Ini Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2021 dan Mitsubishi Xpander Biasa, Cuma MPV Rombak SUV?

Yongki Sanjaya · 5 Des 2020 13:00

Mitsubishi Xpander Cross 2021 sebenarnya cuma Xpander yang ditinggikan.

Tahun 2019 lalu Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia merilis Xpander Cross sebagai model baru di segmen Low SUV. Memang, mobil ini mengambil basis dari Mitsubishi Xpander. Jadi, kalian harus tahu perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2021 dan Xpander biasa supaya tidak terkecoh.

Mitsubishi pun saat peluncuran dengan lugas menyebut kalau Xpander Cross ini adalah sebagai crossover MPV. Jadi jelas, kalau posisinya adalah hasil modifikasi MPV yang ditinggiin. Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI saat itu mengatakan bila Xpander Cross merupakan keluarga tertinggi Xpander yang menggabungkan kenyamanan MPV dengan ketangguhan SUV.

Karena bukan SUV murni seperti Toyota Rush, jadinya Xpander Cross hanya meng-upgrade beberapa bagian supaya bisa mengakomodir kemampuan SUV ringan. Perbedaan Xpander dan Xpander Cross bisa kita temui mulai dari bagian eksterior hingga interiornya. Selain itu, ada pula beberapa perbedaan untuk fitur di mobil itu. 

Mitsubishi Xpander Cross 2021 berusaha mengadopsi beberapa hal yang biasanya dimiliki oleh mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Sekilas, model baru ini memiliki penampilan yang lebih gagah dari Xpander biasa. Wajahnya lebih maskulin supaya mengesankan mobil ini tangguh.

Mitsubishi Xpander 2021

Secara fisik, kita bisa membedakannya dengan melihat front grille dan bumper. Pada Xpander Cross 2021 desainnya lebih berkarakter kuat (tough), dengan bentuk list chrome yang lebih mengotak pada bagian lampu utama.

Itu saja? Oh tentu tidak dong. Biar nggak makin penasaran, ayo kita ulas seperti apa bedanya Xpander Cross dengan Xpander biasa. 

Desain Mitsubishi Xpander Cross 2021 Tinggi Gagah Khas SUV 

Mitsubishi selama ini memang terkenal akan produk SUV tangguh, mulai dari era Pajero sampai Pajero Sport. Jadi urusan mendesain Xpander Cross ini jelas tidak terlalu sulit supaya bisa terkesan tangguh. 

perbedaan jelas bisa ditemui pada desain bumper kedua mobil ini. Tipe Cross memiliki bumper yang terlihat lebih kotak dibanding tipe biasa mobil ini. Kemudian, jika pada tipe MPV grille menggunakan bahan berwarna krom lain halnya dengan tipe Cross yang tampil serba hitam.

Tampilan rumah foglamp ini lebih mirip seperti pick-up New Triton dengan desain lebih kotak, berbeda dengan Xpander biasa. Kemudian Xpander Cross memakai 17-inch alloy wheel atau lebih besar dari Xpander, yang menggunakan velg 16 inci. 

Kesan maskulin makim kuat dengan wheel arch molding dan side body garnish yang memberikan kesan sporty. Ukuran mobil juga jelas beda karena Mitsubishi Xpander Cross punya dimensi yang lebih besar. Mobil ini lebih panjang 22 mm (4.500 mm), lebih lebar 50 mm (1.800 mm), dan lebih tinggi 50 mm (1.750 mm).

Ground clearance atau jarak body mobil dengan permukaan jalan juga berbeda. Terdapat perbedaan 20 mm yang membuat tipe Cross menjadi lebih jangkung.

Xpander Cross juga telah dibekali LED, membuat pancaran cahaya lampunya menjadi lebih terang. Sementara Xpander biasa masih menggunakan lampu halogen. Keren kan penampilan luarnya? 

Interior Mirip Xpander, Jadi Membosankan 

Tidak ada perubahan besar di Xpander Cross untuk sisi interior. Kecuali, Xpander Cross punya nuansa warna gelap pada kabin yang datang dari trim pada jok, dashboard, dan pintu sementara di Xpander warna putih/krem cerah. 

MMKSI menyediakan opsi bagi kalian yang menginginkan interior dengan material kulit. Kalian bisa memilih tipe tertinggi, yaitu Xpander Cross Leather Seat Premium Package. Untuk fitur, Xpander Cross sudah dilengkapi dengan Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang sudan mendukung koneksi smartphone.

Fitur Xpander Cross 2021 Lebih Lengkap? 

Jika bicara fitur maka Xpander Cross juga lebih unggul daripada versi MPV. Wajar, karena posisinya di pasar juga lebih mahal. Salah satu fitur istimewa yang bisa kalian temui, yaitu dual airbags, active stability dan traction control, cruise control, serta hill start assist.

Mitsubishi juga meracik ulang suspensi yang lebih kuat. Secara umum, Xpander Cross menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang seperti Xpander biasa. Namun damper, pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih.

Untuk fitur keselamatan tersisip teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Tapi sayangnya pengereman mirip seperti Xpander biasa, karena rem belakang masih teromol. 

Kesimpulan

Mitsubishi Xpander Cross hadir sebagai pilihan baru MPV yang punya ketangguhan ala SUV. Namun, memang belum bisa disebut SUV sungguhan karena itu Mitsubishi menyebutnya sebagai crossover. Penampilan macho khas SUV dengan kenyamanan ala MPV jadi ciri khas mobil ini.

Perbedaan dengan Xpander biasa juga tidak signifikan, sehingga pemilik Xpander mungkin bisa mengakali mobilnya untuk mengubah jadi versi Xpander Cross. Jadi, sudah tahu kan bedanya tidak banyak?
 

Komentar

Mobil Terbaru