Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur

Anissa · 6 Mar, 2021 13:00

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 01

Para pecinta otomotif Tanah Air pasti sudah dengar mengenai kabar kedatangan Honda Brio RS Urbanite Edition. PT. Honda Prospect Motor sendiri telah merilis harga dari Honda Brio RS Urbanite Edition ini secara resmi.

Diketahui bahwa harga varian yang disebut paling sporty di antara semua varian Honda Brio tersebut akan dipasarkan mulai dari harga Rp185,5 jutaan untuk varian dengan transmisi manual, serta Rp200,2 jutaan untuk varian dengan transmisi CVT. Jika kita bandingkan dengan Honda Brio RS standard yang sudah ada di pasaran, mobil ini memang lebih mahal sekitar Rp7 jutaan karena mendapatkan tambahan aero kit pada mobil tersebut.

Pihak Honda sendiri menghadirkan Honda Brio RS Urbanite Edition sebagai salah satu varian yang menyasar kalangan konsumen muda yang ingin tampil beda. Karena itulah, pada mobil edisi khusus ini, ada beberapa aksesori baru yang disematkan pada Honda Brio RS.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 02

Lalu apa saja aksesori baru yang disematkan pada Honda Brio RS Urbanite? Dan bagaimana performa mesinnya? Mari kita cari tahu informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Honda Brio

Honda Brio merupakan salah satu model mobil dari Honda yang memang sengaja dihadirkan untuk memenuhi permintaan para konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk digunakan di daerah perkotaan dan digunakan sebagai mobil harian. Honda Brio memiliki desain yang kompak, tetapi atraktif, serta memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Tidak heran jika kemudian kita melihat ada banyak mobil Honda Brio yang lalu lalang di daerah perkotaan.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 03

Bukan hanya memiliki desain atraktif dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, Honda Brio juga populer dan banyak digemari berkat harga spare partnya yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, harga mobil bekasnya pun cenderung masih tinggi sehingga nilai mobilnya tidak cepat turun.

Ada dua generasi dari Honda Brio di Indonesia. Kedua generasi dari Honda Brio ini pun memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Perbedaan ini juga bukan terdapat hanya pada bagian eksteriornya saja, melainkan juga pada bagian interior Honda Brio.

Honda Brio ini pada awalnya dibuat dengan model subcompact hatchback. Mobil ini juga awalnya hanya diproduksi di India dan Thailand. Honda Brio secara resmi diluncurkan di India dan Thailand pada tahun 2011 yang lalu.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 04

Kemudian setahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2012, PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM resmi Honda di Indonesia memboyong Honda Brio untuk dipasarkan di Tanah Air. Di Indonesia sendiri, ada beberapa varian dari Honda Brio yang dipasarkan, yakni Honda Brio 1.2L A/T, Honda Brio RS, dan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC.

Berkat respons masyarakat Indonesia yang sangat baik terhadap line-up Honda Brio ini, pihak Honda pun mulai merakit Honda Brio secara lokal mulai tahun 2013, atau satu tahun setelah peluncurannya di Indonesia.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 05

Bagi yang belum tahu, nama Honda Brio sendiri ternyata memiliki arti yang unik. Kata “Brio” berasal dari bahasa Italia yang berarti “ceria”. Dengan menggunakan nama tersebut, Honda berharap bahwa para konsumen yang menggunakan Honda Brio ini akan selalu ceria dan bersemangat.

Perbedaan Honda Brio RS Urbanite Edition Dari Varian Lainnya

Pihak Honda sendiri mengaku, salah satu tujuan utama diluncurkannya Honda Brio RS Urbanite Edition ini adalah berkat permintaan konsumen yang cukup banyak. Pihak Honda pun memutuskan untuk meluncurkan Honda Brio RS edisi khusus ini dengan desain yang jauh lebih sporty. Mobil yang satu ini dirancang sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan gaya dan keinginan kaum milenial yang merupakan target pasar utama Honda Brio saat ini.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 06

Lalu apa yang membedakan Honda Brio RS Urbanite Edition dengan tipe standarnya? Kita akan bahan dari segi eksteriornya terlebih dahulu. Honda memberikan desain baru pada bagian front under spoiler dan rear under spoiler yang dilengkapi diffuser baru. Hal ini membuat Honda Brio RS Urbanite Edition tidak hanya terkesan sporty, tetapi juga agresif.

Tidak hanya itu, Honda Brio RS Urbanite Edition ini juga semakin atraktif berkat penggunaan black side under spoiler dan black side door mirror yang lengkap dengan LED turning signal. Selain itu, penggunaan black door handle juga membuat tampilan mobil ini semakin maskulin.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 07

Perbedaan paling mencolok pada Honda Brio RS Urbanite Edition yang bisa kita lihat adalah pada bodykit yang diusungnya. Bukan itu saja, Honda Brio RS Urbanite Edition ini juga menawarkan dua pilihan warna menawan, yakni Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow.

Kini kita beralih ke bagian interiornya. Pada bagian interiornya, memang tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan dari Honda Brio RS Urbanite Edition dengan Honda Brio RS bersi standar. Interior mobil ini masih menggunakan basis yang sama dengan Honda Brio RS, dengan dominasi warna hitam dan dipadukan dengan sedikit aksen berwarna oranye.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 08

Untuk menunjang kenyamanan para penumpangnya, mobil yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan adjustable headrest pada semua kursinya. Lalu untuk fitur hiburannya sendiri, head unit yang digunakan pada Honda Brio RS Urbanite Edition ini masih sama dengan yang digunakan pada versi standarnya. Mobil ini mengandalkan head unit dengan pemutar radio AM/FM, CD/DVD Player, dan fitur konektivitas seperti Bluetooth, AUX-IN, dan USB Port.

Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition

Sekarang saatnya kita bahas soal jantung mekanis dari Honda Brio RS Urbanite Edition ini. Honda diketahui tidak memberikan pembaruan apapun dalam hal mesin pada Honda Brio RS edisi khusus ini. Untuk lebih rincinya, mari kita lihat poin-poin berikut ini:

  • Mesin : 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
  • Kapasitas : 1,2 Liter (1.199 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology
  • Tenaga : 90 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 110 Nm / 4.800 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 35 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 09

Seperti yang bisa kita lihat di atas, mobil Honda Brio RS Urbanite Edition mengandalkan mesin bensin 4 silinder segaris dengan 16 katup dan teknologi SOHC, i-VTEC, serta Drive By Wire (DBW) yang dinilai mampu memaksimalkan tenaga yang dikeluarkan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Untuk sistem penggeraknya sendiri, mobil yang satu ini mengandalkan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

Mesin yang digendong Honda Brio RS Urbanite Edition ini sendiri memiliki kapasitas mesin 1.199 cc atau setara dengan sekitar 1,2 liter. Mobil ini dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis Variable Speed CVT. Dengan konfigurasi mesinnya ini, Honda Brio RS Urbanite Edition bisa menghasilkan tenaga sebesar 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Ini Dia Spesifikasi Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition Yang Baru Meluncur 10

Menariknya lagi, mesin yang digendong Honda Brio RS Urbanite Edition ini memiliki perbandingan kompresi 10,1:1. Hal ini berarti mesin ini bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 maupun 92.

Komentar