12 pilihan varian berbeda yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen Tanah Air.

Ada dua pilihan mesin, dua pilihan transmisi serta pilihan varian Luxury dengan tampilan dan teknologi yang lebih lengkap. Kali ini harga Toyota Kijang Innova 2020 entry level mulai dari Rp337 jutaan untuk varian 2.0 G M/T.

Toyota Kijang Innova 2020

Varian diesel dengan mesin yang lebih besar membuat harganya lebih tinggi. Seperti varian entry level Innova 2.4G M/T dipasarkan mulai dari Rp368 jutaan. Sedangkan harga Toyota Kijang Innova 2020 tertinggi mulai dari Rp440 jutaan untuk varian 2.4 V A/T.

Dengan perubahan pada akhir tahun ini, harga Toyota Kijang Innova 2021 bisa dibilang tak berubah banyak. Namun tentu saja Toyota kemungkinan besar menawarkan harga yang lebih tinggi tahun depan. Besar kemungkinan harga Toyota Kijang Innova 2021 bertambah mengikuti inflasi yang terjadi di Indonesia.

Kesimpulan

Kenyamanan dari fitur yang lengkap, kapasitas kabin yang lapang, serta suspensi yang nyaman menjadi kelebihan Toyota Kijang Innova terbaru. Hanya saja harga Toyota Kijang Innova 2020 lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Dan tentu saja harga Toyota Kijang Innova 2021 kemungkinan besar akan lebih mahal dibandingkan model tahun ini.

Komentar

Mobil Terbaru