window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Foto-foto Detil Wuling Hongguang EV Macaron, Mobil Listrik Murah yang Viral Sudah Masuk Indonesia

Prasetyo · 29 Jul, 2021 11:40

Wuling Hongguang EV Macaron Indonesia

Wuling Hongguang Mini EV menjadi begitu populer di Cina. Sebab penjualannya membludak bahkan menjadi mobil listrik terlaris di negara tersebut. Ukurannya yang mungil tapi punya desain menggemaskan serta harganya yang sangat terjangkau membuat Wuling Hongguang begitu digemari.

Nah sepertinya mobil listrik yang viral di Tiongkok ini bakal segera bikin heboh juga di Indonesia. Sebab Wuling Motors ternyata telah mendatangkan mobil listrik murah tersebut ke dalam negeri.

Wuling Hongguang EV Macaron Indonesia -1

Terpantau baru turun di Tanjung Priok (foto: Indra Fathan)

Beberapa unit Wuling Hongguang Mini EV terlihat sudah ada di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Apakah ini sinyalemen jika Wuling memang sudah berniat memasarkan mobil tanpa bahan bakar fosil tersebut?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Mobil Listrik Wuling Hongguang Sudah Mondar Mandir di Filipina dan Thailand, Next Indonesia?

Bukan Mobil Listrik Wuling Pertama yang Ada di Indonesia

Keberadaan Wuling Hongguang Mini EV Indonesia menjadi bahan perbincangan ketika sebuah video dari akun Lukman Avengers diunggah pada 22 Juli 2021 lalu kemudian diunggah lagi oleh Instagram @indra_fathan.

Wuling Hongguang EV Macaron Indonesia -2

Tampilan panel instrument (foto: Indra Fathan)

Mobil ini diketahui baru saja tiba dari negara asalnya. Mengingat posisi setir masih di sebalah kiri, dimana ini posisi setir untuk mobil-mobil di Cina.

Namun sepertinya yang didatangkan ke Indonesia adalah Wuling Hongguang EV Macaron. Yakni varian lain dari Hongguang yang punya pilihan warna-warna aktraktif. Warna eksteriornya ada Avocado Green, Lemon Yellow dan White Peach Pink. Bahkan disediakan juga pilihan warna Two Tone sebagai optional.

Wuling Hongguang EV Macaron Indonesia -3

Pilihan warna Wuling Hongguang EV Macaron

Sebenarnya jika sedikit mundur beberapa tahun ke belakang, Hongguang EV Macaron bukan mobil listrik pertama yang dibawa Wuling ke Tanah Air. Misalnya pernah datang juga Wuling E100 saat pameran GIIAS 2018. Lantas juga pernah dipajang Wuling E200 saat hajatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

Harga Wuling Hongguang EV Macaron Gak Sampai Rp100 Juta

Lalu apakah kehadiran Wuling Hongguang Mini EV ini pertanda bakal seger dijual? Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Wuling Motors. Namun kabarnya mobil ini datang ke Indonesia sebagai bentuk persiapan Wuling yang ikut serta dalam pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Wuling Hongguang EV Macaron Indonesia -4

Layout dasbornya (foto: Indra Fathan)

Mengingat awalnya GIIAS tahun ini dijadwalkan Agustus, namun kemudian mundur jadi November, maka mobil tersebut sudah tiba di Tanah Air bulan ini. Apakah nantinya akan dipajang di dealer-dealer sambil menunggu pameran GIIAS resmi digelar, atau hanya akan disimpan oleh pihak Wuling Motors, juga belum ada bocorannya.

Yang pasti jika mobil ini benar-benar rilis di Indonesia akan sangat menarik. Mengingat di negara asalnya mobil ini dibanderol Rp80 jutaan sampai Rp90 jutaan. Bahkan untuk harga Wuling Hongguang Mini EV bukan yang versi Macaron, banderolnya cuma Rp60 jutaan.

Wuloing Hongguang EV Macaron Indonesia -5

Emblem Macaron (foto: Indra Fathan)

Mengingat sejumlah pabrikan Jepang lain juga sedang menyiapkan mobil listrik untuk pasar Indonesia, rasanya tidak salah jika Wuling juga ikut bermain di segmen yang sama dengan Hongguang. Boleh jadi penjualannya juga bakal se-viral di Cina.

Baca juga : Mobil Listrik Terlaris Wuling Hongguang MINI EV Kini Tampil Funky Tanpa Atap!

Fiturnya Lebih Lengkap dari Hongguang Biasa

Dimensi Wuling Hongguang EV Macaron 2021
Panjang 2.917 mm
Lebar 1.493 mm
Tinggi 1.621 mm
Jarak sumbu roda 1.940 mm

Wuling Hongguang EV Macaron merupakan model terbaru dari Wuling Hongguang yang resmi dirilis April 2021. Selain warna-warnanya lebih centil, ternyata fiturnya juga lebih elngkap.

Wuling Hongguang EV Macaron Indonesia -6

Velg kaleng ditutup dop (foto: Indra Fathan)

Misalnya dari sisi eksterior mobil ini sudah pakai lampu depan dan belakang LED serta lampu depannya terintegrasi Daytime Running Light (DRL). Velgnya juga sebenarnya masih pakai jenis steel wheels alias velg kaleng, tapi di tutup dop dengan warna kombinasi hitam putih jadi terlihat lebih menarik.

Kemudian perangkat keselamatannya juga ditambah oleh Wuling. Misalnya sudah dilengkapi airbags untuk pengemudi dan penumpang, sudah ada ABS dan EBD, sudah pakai sernsor parkir, ada rear camera, dan sudah ada TPMS (Tire Pressure Management System).

Untuk sumber tenaganya sendiri, mobil ini ada yang menggunakan baterai 9,3 kWh dan ada yang berkapasitas 13,9 kWh. Daya puncaknya setara 27 PS dengan torsi maksimum 85 Nm. Baterainya dapat digunakan untuk perjalaan hingga 170 km. Dan kalau daya baterai habis bisa diisi ulang menggunakan soket listrik 220V di rumah.

Baca juga : Chery Bikin Mobil Listrik yang Mirip Wuling Hongguang, Harganya Setara Motor

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil