window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021

Enda · 9 Feb, 2021 07:00

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021 01

Mitsubishi Xpander Cross 2021

Tren pada Low Sport Utility Vehicle (LSUV) atau crossover kekinian semakin banyak menggunakan sistem front wheel drive. Hal ini lantas mendorong PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air menghadirkan Mitsubishi Xpander Cross 2021 dengan sistem penggerak roda depan atau biasa disebut Front-Wheel Drive (FWD) sebagai penggerak utamannya.

Sebagai LSUV 7-seater penggerak roda depan, Mitsubishi Xpander Cross 2021 menurut situs resminya ditawarkan mulai dari Rp276,5 juta – Rp299,5 juta on the road Jakarta.

Pada awal kemunculannya, sistem FWD ini banyak menuai cibiran karena dianggap tidak setangguh penggerak roda belakang. Tentu saja, sistem penggerak roda depan seperti yang diaplikasikan pada Mitsubishi Xpander Cross 2021 ini memiliki beberapa keunggulan.

Penasaran apa saja keunggulan penggerak roda depan yang ada pada Mitsubishi Xpander Cross 2021? Berikut ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sistem Penggerak Roda Depan pada Mitsubishi Xpander Cross 2021 Dirasa Lebih Nyaman

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021 01

Sistem penggerak roda depan atau Front-Wheel Drive (FWD)

Diketahui, mobil dengan sistem penggerak roda depan dianggap memberikan kenyaman lebih dalam berkendara, ketimbang mobil dengan penggerak roda belakang atau yang disebut Rear-Wheel Drive (RWD).

Hal ini terjadi lantaran mobil dengan penggerak roda depan memiliki kabin yang lebih luas berkat tidak adanya gundukan di tengah seperti kebanyakan mobil penggerak roda belakang umumnya.

Selain itu, tingkat besar kemungkinan suara berdengung di Mitsubishi Xpander Cross 2021 tidak akan terjadi, seperti mobil dengan sistem penggerak RWD yang diakibatkan karena diferensial atau gardan mengalami keausan.

Mitsubishi Xpander Cross 2021 Lebih Bisa Diandalkan di Jalan yang Licin

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021 02

Mitsubishi Xpander Cross 2021 bisa diandalkan

Tidak benar bila mobil dengan sistem penggerak roda depan seperti Mitsubishi Xpander Cross 2021 dianggap kurang bisa diandalkan khususnya di jalan yang licin.

Justru dengan menganut sistem penggerak roda depan, keunggulan Mitsubishi Xpander Cross 2021 ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil FWD diketahui akan lebih bagus pada jalan kondisi yang licin.

Hal ini dikarenakan, roda depan bertugas untuk menarik mobil, bukan mendorong seperti mobil dengan penggerak RWD. Selain itu, berat mesin mobil yang berada di depan, lebih memberikan rigid pada roda, sehingga membantu traksi disaat kondisi hujan maupun jalan yang licin.

Perbaikan Sistem Penggerak Mitsubishi Xpander Cross 2021 Lebih Mudah dan Murah

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021 03

Drivertrain penggerak roda depan

Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda yang membuat mobil dapat bergerak.

LSUV seperti Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki rangkaian komponen sistem penggerak lebih sedikit dibandingkan Toyota Rush maupun Daihatsu Terios yang memakai sistem penggerak RWD.

Dengan jumlahnya yang lebih sedikit, maka biaya produksi jadi lebih murah, sehingga membuat beberapa mobil dengan penggerak roda depan memiliki harga jual barunya yang lebih murah. Selain itu juga, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan dianggap lebih mudah.

Sistem Penggerak Roda Depan pada Mitsubishi Xpander Cross 2021 Punya Tarikan Lebih Responsif

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021 04

Keunggulan Mitsubishi Xpander Cross 2021 penggerak roda depan

Berbeda dengan mobil berpenggerak RWD, LSUV 7-seater FWD seperti Mitsubishi Xpander Cross 2021 dianggap memiliki tarikan yang lebih responsif. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya, putaran tenaga yang disalurkan melalui transmisi tidak perlu jauh-jauh menuju roda.

Tentunya hal seperti ini membuat putaran rodanya dapat bergerak secara cepat.

Mitsubishi Xpander Cross 2021 Lebih Hemat BBM

Ini Hebatnya Sistem Penggerak Roda Depan di Mitsubishi Xpander Cross 2021 05

Nozzle bensin premium

Biacara spesifikasi mesin, Mitsubishi Xpander Cross 2021 ditanamkan jantung mekanik 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1.499 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 141 Nm @4.000 Rpm.

Jantung pacu ini ditanamkan dengan struktur transverse (melintang) sebagai ciri khas mobil penggerak roda depan. Memiliki kombinasi mesin canggih dengan katup peredam guncangan, mesin pada Mitsubishi Xpander Cross 2021 mampu memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan, serta dianggap mempunyai tarikan lebih spontan dan lebih irit bahan bakar. 

Benar saja, ketika melakukan pengetesan, LSUV 7-seater andalan Mistubishi ini mampu menempuh jarak 12,8 km/l penggunaan dalam kota. Sedangkan ketika dibawa melaju konstan di jalan bebas hambatan, tercatat jarak yang ditempuh 17,6 km/l.

Bicara mengenai rivalnya yang berpenggerak roda belakang, Toyota Rush maupun Daihatsu Terios, keduanya dianggap lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakar. Tercatat penggunaan dalam kota mampu meraih angka konsumsi bahan bakar 10 km/l, serta penggunaan luar kota 16,4 km/l.

Kesimpulan

Menggunakan roda depan agar bisa membuat Mitsubishi Xpander Cross 2021 dapat berjalan, nyatanya membuat LSUV jenama Mitsubishi ini memiliki banyak keunggulan.

Tidak hanya soal tenaga yang lebih responsif, irit bahan bakar, serta memiliki kabin yang cenderung lebih luas, Mitsubishi Xpander Cross 2021 juga terkenal lebih mudah dan murah perbaikan, serta bisa diandalkan di jalan yang licin karena memiliki traksi yang lebih rigid.

Namun begitu, sistem penggerak FWD tidak selamanya unggul dari sistem penggerak RWD.

Setidaknya terdapat beberapa kekurangan yang bisa kalian temukan pada mobil penggerak FWD. Beberapa kekurangan diantaranya gejala understeer, cendrung untuk bergerak kekiri atau kekanan dengan sendirinya saat melakukan traksi, selip saat menanjak dengan tingkat kemiringan cukup curam, serta bagian kaki-kaki yang mudah rusak.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil