window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis?

Bent Aulia · 22 Jul, 2020 08:00

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 01

Harga Kijang Innova yang dimulai dari Rp326 jutaan serta Isuzu Panther Grand Touring yang dibanderol mulai dari Rp331 jutaan bersaing di segmen mobil keluarga. Harga Isuzu Panther hanya berbeda tipis dengan harga Innova. Baik Toyota Innova maupun Isuzu Panther, ketangguhan tak perlu dipertanyakan. Tapi dari segi kepraktisan dan ruang kabin, Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther memiliki sedikit perbedaan.

Harga Isuzu Panther 2020 berkisar dari Rp 288 juta hingga Rp 344 jutaan. Ini merupakan harga Isuzu Panther baru dan tidak beda jauh dengan harga Panther 2019. Sedangkan harga Toyota Kijang Innova berkisar dari Rp 326 juta hingga Rp 429 jutaan. Ini merupakan harga mobil Innova terbaru di tahun 2020. Jika dilihat sekilas, perbedaan harga mobil Isuzu dengan Innova hanya beda tipis.

Interior Toyota Kijang Innova

Di baris depan, tak banyak perbedaan antara kedua mobil ini. Tapi New Kijang Innova di baris kedua bisa dibilang lebih baik dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang. Toyota juga memperkenalkan Innova dengan kursi captain seat yang lebih nyaman dibandingkan jok bergaya biasa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 01

Penumpang di depan mendapatkan soket 12-volt sebagai pengisi daya smartphone sepanjang perjalanan. Penumpang Toyota Innova reborn yang di belakang tak ketinggalan mendapatkan port USB yang berguna untuk mengisi daya.

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 02

Bagasi Toyota New Innova memang bisa diperbesar dengan melipat kursi baris ketiga. Ruang bagasi memang rata lantai, sayangnya kursi masih menggantung di samping kabin. Tak begitu praktis dibandingkan MPV lainnya.

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 03

Dari segi kepraktisannya, New Kijang Innova terbaru mendapatkan cupholder di baris tengah dan pintu. Toyota juga sudah menawarkan tuas yang membantu pelipatan bangku belakang menjadi lebih mudah hanya dengan satu tarikan saja. Bagasi Toyota New Innova bahkan bisa mencapai 1.128 liter.

Interior Isuzu Panther

Interior Isuzu Panther tak berubah sejak terakhir mendapatkan facelift pada 2004 silam. Ini terlihat Isuzu Panther 2019 maupun 2020, terlihat sama saja. Keunggulannya terletak pada sistem suspensi yang empuk serta nyaman. Bahkan Panther Grand Touring sudah mendapatkan roof monitor untuk sistem hiburan penumpang baris kedua.

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 04

Di dalam, meskipun bangku barus kedua dan ketiga masih menggunakan desain biasa tanpa adanya captain seat, namun kenyamanannya tak kalah dengan pesaingnya. Setiap baris Isuzu Panter sudah dilengkapi dengan headrest untuk alasan keselamatan dan sangat membantu ketika terjadi tabrakan.

Sayangnya dalam urusan ruang penyimpanan, Isuzu Panther Indonesia memang tak sebaik Innova. Belum ada cupholder pada bagian depan maupun belakang. Sehingga banyak pengguna yang memasang cup holder tambahan pada mobil ini.

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 05

Namun kepraktisannya trlihat dari mudahnya merebahkan bangku baris kedua hanya dengan satu sentuhan. Sedankan pada bangku baris ketiga, Isuzu Panther Indonesia sudah mempersiapkan armrest bagi penumpang pada sisi kiri dan kanan.

Interior Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther, Mana yang Lebih Praktis? 06

Selain itu, kapasitas bagasi yang diberikan cukup besar. Ketika membutuhkan ruang yang lebih besar, kursi belakang mobil Isuzu Panther bisa dilipat, tapi belum rata lantai. Begitu pula pelipatannya masih satu kursi, berbeda dengan Toyota Innova dengan kursi belakang 50:50.

Kesimpulan

Mobil Isuzu Panther Indonesia yang tanpa perubahan sejak 2004 masih nyaman bagi penumpang. Tapi dari segi kepraktisan, Toyota Kijang Innova 2020 tetap menawarkan interior yang lebih praktis untuk berkendara bersama keluarga.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil