window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan

Evan · 30 Sep, 2021 08:33

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 01

Nissan Evalian boleh jadi sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Tetapi versi luar negerinya terus meramaikan pasar, khususnya di Eropa dan Amerika dalam bentuk blindvan. Mobil yang juga dikenal sebagai NV 200 di beberapa negara ini akhirnya mendapatkan penerus.

Nissan Townstar merupakan nama yang akan digunakan, bukan lagi kode NV seperti pendahulunya. Memang hal ini adalah strategi Nissan untuk lebih memikat konsumen dan lebih mendekatkan kepada identitas mobil MPV penumpang seperti halnya Nissan Evalia dahulu.

Keputusan perubahan nama ini juga berlaku bagi model Nissan lainnya seperti NV 300 yang berganti nama jadi Primastar dan NV400 menjadi Interstar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jika tak ada halangan, mobil ini akan meluncur di negara-negara Eropa terlebih dahulu tahun depan, lalu menyusul pasar global setelahnya.

Baca juga: Nissan Kicks 2022 Muncul di China, Pakai Mesin Bensin 1.500 Cc dan Desain Fresh

Nissan Juga Menghadirkan Versi Blindvan 

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 01

Townstar tipe Blindvan, minim kaca samping

Seperti dilansir Carscoops, mobil ini sendiri sejatinya dibangun di atas platform bersama milik aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi berkode CMF-C.

Dengan menggunakan sasis ini, Nissan mengklaim kualitas dan fungsionalitas dari kendaraan akan tetap terjaga. 

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 02

Townstar kapasitas lima penumpang

Nissan juga menghadirkan dua pilihan konfigurasi dari Townstar, yaitu tipe Blindvan dan versi penumpang dengan lima seater alias Combi.

Tentunya akan ada banyak perbedaan di kedua tipe, seperti kaca samping hanya untuk tipe Combi dan pintu belakang model menyamping khusus bagi varian Blindvan.

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 03

Dari belakang siluet Evalia masih terlihat

Sedikit berbicara desain eksterior, tampaknya Townstar terbaru mengambil insipirasi dari Nissan Ariya, terlihat dari gril depan V motion yang mengalir kebawah. Soal bentuk memang masih layaknya MPV boxy yang minim lekukan.

Ada Dua Pilihan Sumber Tenaga

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 04

Pakai mesin bensin baru

Sama seperti pendahulunya yang hadir dengan mesin diesel dan full elektrik (BEV), Townstar juga akan tetap menggunakan mesin pembakaran dalam. Bedanya sekarang menampilkan mesin bensin 1.300cc empat silinder standar EURO-6D yang dikembangkan bersama Daimler.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 132 PS dan torsi puncak 240 Nm. Transmisi sendiri menggunakan manual 6 percepatan atau otomatis CVT.

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 05

Townstar versi EV

Sedangkan untuk versi EV menggunakan motor listrik bertenaga 125 PS dan torsi instan sebesar 245 Nm. Nissan mengklaim bahwa Townstar EV mampu menjangkau hingga jarak 283 kilometer dalam satu kali pengecasan penuh, walaupun sekarang masih dalam tahap pengujian.

Soal waktu pengisian, baterai Nissa Townstar 2022 dapat terisi dari 0  hingga 80 persen mulai dari 42 menit jika pengisian daya menggunakan kabel berdaya 22 kW, hingga diatas 1 jam apabila memakai kabel berdaya 11 kW. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C24, MPV Mewah yang Harganya Terjangkau

Fitur di Kabin Berlimpah, Ada Juga Teknologi ProPilot 

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 06

Interior modern untuk kelasnya

Masuk ke kabin Townstar terbaru versi bensin, Nissan menghadirkan beberapa fitur seperti layar hiburan 8 inci yang sudah support Apple Carplay dan Android Auto, wireless charging, TFT MID, Dual Climate Zone AC, kamera parkir 360 derajat, hands-free parking, Side Wind Assist, dan Trailer Sway Assist.

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 07

Bertabur sistem keselamatan 

Sementara tipe EV lebih lengkap lagi, mendapatkan layar hiburan 10 inci dan juga fitur keselamatan aktif Nissan ProPilot yang termasuk dalam level dua Advance Driving Assistance System (ADAS).

Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan 08

Pakai teknologi Nissan ProPilot

Fitur satu ini terdiri atas Intelligent Lane Intervention (ILS), Intelligent Cruise Control (ICC), Lane Keep Assist (LKAS) dan kawan-kawannya. Termasuk juga pengereman darurat cerdas dengan deteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Lantas apakah mobil ini akan masuk kembali ke Indonesia juga dengan memakai nama Nissan Evalia yang sudah ada dikenal banyak calon konsumen? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Baca juga: Nggak Kalah Lega dan Lincah Dari Honda Jazz GE8, Nissan Livina XR Cuma Rp70 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Serena X

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil