window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Fungsi Clear Coating Pada Cat Mobil

Samuel Tito · 8 Sep, 2020 19:00

Ini Fungsi Clear Coating Pada Cat Mobil 01

Pelapis bening atau juga disebut clear coating adalah pelapisan cat non-pigmen yang diaplikasikan di atas coating pada cat mobil. Pada dasarnya mobil Anda memiliki tiga hingga empat lapis cat.

Coating pada cat mobil pertama yang langsung menempel pada permukaan plat bodi mobil adalah stainless untuk mencegah karat. Coating selanjutnya adalah primer. Primer pada dasarnya memiliki fungsi untuk meratakan permukaan stainless yang tidak rata.

Coating pada cat mobil selanjutnya adalah top coat atau yang disebut juga dengan color coat. Coating ini pada dasarnya adalah warna yang Anda lihat di mobil Anda setiap hari. Ini cat yang mengandung warna, tergantung warna yang diaplikasikan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Permukaan cat ini tidak mengkilat dan diaplikasikan dengan cara disemprot. Kemudian coating pada cat mobil ini pada dasarnya juga kurang tahan terhadap sinar ultraviolet (UV).

Langkah terakhir dalam mengecat bodi mobil dan Coating terakhir adalah Coating bening. Ini adalah Coating tidak berwarna (bening) yang memperkuat warna tubuh dan melindungi Coating lain dari kerusakan. Jika Anda tidak merawat Coating beningnya, itu akan berdampak buruk pada warna mobil Anda.

Clear coat juga mengandung kandungan anti UV sehingga sinar UV tidak menembus Coating atas. Seberapa baik ketahanan coating bening terhadap sinar UV akan mempengaruhi daya tahan cat mobil secara keseluruhan.

Pada beberapa mobil Eropa Coating ini umumnya lebih tebal, oleh karena itu cat mobil Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz dan lain-lain biasanya lebih tahan lama.

Coating Pada Cat Mobil Mulai Usang

Ini Fungsi Clear Coating Pada Cat Mobil 01

Coating bulu yang bening membuat badan mobil berkilau dan terlihat baru. Karena sangat mengkilap, sangat sulit untuk menemukan kerusakan kecil pada coating ini. Goresan atau goresan kecil biasanya bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan produk cat tubuh karena hanya mengenai coating luar cat.

Namun, saat clear coating mobil mulai usang, maka cat mobil Anda akan terlihat lebih kusam. Cat tidak akan terlihat mengkilap seperti dulu dan ini karena coating bening kehilangan beberapa sifat pelindungnya.

Satu hal spesifik yang harus diperhatikan adalah apakah catnya terkelupas atau tidak. Kebanyakan orang tidak akan menyadarinya karena pada dasarnya mobil Anda tidak berubah, hanya terlihat ketinggalan zaman. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda mungkin bisa melihat lebih jelas saat Coating bening mulai luntur.

Ketika Anda menemukan beberapa bintik pada bodi mobil yang sepertinya coating beningnya mulai luntur, jangan membeli cat semprot bening dan coba perbaiki sendiri.

Coating bening yang menyertai cat mobil asli Anda 'meresap' ke dalam coating warna, membantu melindunginya dari sinar UV dan kerusakan lainnya.

Jika Anda menyemprotkan coating cat bening baru di atas coating cat bening yang sudah ada, hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, cukup tutupi saja.

Anda bahkan mungkin masih dapat melihat noda yang terkikis dari coating pada cat mobil karena pelapisan yang digunakan tidak akan menyatu dengan baik dengan pelapis warna dasar seperti aslinya.

Jika Anda ingin memaksakan semprotan cat bening Anda sendiri, Anda harus menggunakan amplas tipis. Namun, sebaiknya hal ini dilakukan pada bagian tubuh yang tidak terlalu terekspos karena toh pasti akan ada perbedaan kilapnya.

Jika warna dan kilau bodi mobil Anda dalam kondisi cukup buruk dan Anda perlu mendapatkan coating bening di seluruh bodi, jangan pernah melakukannya sendiri. Menerapkan coating bening dengan hasil terbaik hanya dapat dilakukan oleh para profesional. Ini perlu dilakukan di toko cat atau bengkel khusus.

Tren Coating Pada Cat Mobil

Ini Fungsi Clear Coating Pada Cat Mobil 02

Pelapis mobil akhir-akhir ini menjadi kebutuhan para pemilik mobil, banyak sekali pembahasan mengenai pelapis yang menjadi trending topik di berbagai website dan majalah otomotif. Apalagi di Jakarta, sebagai ibu kota dengan jumlah mobil yang dimiliki terbesar, wajar jika masyarakat Jakarta mengaplikasikan pelapis sebagai pelengkap pada mobilnya.

Dan trend ini terus berkembang ke Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan kota-kota sekitarnya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah car coating? Serta manfaat apa yang bisa kita dapatkan dengan melapisi mobil?

Memahami Coating Pada Cat Mobil

Ini Fungsi Clear Coating Pada Cat Mobil 03

Coating adalah proses pemberian Coating pelindung pada cat mobil dengan menggunakan cairan Nano. Nano Cairan ini juga memiliki varian yang beragam, mulai dari Nano Ceramic, Nano Quartz, Teflon, Nano Glass hingga yang terbaru yaitu Ultimate Nano Ceramic yang merupakan versi upgrade terbaru dengan peningkatan performa hingga 30 persen dari Nano Ceramic konvensional. Karena ini adalah artikel tentang Ultimate Nano Ceramic kami akan membahasnya.

Keunggulan Keramik Nano Coating Pada Cat Mobil

• Teknologi terbaru

Formula unik dan canggih dengan Ultimate Nano Ceramic Hybrid 3D-Matrix memastikan mobil mendapat perlindungan terbaik. Ultimate Nano Ceramic merupakan hasil pengembangan Nanoteknologi terkini dengan peningkatan performa hingga 30 persen dari Nano Ceramic konvensional.

• 9H + Kekerasan

Setelah kering, Nano Ceramic akan mengeras dengan tingkat kekerasan 9H +. Coating bening (clear coating/varnish) yang disertakan pada mobil hanya memiliki tingkat kekerasan antara 2H - 4H. Sehingga Coating coating ini akan menjadi pelindung dari goresan halus dan tetap menjaga keaslian cat pabrik asli. Ketahanan terhadap goresan tersebut tergantung dari seberapa tebal coating pelapis yang diaplikasikan pada mobil Anda. Semakin tebal Coating coating yang diberikan maka semakin kuat pula ketahanan coating tersebut dari goresan.

• Partikel Nano

Dengan ukuran yang sangat kecil akan menembus pori-pori cat, mengisi pori-pori yang ada, sehingga dapat mempertahankan warna dan melindungi dari bahan asing seperti: aspal, lumpur, getah pohon, hujan asam, kotoran burung, dll.

• Efek Hidrofobik (Pengusir Air, Minyak & Kotoran)

Air hujan atau air yang kita gunakan untuk mencuci mobil jika tidak segera dilap (dikeringkan) akan menyebabkan noda berkerak dan munculnya jamur, dan lama kelamaan noda akan sulit dibersihkan karena meresap ke Coating bening (varnish).

Dengan pemberian Coating ini maka cat dan Coating bening pada mobil akan terlindungi, karena Coating pelapis ini memiliki efek hidrofobik (mengusir air) yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil tanpa pelapis. Efek hidrofobik ini seperti permukaan daun talas, jika terkena air atau kotoran tidak akan mudah menempel. Sehingga munculnya kerak air dan jamur pada permukaan cat dapat diminimalisir.

• Tahan Kimia & Korosi

Coating Keramik Nano juga akan melindungi cat mobil dari bahan kimia dan korosi (karat). Pelapis mengandung senyawa yang dapat menahannya selama bertahun-tahun.

• Perlindungan UV

Sinar Ultra Violet dapat menyebabkan cat mobil menjadi pudar dan kusam. Jika mobil Anda sering diparkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung, tentunya cat mobil Anda akan sangat cepat terlihat kuning (untuk mobil putih) atau kusam. Coating keramik nano ini memiliki kandungan anti UV sehingga dapat melindungi mobil dan meminimalkan lunturnya cat mobil akibat sinar ultra violet.

• Efek Kilap & Tampilan Basah

Pada umumnya pada salon car / auto detailing, setelah proses poles mobil akan diberi Coating finishing menggunakan wax untuk memberikan efek glossy pada permukaan cat. Untuk mobil yang dilapisi Ultimate Nano Ceramic, mobil ini juga memiliki efek glossy & Wet Look pada permukaan cat mobil. Bedanya jika wax hanya bertahan 2 - 4 minggu, coating ini bisa bertahan minimal 2 - 10 tahun.

• Agen Pembersih Diri

Debu dan kotoran dapat dengan mudah dihilangkan. Cukup menggunakan air, sehingga kotoran pada body mobil akan sangat mudah keluar.

• Permanen

Coating pelapis nano bersifat permanen. Dengan masa aktif lebih dari 5 tahun.

Mobil yang sudah dilapisi Ultimate Nano Ceramic Coating akan sangat mudah dalam melakukan perawatan terutama kemudahan dalam membersihkan kotoran yang menempel cukup dengan mencucinya menggunakan air atau shampo khusus mobil. Mobil akan selalu terlihat baru, berkilau tanpa harus melakukan waxing lagi. Selain itu, adanya Coating pelindung yang kuat akan membuat kita nyaman dalam berkendara dan tidak terlalu khawatir dengan banyaknya benda asing (panas matahari, hujan asam, getah pohon, aspal, dll) yang dapat merusak cat mobil kita.

Berapa Harga Coating Pada Cat Mobil?

Untuk harga pelapis mobil bervariasi dari satu produk ke produk lainnya atau dari satu salon mobil ke salon mobil lainnya. Namun, rata-rata harga termurah berkisar antara Rp2,5 juta - 25 juta untuk sekali pengerjaan tergantung ukuran mobil dan banyaknya coating yang diaplikasikan.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil