Ini Senjata Honda City hathchback 2021 Bisa Lebih Sukses dari Jazz

Enda · 2 Feb 2021 08:00

Honda City Hatchback 2021

Digadang-gadang sebagai suksesor Honda Jazz, Honda City Hatchback 2021 diperkirakan akan segera unjuk diri di Indonesia pada tahun ini. Diketahui line up terbaru Honda ini sebelumnya secara resmi berhasil diperkenalkan Thailand.

Kabar mengenai Honda City Hatchback 2021 akan menggantikan Honda Jazz di segmen city car tanpa buntut terdengar semakin santer. Honda Thailand dan Malaysia tidak lagi menjual Jazz setelah City Hatchback hadir.

Informasi ini tentunya didapat melalui Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) samsat DKI Jakarta. Di sana terpampang nama Honda City Hatchback 2021 yang masuk registrasi golongan minibus. Di situ juga tidak lagi terlihat nama Honda Jazz yang sebelumnya juga menempati jenis minibus.

Di dalam daftar NJKB samsat DKI Jakarta 2021, Honda memasukan dua varian Honda City Hatchback 1.5L RS CVT dan Honda City Hatchback 1.5L RS MT.

Honda City varian hatchback 2021 diramalkan akan lebih diminati di negara berkembang seperti Indonesia, dibandingkan Honda Jazz atau Honda Fit yang dijual di Jepang. Mengapa bisa demikian?

1. Punya Tampilan yang Lebih Agresif

Tampilan belakang Honda City Hatchback 2021

Berbagai informasi menyebutkan Honda City Hatchback 2021 berkodekan GN-series City ini bakal menjadi suksesor Honda Jazz yang ada di negara berkembang, khususnya kawasan Asia.

Sebelum kehadiran Honda City Hatchback 2021, sebenarnya Honda Jazz terbaru telah lebih dulu hadir. Namun, model terbaru Jazz ini difokuskan untuk pasar Eropa, Cina dan Jepang.

Honda Jazz 2021

Hadir dengan konsep 'emotional value', secara tampilan Honda Jazz 2021 memiliki bentuk yang sangat berbeda dari Honda Jazz yang masih dijual di Indonesia.

Pada umumnya Honda Jazz yang ada di Tanah Air hadir dengan bentuk atraktif dan sporty berkat desainnya yang menyudut dan ramping. Tidak seperti Honda Jazz 2021 yang dijual di Eropa, Cina dan Jepang terlihat lebih kalem dengan bentuk yang membulat.

Tampilan depan Honda Hatchback 2021

Berbeda juga dengan Honda City Hatchback 2021, city car terbaru Honda ini memiliki tampilan luar yang terlihat agresif dan futuristik. Mengusung tema “Energetic, the H Atchback” Honda City Hatchback tampil agresif dengan grille bernuansa hitam mengkilap yang dipadukan dengan aksen baru bumper depan dan belakang.

Pada lampu utamanya, Honda City Hatchback 2021 mendapatkan headlight with LED daytime driving light. Namun, pada bagian lingkar roda Honda City Hatchback memakai velg yang didesain dengan nuansa lebih sporty berkat penggunaan velg berukuran 16 inci.

Melihat tampilan luar antara keduanya, Honda City Hatchback 2021 rasanya akan lebih diminati para pegiat otomotif di Indonesia. Hal ini lantaran masyarakat di sini lebih menyukai mobil berpenampilan sporty daripada futuristik.

Tampilan dalam Honda Jazz 2021

Bila kita melihat tampilan dalamnya, Honda Jazz 2021 telihat sangat sederhana dan seperti mobil masa depan, tanpa adanya aksen sport seperti Honda City Hatchback 2021.

Tampilan dalam Honda City Hatchback 2021

Sedangkan bagian dalam kabin Honda City Hatchback 2021 dengan konsep ‘Ambitious Beauty’ terkesan sporty dan modern sporty dengan jok suede berhias garis merah. Tak heran bila nantinya Honda City Hatchback akan lebih diminati.

2. Honda City Hatchback Mendapatkan Mesin Bertenaga Besar

Mesin Honda City Hatchback 2021

Honda City Hatchback 2021 di Thailand ditawarkan dengan mesin 1.0L+turbo. Menurut spesifikasi data yang didapat, mesin ini mampu merilis tenaga sebesar 124 PS @5.500 Rpm yang dapat menghasilkan torsi 173 Nm @2.000-4.500 Rpm standar emisi Euro 5 (100g/km).

Untuk pasar Indonesia dan Malaysia, Honda City Hatchback kabarnya akan ditawarkan mesin1.5L Naturally-aspirated. Jantung mekanik yang digunakan Honda City Hatchback ini mempunyai kubikasi 1.498 cc 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC i-VTEC yang mana dapat memeras tenaga sebesar 121 PS @6.600 Rpm dengan torsi 145 Nm @4.300 Rpm.

Varian transmisi CVT juga menjadikan salah satu faktor Honda City Hatchback 2021 akan lebih diminati. Mengapa demikian? Karena transmisi CVTnya ini memiliki tingat 7-percepatan yang bisa diatur secara manual.

Selain itu juga Honda City Hatchback 2021 akan menampilkan powertrain i-MMD yang sama dengan City RS. 

3. Tingkat Keselamatan Honda City Hatchback 2021 Meraih 5 bintang

Menggunakan platform yang sama dengan Honda City Sedan, Honda City Hatchback 2021 berhasil meraih 5 bintang dalam tingkat uji keselamatan ASEAN NCAP.

Dalam penilaian, Honda City Hatchback 2021 menurut perhitungan AOP meraih skor 32,28, COP 44,72 dan Safety Assist 13,60. Berdasarkan perhitungan dari segala aspek, dapat disimpulkan Honda City Hatchback 2021 mendapat skor keseluruhan 86,54 poin.

Dengan total skor yang diraih, Honda City Hatchback 2021 berhak untuk mendapatkan 5 bintang dalam pengujian yang dilakukan pada ASEAN NCAP.

4. Honda City Hatchback Diwarisi Fitur Ultra Seats

Sama seperti Honda Jazz, Honda City Hatchback 2021 bakal mendapatkan Ultra Seats. Dengan adanya Ultra Seats ini, pengguna bisa dengan leluasa mengatur kursi sesuai dengan kebutuhan.

Penumpang belakang tidak perlu repot ketika membawa barang. Pasalnya, jok model Ultra Seats yang diaplikasikan pada Honda City Hathcback 2021 ini bisa dilipat ke atas pada barisan keduanya, sehingga dapat dimuati barang dengan jumlah cukup banyak.

Pada Honda Jazz, mode Ultra Seat yang sajikan terdapat empat mode. Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode. Kemungkinan besar juga Honda City Hatchback 2021 akan mendapatkan mode keempatnya.

Kesimpulan

Honda City Hatchback 2021 berhasil mendapat tampilan yang lebih sporty dari Honda Jazz 2021 yang dijual di Eropa, Cina maupun Jepang. Line up hatchback terbaru Honda yang kabarnya juga akan meneruskan segmen Honda Jazz di Tanah Air, rumornya bakal hadir pada tahun ini.

Sedikit informasi, tampilan harga NJKB Honda City Hatchback 2021 GN-series City, yang terdaftar di samsat DKI Jakarta merupakan harga dasar pada kendaraan. Dimana varian City HB 1.5L RS CVT tertulis Rp223 juta serta City HB 1.5L RS M/T Rp215 juta.

Dengan harga dasar yang terulis pada NJKB Samsat DKI Jakarta, Honda City Hatchback 2021 dapat menembus Rp300 juta setelah dikenai pajak dan biaya administrasi lainnya.

Namun, harga yang ditawarkan rasanya akan sepadan dengan apa yang didapat dari sebuah Honda City Hatchback 2021.

Komentar

Mobil Terbaru