Ini yang Anda Dapatkan Jika Membeli All New Nissan Livina 2020

Yusuf · 3 Nov 2020 10:30

Sebagai kelanjutan dari Grand Livina, PT Nissan Motor Indonesia selaku Nissan Brand Holder Agent (APM) di Indonesia menghadirkan model Multi Purpose Vehicle (MPV) yang terlihat lebih modern dan futuristik. Apalagi pada generasi terbaru ini model yang diusung juga telah berubah total dari generasi sebelumnya. Tentunya hal ini karena pada All New Nissan Livina 2020 mengambil basis Mitsubishi Xpander yang keduanya disambungkan melalui aliansi.

Kendati keduanya mengusung model dan platform yang sama, namun bagi mereka yang kepincut dengan All New Livina 2020, akan mendapatkan sesuatu yang tidak didapatkan dari pemilik Mitsubishi Xpander. Meskipun hal tersebut bukan sesuatu yang dominan, tetapi perbedaannya dapat memberikan sebuah kebanggaan atau justru sebaliknya.

All New Nissan Livina 2020, model ini dibanderol dengan harga Rp 208,3 jutaan sebagai varian terendahnya. Sementara kasta tertingginya, All New Livina 2020 dibanderol dengan harga Rp 272,1 jutaan. Dengan rentang harga tersebut, tentu ada banyak model yang bisa jadi pilihan. Namun, untuk urusan selera, tidak ada salahnya Anda mengenal lebih dalam tentang All New Nissan Livina 2020 ini.

Sebagai pilihan yang diberikan kepada konsumen, Nissan tidak memberikan banyak varian kepada calon konsumen. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kebingungan konsumen mengenai varian mana yang cocok untuk dirinya. Secara keseluruhan, All New Nissan Livina 2020 disodorkan dalam empat varian, dimulai dari varian terendahnya adalah E, EL, VE, dan varian tertingginya adalah VL. Berbeda dari Mitsubishi Xpander 2020, di mana mereka merilisnya dengan delapan varian seperti GLX, GLS, Exceed, Sport, Ultimate, Cross, Cross Rockford Fosgate Black Edition, dan Xpander Black Edition.

Melihat dari segi tampilan, jelas All New Livina 2020 menawarkan sesuatu yang berbeda. Tampilan futuristik nan modern, akan menyapa pemiliknya serta meningkatkan rasa percaya dirinya. Aksen chrome yang terpancar dari bagian depan menyeruak melalui beberapa komponen, seperti grill V-Shape yang besar, front lips bumper, dan lampu depan yang dibekali LED, menyiratkan nuansa modern yang tak terbantahkan. Untuk sisi penerangan, All New Livina 2020 dibekali dengan tiga penerangan di bagian depan yang terdiri dari lampu bagian atas yang meruncing, lampu bahgian tengah yang besar, serta ditambah dengan fog lamp, tentunya memberikan sisi penerangan yang sangat mumpuni dalam berkendara.

Selain itu, pemilik All New Livina 2020 ketika masuk ke dalam kabin akan disapa dengan beberapa fitur yang tidak disematkan pada saudara kembarnya, Mitsubishi Xpander 2020. Salah satu yang akan didapatkan oleh konsumen Nissan antara lain adalah lapisan kulit yang membungkus beberapa komponen seperti jok, lingkar kemudi dan tuas persneling. Lain halnya dengan Mitsubishi Xpander 2020,di mana mereka masih menggunakan komponen berlapis plastik yang mereka klaim memiliki grade tinggi dalam pemilihannya. Dengan fitur tersebut, jelas bahwa All New Livina 2020 kini lebih memberikan nuansa premium untuk konsumennya.

Selanjutnya, pada sisi entertainment. Pemilik All New Livina 2020 akan mendapat layanan yang lebih baik ketimbang rivalnya. Hal tersebut dimulai dari layar entertainment yang lebih luas yakni 7 inch, sedangkan Xpander hanya 6,8 inch. Bukan hanya dari keluasan layar, pada fitur yang dibenamkan All New Livina 2020 juga lebih unggul lantaran pemiliknya bisa memanfaatkan fitur unggulan berupa Android Auto dan Apple CarPlay. Mengenai pengoperasian fitur lainnya tetap sama salah satunya adalah USB dan Bluetooth. Akses audio juga bisa dilakukan dari tombol yang disematkan pada lingkar kemudi sehingga pengemudi tidak perlu repot-repot untuk mengoperasikan fitur entertainment.

Kalau dari sisi jantung pacu, mesin yang diadopsikan pada All New Livina 2020 ataupun Mitsubishi Xpander 2020, mengusung spesifikasi yang sama. Mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.499 cc sama-sama dipasangkan pada kedua mobil tersebut. Bahkan, untuk urusan tenaga yang diproduksi juga masih sama, yakni 104 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncaknya 141 Nm pada putaran 4.000 rpm. Sementara untuk sistem transmisinya, baik All New Livina 2020 dan Mitsubishi Xpander 2020, sama-sama menggunakan sistem percepatan otomatis empat percepatan. Sedangkan sistem penggeraknya, All New Livina dibekali dengan teknologi front wheel drive.

Meski pada beberapa bagian All New Livina 2020 terlihat unggul dari saudaranya, namun pemilik mobil tersebut tidak bisa menikmati fitur cruise control. Di mana fitur ini pada varian tertinggi All New Livina 2020 belum disematkan oleh prinsipalnya. Fitur cruise control merupakan teknologi baru yang diterapkan pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk tetap melaju dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas.

Pada saudara kembarnya, fitur ini sudah dibenamkan, sehingga untuk kemajuan teknologi serta kepraktisan berkendara, Mitsubishi Xpander 2020 lebih bisa diandalkan. Tapi, bisa saja Nissan membenamkan fitur tersebut pada generasi yang berikutnya, namun jangan lupa jika fitur tersebut disematkan, maka harga yang akan dibanderol pun akan bertambah mahal lagi.

Kesimpulan:

Kehadiran All New Livina 2020 pada segmen MPV, bukan sekedar meramaikan segmen tersebut. Namun, kehadiran produk baru Nissan tersebut juga sebagai penambah pilihan konsumen akan mobil yang lebih memperhatikan kenyamanan keluarga. Tapi, dengan bentuk yang sama seperti Mitsubishi Xpander, banyak konsumen yang lebih memilih Xpander ketimbang All New Livina 2020. Ini juga disebabkan peluncuran Xpander lebih dulu ketimbang All New Livina 2020.

Namun, itu semua balik lagi kepada selera dan kebutuhan konsumen. Kenyamanan serta kepraktisan dan apa saja yang didapatkan, tentunya menjadi pertimbangan yang harus diputuskan untuk memboyong mobil ini atau tidak.

Komentar

Mobil Terbaru