Pada bagian luar, bumper depan dan belakang Kijang Krista dibuat lebih membulat serta diaplikasikan side moulding dan over fender yang membuatnya terlihat lebih gambot.
Tidak sampai disitu, beberapa bagian luarnya juga dilapisi lapisan krom yang membuatnya terkesan lebih prestisius.
Varian ini juga dijejalkan desain velg khusus yang terlihat lebih mewah dibanding Kijang Kapsul biasa.
Bukan cuma tampilan luar saja, interior Kijang Krista juga dibuat wah di masanya dengan disematkannya wood panel di area dashboard serta baris keduanya.
Tak seperti Kijang Kapsul biasa, Kijang Krista mendapatkan interior yang dilabur dengan warna hitam dan krem yang mana door trim dan jok menggunakan material bahan beludru yang halus.
Sebagai informasi, Toyota Kijang Krista ini diproduksi mulai dari 1997 hingga 2004, kiprahnya tamat seiring Toyota meneruskan generasi Kijang kelima yang berubah nama jadi Kijang Innova.
Berdasarkan beberapa penelusuran di situs jual beli mobil bekas, mobil ini ditawarkan mulai dari Rp55 jutaan hingga Rp115 jutaan.
Tertarik meminang Toyota Kijang Krista sebagai mobil keluarga? Sebelum membelinya, ketahui kelebihan dan kekurangnya Toyota Kijang Krista berikut ini.
Daftar harga Toyota Kijang Krista bekas:
Kijang Krista bekas tahun 1997: Rp56 jutaan - Rp60 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 1998: Rp65 jutaan - Rp73 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 1999: Rp70 jutaan - Rp75 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 2000: Rp65 jutaan - Rp78 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 2000: Rp75 jutaan - Rp85 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 2001: Rp78 jutaan - Rp85 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 2002: Rp80 jutaan - Rp90 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 2003: Rp85 jutaan - Rp100 jutaan
Kijang Krista bekas tahun 2004: Rp90 jutaan - Rp115 jutaan
Sebagai varian tertinggi, tentu banyak kelebihan yang dimiliki Kijang Krista dibanding tipe lainnya di generasi yang sama. Yuk kita bahas satu per satu.
1. Hadir dengan Sasis Panjang
Tidak seperti Kijang Kapsul yang hadir dengan opsi sasis pendek, Toyota Kijang Krista dilahirkan dengan sasis yang panjang.
Secara dimensi, mobil ini mempunyai panjang 4.490 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.775 mm.
2. Gunakan Ladder Frame
Menggunakan kontruksi rangka berjenis ladder frame atau model tangga, diketahui sasis yang digunakan mobil ini terbukti akan kekuatan serta kelenturannya.
Jadi jangan heran apabila sasis Kijang Krista jarang mengalami masalah terlebih mengalami patah pada sasis.
3. Kabin Lapang, Penumpang Tak Berdesakkan
Memakai sasis panjang, Toyota Kijang Krista dirancang dengan kabin yang besar dan lapang.
Hal ini diciptakan agar mobil ini mampu dengan mudah membawa penumpang serta barang dengan jumlah lebih banyak tanpa mengurangi rasa nyamannya.
Mengenai kapasitas penumpang, Kijang Krista ini dapat dimuati 7 hingga 8 orang didalamnya.
Kalian tak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan suku cadang mobil ini.
Pasalnya, untuk ketersediaan spare part Kijang Krista ini sama seperti Kijang Kapsul yang mudah ditemukan di seluruh penjuru nusantara.
Bukan cuma itu saja, harga spare part yang dijajakan juga terbilang sangat terjangkau, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan menguras isi dompet terlalu dalam.
5. Punya Tampilan yang Tak Lekang Oleh Zaman
Meski hadir di era 90-an, Toyota Kijang Krista memiliki tampilan yang bisa dikatakan tak lekang oleh zaman.
Punya bentuk body yang membulat, mobil ini diketahui memiliki tingkat keaerodinamisan yang cukup baik.
Jadi jangan heran apabila melaju kencang di jalur bebas hambatan menggunakan mobil ini kalian masih merasakan stabil.
6. Varian 1.800 Cc Banyak Digemari Karena Ketangguhannya
Mesin berkubikasi 1.800 cc yang ada pada Kijang Kristal baik dengan sistem kombusi karburator maupun injection, mampu menghasilkan tenaga 94 PS @5.000 rpm serta torsi 155 Nm @3.200 rpm.
Selain cukup bertenaga, varian mesin ini diketahui memiliki tingkat durabilitas yang sangat baik.
7. Mesin Diesel 2.400 Cc-nya Kuat dan Irit Bahan Bakar
Mengenai varian mesin diesel 2L 2.4 liter yang ada di Kijang Krista, mesin ini diketahui dapat memeras tenaga hingga 88 PS serta torsi maksimal 165 Nm.
Meski tenaga kuda yang dihasilkan lebih kecil dari varian mesin bensinnya, torsi yang dihasilkan lebih besar 10 Nm.
Tak heran apabila varian dieselnya ini dirasa lebih mudah dalam menaklukan berbagai medan yang menanjak atau menurun.
Tidak cuma itu saja, masih menggunakan teknologi diesel konvensional, mesinnya ini mampu menenggak solar dengan kualitas rendah yang mana dalam hal konsumsi bahan bakarnya tergolong sangat irit.
8. Hadir dengan Transmisi Otomatis
Bukan cuma disediakan transmisi manual 5-percepatan, Kijang Krista juga mendapat pilihan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.
Dengan begitu, pengguna tidak akan merasa mudah lelah ketika terjebak kemacetan yang cukup lama.
9. Suspensi Kijang Krista Terasa Empuk
Memakai suspensi berjeniskan double wishbone di bagian depan serta Rigid axle isoclamp di roda belakangnya, membuat ayunan serta bantingan mobil ini terasa begitu empuk.
Jadi jangan heran apabila melewati jalan yang berkontur menggunakan mobil ini terasa begitu nyaman tak kalah dengan mobil baru saat ini.
Gimana, makin tertarik beli Kijang Krista? eits, cermati dulu beberapa kekurangan dan penyakitnya sebelum meminang mobil ini
1. Terdengar Suara Berdencit Ketika Melewati Jalan yang Tidak Rata
Toyota Kijang Krista ini masih mewarisi kekurangan Kijang Super dengan timbulnya suara berdecit pada kaki-kaki bagian depannya.
Hal ini dikarenakan swing arm atau bushingnya mengalami kekeringan.
Untuk menanganinya, kalian bisa menambahkan pelumas berupa grease atau ‘gemuk’ pada bagian ini.
2. Suara Mesin Masuk ke Dalam Kabin
Ketika melaju di kecepatan yang tinggi, kalian bisa mendengarkan suara raungan mesin cukup keras masuk ke dalam kabin.
Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa kenyamanan berkendara.
Terlebih untuk varian dieselnya, suara kasar mesin diesel tersebut juga bisa kalian dengar dengan jelas ketika mobil melaju secara pelan.
3. Mesin Bensin 2.000 Cc-nya Kurang Diminati
Varian mesin bensin Toyota Kijang Krista juga hadir dengan kapasitas 2.000 cc berkodekan 1RZ-E 2.0 liter injection.
Secara data, mesin berkombusi injeksi ini mampu menghasilkan tenaga 102 PS serta torsi maksimal mencapai 160 Nm.
Meski memiliki tenaga yang lebih besar, varian ini kurang begitu diminati karena lebih boros bahan bakar dibandingkan varian 1.800 cc.
Penggunaan dalam kotanya saja mesin ini mencatatkan angka 6-7 km/liter.
Meski dibilang lebih irit, konsumsi BBM mesin 1.800 cc-nya ini mampu menempuh jarak 7-8 km/liter.
Sedangkan penggunaan luar kotanya mencapai 10 km/liter.
4. Fitur Keselamatan Hanya Mengandalkan Seatbelt Saja
Bicara soal fitur keselamatan, Toyota Indonesia membekali Kijang Krista hanya dengan seatbelt saja.
Tentunya kalian harus lebih berhati-hati ketika menggunakan mobil ini terlebih saat melaju di kecepatan tinggi dan jalan yang berkontur.
5. Melaju di Atas 140 Km/jam Dirasa Kurang Nyaman
Berkendara menggunakan Kijang Krista kami sarankan untuk tidak memacunya di atas 140 km/jam. Dikarenakan mobil ini seperti sudah mencapai batas maksimalnya.
Karena teknologi mesinnya belum terlalu modern dan karakternya main torsi besar di putaran rendah, tenaga yang dihasilkan juga tidak begitu istimewa.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.