window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Perbedaan Honda Brio Terbaru Dibanding Versi Lamanya

Naomi · 13 Mei, 2020 12:00

Ini Perbedaan Honda Brio Terbaru Dibanding Versi Lamanya 01

Melakukan world debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, generasi kedua Honda Brio dibebani tugas berat untuk meneruskan tahta sebagai Low Cost Green Car (LCGC) terlaris. Faktanya perubahan Honda Brio baru yang dilakukan sukses dan dibanderol mulai Rp 146 juta sampai Rp199,6 juta berhasil meneruskan prestasi itu.

Pasalnya, Honda tak sekedar merevisi sedikit versi lamanya tapi melakukan revolusi di seluruh aspek. Ubahan menyeluruh dilakukan mulai dari struktur rangka, desain eksterior, interior hingga fitur dan rasa berkendaranya. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Desain dan rancang bangun

Honda mengganti desain pintu bagasi yang tadinya glass panel dengan model tailgate style yang lebih kokoh. Begini, dulu memang ini menjadi keunikan Honda Brio dibanding mobil sejenis lainnya. Tapi faktanya, faktor keamanan dan kekokohannya memang menjadi salah satu faktor yang kerap dikeluhkan pemilik Honda Brio baru lantaran mudah pecah. Sekarang, walau desain buritan mobil Honda Brio terbaru berubah menjadi biasa, tapi konsumen tak perlu lagi khawatir soal itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Gara-gara pintu bagasi belakangnya itu, dimensi keseluruhannya jadi memanjang. Ruang bagasinya diperluas 90 mm sehingga kapasitasnya melonjak jadi 258 liter. Jarak sumbu roda pun ikutan melar 60 mm. Jelas penambahan dimensi dan jarak sumbu roda ini berdampak terhadap kelapangan kabin hingga rasa berkendaranya.

Menyesuaikan dengan desain buntut barunya, keseluruhan desain Brio dibuat lebih sporty. Honda sendiri menyebutnya dengan istilah ‘Proud of class’. Maksudnya, desain eksterior mobil ini sama sekali tak melambangkan dirinya sebagai entry-level atau mobil termurah Honda yang dijual di Indonesia. Apalagi kalau melihat versi termahalnya, yakni New Brio RS baru yang tidak terlihat murahan sama sekali.

Boleh dibilang kalau garis desain mobil ini secara umum diturunkan dari Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Honda Mobilio. Lihat saja grill, bemper dan lampu utamanya. Sekarang ada LED Positioning Lamp yang kalau menyala mirip lampu berkendara siang hari. Sampai-sampai Brio baru ditawarkan dalam pilihan warna Oranye dengan atap berwarna hitam khusus varian RS sama persis dengan Mobilio RS.

Desain velg direvisi. Varian RS punya ukuran 15-inci dual-tone piano black sedangkan velg Brio Satya berukuran 14-inci yang lebih sederhana. Kemudian lampu belakangnya berubah total, memiliki desain melebar hingga ke bagian tepi memberi kesan mobil lebih lebar.

Ini Perbedaan Honda Brio Terbaru Dibanding Versi Lamanya 01

2. Interior

Kesamaan dengan Honda Mobilio dibawa terus ke dalam bagian kabinnya. Sebetulnya memang desain dashboard ini tidak baru. Karena Brio generasi pertama versi facelift sudah pakai dashboard seperti ini. Bedanya, Brio RS baru punya ornamen list Oranye, sedangkan Brio Satya berwarna perak.

Honda Brio RS terbaru memang mendapat ubahan paling istimewa dibanding Brio Satya kalau dibandingkan dengan versi lamanya di bagian interior. New Brio RS sekarang punya tema interior berwarna hitam. Selain itu, jok depan sudah pakai sandaran kepala yang adjustable atau bisa diatur ketinggiannya.

Jok Brio Satya punya warna terang dan kursi depannya masih belum dilengkapi sandaran kepala terpisah. Untungnya kursi baris keduanya menyediakan tiga sandaran kepala, menjadikan Brio baru sebagai LCGC city car yang mampu mengakomodasi 5-penumpang secara nyaman dan aman. Apalagi jarak sumbu roda dan dimensi yang lebih panjang dari sebelumnya sukses membuat penumpang belakangnya merasa sedikit lebih lega.

Ruang bagasi yang berkapasitas lebih besar 84 liter dari sebelumnya juga bermanfaat. Belum lagi bukaan bagasinya lebih besar 15 persen memberikan akses keluar masuk bagasi yang lebih fleksibel.

Ini Perbedaan Honda Brio Terbaru Dibanding Versi Lamanya 02

3. Fitur

Supaya semakin melengkapi kebanggaan memilikinya, Honda menyematkan sejumlah fitur baru di dalam kabin mobil Honda Brio terbaru. Versi termahalnya mendapat head unit layar sentuh berukuran 6,1-inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Konektivitas USB dan Bluetooth serta Aux tetap tersedia. Hebatnya, sistem multimedia entry-level Honda ini sudah kompatibel dengan iPod dan bisa memutar Spotify. Tombol audio di lingkar kemudi hadir untuk memudahkan pengemudinya saat mengoperasikan audio tanpa harus melepas tangan dari setir.

Memang kalau dibandingkan dengan kompetitornya, agaknya fitur Brio baru sekarang sudah harus ditingkatkan. Pasalnya Toyota Agya yang belum lama diluncurkan mendapat tambahan Start-Stop Button. Bahkan Suzuki Ignis yang juga bermesin 1,2 liter sudah pakai kunci pintar untuk akses ke dalam kabin yang lebih mudah. Brio baru masih pakai kunci kontak untuk masuk-keluar kabin dan menghidupkan maupun memadamkan mesin. Jadi kalau dibandingkan sebelumnya, kunci mobil Honda Brio terbaru tak banyak berubah.

Faktor keamanan untungnya tetap diperhatikan. Kunci Honda Brio baru sudah dilengkapi immobilizer dan alarm system. Untuk faktor keselamatan, Brio baru dibekali struktur rangka solid G-CON dan ACE dan telah lulus uji Crash Test dengan baik. Nah untuk pertama kalinya, Brio dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution) hingga ke tipe termurahnya sekalipun.

4. Performa

Urusan performa memang tak ada ubahan berarti. Mobil Honda Brio baru masih menggunakan mesin lama 4-silinder i-VTEC 1,2 liter yang menghasilkan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. Meski begitu Honda mengklaim melakukan sejumlah ubahan agar dapat menyesuaikan bobot barunya yang lebih gemuk 20 kg dibanding sebelumnya.

Honda juga merevisi transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) Brio agar lebih efisien. Sistem throttle dan kontrol hidrolis perpindahan giginya pun mendapat sentuhan perbaikan. Hasil pengujian mencatatkan mobil Honda Brio RS CVT mampu mencapai konsumsi BBM terbaik sekitar 20 kpl di tol atau luar kota.

Ini Perbedaan Honda Brio Terbaru Dibanding Versi Lamanya 03

5. Pengendaraan dan pengendalian

Terakhir dan tak kalah penting soal pengendaraan dan pengendalian. Jarak sumbu roda yang lebih panjang jelas memberikan stabilitas berkendara yang lebih baik dibanding sebelumnya. Meski begitu tak lantas mengurangi kelincahannya saat bermanuver lantaran dimensinya yang masih terbilang ringkas.

Pasalnya, Honda menggeser titik pusat gravitasi lebih sentral untuk keseimbangan bobot bagian depan dan belakang. Lalu Honda pun melakukan pengaturan ulang pada suspensi depan dan belakang.

Keheningan kabin mobil Honda Brio terbaru pun sedikit lebih baik berkat adanya tambahan sejumlah insulator di bagian atap, bagasi dan dashboard serta penebalan peredaman di beberapa bagian struktur rangka.

Kesimpulannya, Honda Brio baru mendapatkan revolusi menyeluruh. Seluruh ubahan tersebut berdampak pada daya pikat konsumen. Desain sporty yang membanggakan, fitur yang modern serta rasa berkendara mobil Honda Brio terbaru yang menyenangkan. Semua itu bisa ditebus tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Berikut adalah daftar harga Honda Brio yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda sekalian.

Daftar Harga Honda Brio
Honda Brio S MT Rp 146.000.000
Honda Brio E MT Rp 154.700.000
Honda Brio E CVT Rp 170.100.000
Honda Brio RS MT Rp 184.300.000
Honda Brio RS CVT Rp 199.600.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil