Intip Iklan Jadul Toyota Kijang Grand Extra di Filipina, Ada Wonder Womannya!

Prasetyo · 29 Mei, 2021 10:00

Intip Iklan Jadul Toyota Kijang Grand Extra di Filipina, Ada Wonder Womannya! 01

Toyota Kijang Grand Extra masuk dalam generasi ketiga dari Toyota Kijang. Anak 90-an pasti paham banget nih bagaimana di masa itu Kijang lagi jaya-jayanya menguasai pasar otomotif Indonesia.

Sepertinya pada era tersebut hampir setiap keluarga punya Toyota Kijang. Apalagi model ini jadi penyempurna fase Toyota Kijang kotak yang cenderung berbodi lebih kaku dan identik dengan tipe pickup.

Dengan teknik produksi "Full Pressed Body", bobot Toyota Kijang generasi ketiga ini pun bisa terpangkas 2-5 kilogram (kg) dibanding generasi sebelumnya. Toyota pun memproduksi Kijang generasi ini dengan versi short wheelbase (F40 Series) dan long wheelbase (F50 series).

Toyota Kijang Grand Extra

Facelift pertama Kijang generasi ketiga

Mesin yang dipakai awalnya 1.5L bensin 5K 4 silinder 71 hp. Namun pada facelift yang kedua, Toyota mulai menawarkan mesin 7K 1.8L berdaya 79 Hp.

Baca juga : Toyota Fortuner Hybrid dan Toyota Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan, Pakai Mesin Diesel GD dan Produksinya di Indonesia!

Varian Tipe Toyota Kijang Generasi Ketiga

Toyota Kijang Grand Extra merupakan tipe tertinggi dari Toyota Kijang generasi ketiga. Di bawahnya ada tipe Super G SSX (KF42) dan Super G LSX (KF52). Lalu ada juga tipe SSX dan LSX, serta tipe SX dan LX sebagai varian paling bawah.

Untuk tipe SX dan LX belum menggunakan power steering, belum ada AC, serta tanpa audio system. Sementara untuk tipe SSX dan LSX sudah ditambah AC single blower, audio with radio reciver, serta velg besi yang ditutup dop.

Kijang Jantan Raider

Jantan Raider juga masuk Kijang generasi ketiga

Untuk tipe SSX dan LSX sudah menggunakan velg alloy dan ditambah power steering serta sabuk keselamatan. Dan untuk tipe Grand Extra (SGX dan LGX) sudah pakai fitur AC double blower, velg Enkei 14 inci, pelapis jok berbahan suede, power window untuk jendela pengemudi dan penumpang depan, central lock, dan audio with 4 speakers.

Selain varian-varian ini, Toyota Kijang juga sempat hadir dengan tawaran dari karoseri. Antara lain karoseri Rover, Jantan, Kencana, dan Perkasa.

Baca juga : Ludes dalam 1 Jam, Toyota Kijang Innova Limited Edition Edisi 50 Tahun Tak Akan Ditawarkan Lagi

Iklan Jadul Toyota Kijang Grand Extra dari Filipina

Toyota Tamaraw FX

Toyota Tamaraw FX di Filipina

Selain untuk pasar domestik, Toyota Kijang generasi ketiga ini juga dipasarkan di beberapa negara. Satu diantaranya Filipina yang menggunakan nama Toyota Tamaraw FX. Model ini diperkenalkan mulai tahun 1993 dan menggunakan mesin 1.8L 7K serta mesin diesel 2.0L 2C. Keduanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Uniknya, ada satu iklan televisi dari Toyota Tamaraw FX ini yang menarik. Sebab dalam iklan itu digambarkan bagaimana Toyota Kijang di angkat oleh tokoh superhero Wonder Woman.

Toyota Tamaraw Wagon

Toyota Tamaraw Wagon dan Pickup

Karena begitu populernya iklan tersebut pada masanya, seluruh materi promosi Tamaraw pun memakai tagline "Wonder Vehicle". Adalah aktris Anjanette Abayari yang didaulat jadi Wonder Woman di iklan tersebut.

Meskipun iklan yang ditampilkan cukup nyeleneh, namun tak dapat disangkal jika Toyota Tamaraw FX juga menjadi model terlaris di Filipina pada tahun-tahun 1990-an. Bahkan Toyota Motor Philippines menjadi besar hingga sekarang juga berkat penjualan model ini bersama dengan kesuksesan Toyota Corolla.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru